Thursday 28 March 2013

Day 1 – Jumat, 1 Maret 2013

Satu hari sebelum keberangkatan, seperti yang dulu, gue riweuh sama urusan yang ga ada hubungan langsung sama pendakian. Minta tolong sana-sini, nego sana-sini, nunggu sana-sini, akhirnya selesai lah urusan-urusan itu, nggak selesai sih, cuma gue tinggal sementara hehe. Nggak sempet packing beneran, asal masukin aja semua bawaan ke carrier. Berangkat ke meeting point dianter Bapak jam 10 malem, ke rumah Beny.
Di rumah Beny ada Fanny sama Borok – tim berangkatnya, sama ada Muba, Putro, dan Rendy. Gue mulai packing, dibantuin Fanny. Matras dimasukin ke carrier, udah lama banget ga packing cara begini, biasanya matras udah aja di luar haha. Beny sama Borok juga masih packing, bingung apa aja yang ga perlu dibawa, soalnya satu lagi anggota tim kami udah di Padang, dan ga tau apa aja yang dia bawa. Beres packing, Putro udah balik, kami berenam cabut sarapan, jam setengah 1 pagi haha.
Balik ke rumah Beny, gue sama Fanny tidur sebentar, jam 2 kurang bangun. Beny sama Borok udah pada mandi, kami ikutan mandi. Gue mandi terakhir, sekenanya, udah jam 2 lewat banyak, kami rencana berangkat ke Damri setengah 3. Tepat jam 2:26 pagi kami berangkat menuju Damri dianter bapaknya Beny.
Sampe di pool Damri loketnya masih tutup, tapi bis pertama udah siap berangkat. Sekira jam 3 kurang kami berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta. Gue nyoba tidur di bis; kurang berhasil karena kedinginan haha.
Kami sampe di Terminal 3 Soetta jam 4 kurang. Borok nyari kopi dulu, Beny entah hilang ke mana dulu. Jam setengah 5 kami cek in di counter Mandala ke Padang. Timbang barang buat dimasukin bagasi, Beny pertama 10.5 kg, gue kedua 12.3 kg, Fanny ketiga 12.5 kg, Borok 12.5 kg. Nggak ketauan ya siapa yang bawa tenda haha. Beres cek in, kami naik ke ruang tunggu terminal 3, duduk di depan gate E, nunggu boarding jam 5:05 menurut boarding pass-nya.
Jam 5:05 kami dipanggil ke pesawat, boarding pass-nya Beny sempet keselip, ketinggalan di tas gue hehe. Keluar gate, naik bis, diantar ke pesawat. Naik lewat tangga belakang, kami duduk di tengah pesawat. Jam 6 kurang pesawat take off, harusnya sih jam 5:35 take off-nya. 80 persen waktu gue di pesawat, gue habiskan dengan tidur haha, ngantuk banget. Pas udah di atas Sumatera, sekitar 15 menit sebelum landing gue baru bangun.
Sampe di Bandara Internasional Minangkabau sekitar jam 7:20. Yeay, akhirnya gue menjejak tanah Sumatera juga :D Nungguin barang-barang bagasi, dan coverbag-nya Fanny hilang. Yak gue ada temennya, coverbag gue juga ketinggalan di rumah karena nggak ketemu pas gue mau berangkat hehe. Fanny langsung bete soalnya itu carrier plus covernya punya Cupu, bukan punya dia. Keluar dari bandara dijemput temennya Beny yang juga anggota tim Kerinci, Mas Itong. Kami naik bis (yang mirip bis tuyulnya Tegal) dengan ongkos Rp18.000 dari bandara ke kosannya Mas Itong, di daerah belakang Polda Sumbar, nama jalannya Jalan Padang Pasir.
Sampe di kosan, kami cek-cek bahan makanan yang belum ada dan rencananya emang mau beli di sini. Bikin list belanjaan, terus Beny sama Mas Itong berangkat ke pasar. Pas mereka lagi belanja, tiba-tiba Beny telepon. Kata Beny, gue sama Fanny bakal dipindah ke kosan temennya Mas Itong yang cewe, soalnya kata ibu kosannya Mas Itong, cewe-cowo ga boleh barengan (kalo gue nggak salah tangkep sih begitu). Kami dijemput sama Mas Angga, temennya Mas Itong juga, ke kontrakannya Mbak Dina. Di sana berasa terdampar banget haha, Mbak Dinanya juga cuma nyambut kami datang terus berangkat ngantor, jadi cuma berdua doang.
Jam setengah 12 akhirnya kami dijemput orang-orang pake mobil travel. Barang-barang dan carrier-carrier udah di dalem mobil, kami dibeliin coverbag baru juga haha. Cabut dari kontrakan Mbak Dina mampir dulu di tempat travelnya, ganti supir sama beli minum buat perjalanan Padang-Kresik Tuo. Jam 12 kurang sedikit kami berangkat menuju Desa Kresik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Mas Itong duduk di depan biar Uda supirnya ada temen ngobrol, gue bertiga di tengah sama Fanny dan Borok, Beny di belakang sama carrier dan barang-barang. Harga travelnya Rp450.000.
makan siang menjelang sore di Danau Kembar
Perjalanannya bikin speechless. Baru seperempat perjalanan udah ketemu tiga kecelakaan. Kata Uda, jalur yang kami lewati ini adalah jalur tengah Sumatera. Kecelakaan pertama, elf nyerempet bis pas banget di sebelah kami, suaranya bergeletrak *bahasa apa ini* keras. Kecelakaan kedua kami liat truk muatan terguling ke kiri jalan, untungnya bukan jurang, ngeri banget. Kecelakaan ketiga sewaktu kami habis break makan di daerah Solok, di deket Danau Kembar, tetiba motor jatuh sendiri gara-gara ngerem di jalan berpasir, kata Borok sih kakinya ketimpa motornya, eww ngilu. Jalannya sendiri perpaduan antara TNBTS sama TNGR, muter, belok, naik letter U, letter W, letter S, dan entah letter apa lagi yang ngerungkel-ngerungkel.
'teman perjalanan'
Selain bikin adrenaline rush, perjalanannya juga kece banget. Di luar dari duduk di antara dua manusia yang berantem mulu (baca: Fanny sama Borok), view-nya keren banget lah. Lewatin Danau Kembar – Danau Atas sama Danau Bawah yang kata Beny dan Borok mirip Sentani, bukit-bukit yang mirip Sembalun-nya Rinjani, tambang-tambang pasir, dan banyak banget view yang bikin mata gue melotot senang macam lihat duit. Paling heboh waktu Kerinci udah keliatan di jalan, semua langsung ‘wih-ckck-waw’. Gue yang duduk di bangku tengah sampe glosor-glosor di kursi, pengen liat Nci. Gagah dan tinggi banget. Sambil jalan, Borok berusaha fotoin Kerinci, eh Uda pengertian banget sama kami, Uda berentiin mobil, ngasih waktu buat foto, langsung lari keluar semua :)
masih agak jauh
Kerinci and us :)
Puas foto, kami lanjut jalan lagi, Kerincinya makin jelas keliatan. Nggak lama, kami lewatin perbatasan Provinsi Sumatera Barat – Jambi. Jalanannya masih letter ngerungkel dan samping kanan-kirinya semak semua.
Sekitar jam setengah 7 malam, kami lewatin Tugu Macan, whoa! Sudah sampai ternyata. Nggak lama setelah lewatin tugu, mobil berhenti. Yak, kami sampai di tempat nginap sebelum besok pagi mulai jalan, homestay Paiman. Turun dari mobil langsung turunin semua barang, dari carrier sampe kantong keresek. Setelah dikumpulin di depan jalan masuk homestay, bawaan kami banyak bangetbanget ternyata hahaha.
Kami tidur di kamar lantai atas, tangganya agak ngeri soalnya anak tangganya jauh-jauh haha. Dari ruang atas, Kerinci keliatan jelaaas banget, dengan background warna lembayung, cantik. Masukin barang, rapiin barang dikit, terus kami mandi pake 'air kulkas’, dingin banget. Guyuran terakhir itu badan beku rasanya. Udah seger lagi, kami packing, bagi-bagi logistik, pisahin barang yang mau ditinggal di homestay, sambil ngomongin rencana pendakian.
Semua beres, kami istirahat, nggak tau sih kamar sebelah masih ngapain, kalo gue sama Fanny sih tidur, sekitar jam setengah 11. Tidur pake jaket dan selimut super tebel, dingin sudah padahal masih di bawah. Rencananya besok pagi kami pengen start jalan jam 5, soalnya kami prediksi jalan kami bakalan lama haha.