Thursday 28 March 2013

Day 3 – Minggu, 3 Maret 2013

Alarm Borok bunyi jam setengah 3 kurang, orangnya mah nggak bangun. Setelah beberapa kali bunyi, gue sama Fanny akhirnya bangkit dari posisi tidur. Begitu nyawa udah ngumpul, Beny sama Mas Itong masak air anget buat bikin minum, gue sama Fanny ganti baju yang kami pake jalan kemaren dengan hanya ditutupin sleeping bag, meni rempong, hese hahaha. Jam 3 kami udah siap dengan kostum summit attack. Kali ini gue nggak bawa soulmate summit attack gue, si tas stroberi unyu, kasian dia udah uzur sekali, jadi nggak gue bawa hehe.
Gue, Fanny, Beny, sama Mas Itong udah siap, berdiri di sekitaran tenda. Borok nggak keluar tenda terus bilang dari dalem tenda kalo dia mau nyusul muncaknya. Daypack yang mau dibawa Borok akhirnya dibawa sama Mas Itong, Borok disisain air minum satu botol sama rokok. Gue mimpin doa sebelum berangkat, semoga lancar, semoga selamat, dan semoga sampai di puncak. Pukul 3:10 menurut jam tangan gue, kami berangkat summit attack.
Udaranya dingin, jelas, tapi belum terlalu berangin. Seperti yang gue liat pas nyampe shelter 2, trek menuju shelter 3 ini gilak sekali, lebih gilak daripada yang gue pikir. Jalannya ceruk semua, tapi ceruknya dalem semua, and we did climbing a lot a lot there. Fanny jalan paling depan, langsung ngilang ke depan, beda ya atlet manjat mah haha.
Awal perjalanan menuju shelter 3 ini gue lemes kelaperan hehe. Biasanya gue sebelum summit attack kan makan dulu, kali ini langsung berangkat, eh jadi lemes haha. Udah mah treknya ga beres, butuh energi ekstra, kelaperan pula haha. Untung ada roti di daypack yang dibawa Mas Itong, gue makan dulu tuh, sambil break juga. Gue nggak kebayang kalo kami mau ngecamp di shelter 3 atau paling nggak di space sekitar 15 menit sebelum shelter 3 kayak yang dibilang rombongan Palembang kemarin. Bawa-bawa carrier di trek yang nggak manusiawi begini, nggak kebayang lah gue.
Abis makan roti, tingkat kelemesan gue menurun, tapi tetep lambat mikir sama jalannya. Beny bilang santai aja jalannya, tapi gue kaga enak, yang lain kan kayak citah semua haha. Selain itu udara tipis banget, asli, susah banget buat napas. Makin bego kan jadinya gue haha.
Sekira jam 4 lewat sedikit, kami sampai di shelter 3, wuah, dahsyat lah itu treknya. Jalannya sih cuma satu jam, tapi sadisnya, tiada ampun lah. Sebelum kami sampai di tanah lapangnya shelter 3, di sebelah kanan ada cahaya-cahaya sama suara-suara orang yang lagi ngecamp. Kayaknya ini orang-orang yang lewat waktu kami udah di tenda sekitar jam setengah 7 kemaren malem. Sakti banget ngecamp di situ, angin sama dinginnya kuat banget gitu.
Kami jalan ke tanah lapangnya, nggak ada tulisan shelter 3-nya, cuma ada tiang putih yang atasnya sudah berkarat. Kami nyari jalan ke air, menurut orang-orang yang kami temui sebelumnya kan di shelter 3 ini ada air. Karena nggak juga nemuin sumber airnya, Mas Itong, Beny, sama Fanny turun ke tempat camp orang-orang tadi buat nanyain air, gue nunggu di tanah lapang.
Sambil nungguin mereka, gue merhatiin langit di kanan gue. Ternyata entah di suatu tempat di sebelah timur sana, kilat menyambar-nyambar dan awannya juga tebal. Untung awan di atas kami cerah, bulan masih keliatan, bintang juga terlihat. Lima menit nunggu, mereka bertiga balik ke tempat  gue nunggu. Beny langsung nyari sumber air itu ke arah atas, Mas Itong ngikutin. Fanny pengen pipis, gue tungguin Fanny, dan sesungguhnya gue mules haha.
Beny sama Mas Itong nggak balik-balik, nggak lama mereka nyuruh kami berdua naik ke atas juga. Jalannya nggak jelas, jadi cuma ngikutin cahaya headlampnya Beny. Mereka nggak nemuin sumber airnya, jadi kami lanjut jalan. Beny nyuruh gue jalan paling depan karena gue paling kemayu jalannya hehe. Kami lanjut jalan dari shelter 3 sekitar jam 4:40. Anginnya menusuk banget, kalo waktu di Rinjani angin dan dingin memang, tapi yang ini angin, dingin, dan menusuk, ditambah oksigen terasa banget tipisnya.
cahaya dari suatu tempat di bawah sana
Gue jalan pelan-pelan banget, treknya mirip trek awal Rinjani tapi lebih curam sedikit, jalur yang gue injek kerikil kecil-kecil banget. Kami istirahat sekitar 2-3 kali, nyari ceruk-ceruk yang bisa lindungin kami dari angin tapi nggak terlalu dalem juga. Kami jalan beriringan, bener-bener barengan, soalnya nggak ada pendaki lain yang naik bareng kami sampe sekitar seperempat perjalanan dari shelter 3.
break
Sekitar jam 5 lewat ada tiga orang pendaki yang nyalip kami, kayaknya mereka rombongan yang tadi ngecamp di shelter 3, gue lupa mereka dari Jogja atau Jambi gitu. Gue jalan dengan terlalu banyak mikir, menimbang, memilih, baru kemudian memutuskan hahaha. Beny udah pindah posisi di depan gue, Fanny deket gue, kadang duluan kadang di belakang, Mas Itong nungguin kami – atau tepatnya gue, jalan.
Jam 6 kurang 5, gue jalan bertiga sama Fanny dan Mas Itong, pas kami nemuin Beny, dia lagi shalat Shubuh, di tempat yang lumayan datar. Beny beres shalat, kami nyusul shalat juga. Waktu duduk tahiyat akhir gue oleng, nggak tau kalo tanahnya ternyata miring, untung masih bisa seimbang, kalo kaga, hemm. Beres shalat gue liat GPS-nya Mas Itong, kami udah di ketinggian 3582 mdpl.
Sekira jam setengah 7, kami nyampe di tempat datar yang lumayan luas. Sunrise udah muncul! :) Beny sama Fanny udah sampe duluan, gue riweuh lepasin celana raincoat gue yang robek panjang banget haha. Dari sini mulai tercium bau belerang.
Kalo yang gue rasain sih ya, trek ini memang bikin cape dan butuh ketepatan milih batu yang bener biar nggak jatuh, karena batuannya lepas semua. Tapi menurut gue nggak bikin stres kayak Rinjani. Nggak bikin stresnya gini, dalam kondisi jalan naik, gue jalan di belakang Fanny sama Beny, gue liat mereka jauh di atas gue, tapi begitu gue jalanin ternyata nggak sejauh yang gue duga. Jalan beberapa menit, udah ketemu mereka. Beda banget sama Rinjani, yang kelihatannya jauh, tapi ternyata jauh banget haha. Semeru juga gitu, kayaknya liat orang tuh jauh gitu, dan ya memang jauh, cukup lama buat nyampe ke orang itu. Yaa, itu sih yang gue rasain ya.
Meskipun demikian, jalan di sini harus ekstra hati-hati. Batunya kadang nggak jelas, kelihatannya kuat buat diinjak, ternyata pas diinjak ambrol. Biasanya batu yang warnanya merah itu cukup kuat, tapi nggak semuanya.
Oke balik lagi ke cerita perjalanan. Beny sama Fanny foto-foto sunrise dulu di tanah lapang itu. Sayang, sunrise-nya nggak terlalu berwarna, mungkin karena hujan di arah timur tadi. Pemandangan di kejauhan mulai nampak. Bukit Barisan, Danau Gunung Tujuh, Danau Kerinci, dan satu danau lagi nggak tau danau apa. Indaaaaah banget :)
sunrise di atas Danau Gunung Tujuh :)
Kami lanjut jalan lagi, ketemu sama beberapa pendaki lain yang nyalip kami. Kami break beberapa kali, makan permen, bertanya-tanya kapan Borok bakal nyusul. Sewaktu udah jalan lagi, Beny nyuruh gue liat ketinggian kami sekarang di GPS yang gelantungan di atas daypack Beny, gue nyamperin Beny. Whoa! Sudah 3754 mdpl, gue spontan teriak, “Rinjani udah lewat!” Beberapa pendaki di depan kami langsung nengok ke gue, yah malu kan gue noraknya keluar hahaha. Di titik ini, gue juga sempet hampir nangis lagi, gara-gara liat hamparan ciptaan Allah di belakang gue, subhanallah banget :)
Beny jalan paling depan, Fanny nyusul, gue agak terbelakang dari Fanny, Mas Itong dengan sabar nungguin gue jalan hehe. Sekitar jam 7:10, kami lihat di atas orang-orang udah pada berdiri-berdiri. Mas Itong langsung bilang kayaknya itu puncak, Beny mempercepat gerakannya, ngecek, Mas Itong nyusul Beny, gue sama Fanny masih terseok-seok. Beny bilang dari atas kalo itu memang puncaknya. Gue sempet nggak percaya, trauma Rinjani, kiarin tinggal dua belokan lagi, iya sih belokan kanan sama kiri, tapi entah berapa kali kanan-kirinya, huft haha. Tapi ternyata memang itu puncaknya, Beny yakinin sekali lagi. Gue ikutan mempercepat langkah, sok-sok lari, terus berhenti ngos-ngosan lagi haha.
And, yes, 3rd March 2013, 07:20 GMT + 7, I reached Indonesia’s highest volcano as my sixth peak, Mount Kerinci 3806 m asl :’D Alhamdulillah.
at the top of Sumatera :D
Seneng banget-banget itu mah, akhirnya si gadis tipis-kurus-kecil ini berhasil meraih ketiga puncak gunung impiannya, dalam waktu satu setengah tahun, Alhamdulillah banget, ternyata masih dikasih kesempatan melihat Indonesia dari atap-atap pulaunya, masih dikasih kesempatan berdiri di atas gunung-gunung api tertinggi di Indonesia, padahal dua tahun yang lalu sama sekali nggak kepikir bisa kayak sekarang ini, dua tahun yang lalu udah hopeless bisa naik gunung lagi, tapi yah, there I was, on that gorgeous highest volcano in Indonesia.
Setelah tersenyum selebar-lebarnya, gue duduk di sebelah Fanny, terus Fanny telepon ibunya, ya ampun masih ada sinyal aja hahaha. Beny sama Mas Itong lagi foto-foto. HP gue ternyata nggak bersinyal, gue nebeng Fanny telepon Mama di rumah, kalimat pertama setelah halo adalah, “Mama, Teteh di puncak Kerinci.”  Bahagia banget gue bilang itu ke Mama. Inget waktu gue pulang dari Semeru Mama tetiba bilang ke gue, “Teh, kalo Kerinci mah Mama nggak ngijinin ah.” Tapi ternyata di sini lah gue, mungkin sekitar setengah tahun setelah Mama ngomong begitu :’) Hah, cukuplah haru-harunya.
Gue ikutan foto-foto juga, Danau Gunung Tujuh kelihatan jelas. Fanny nyusun batu ngebentuk nama temennya. Gue juga nyusun batu, nyusun nama adek gue, karena memang dipaksa sama dia gara-gara gue lupa bikin nama dia di pasir Mahameru haha. Selain kami ada rombongan 5 orang kalo nggak salah, yang adalah orang Jambi. Gue nyamperin Beny sama Mas Itong yang lagi foto-foto di puncak sebelah barat. Gue ikutan foto, pake slayer, foto sama kawah Kerinci, foto sama Danau Gunung Tujuh di kejauhan, dan fotoin tas slempang gue di puncak pertamanya hehe.
his first peak
Kami di puncak lumayan lama, karena nungguin Borok. Jam setengah 9 kami masak air terus bikin minuman anget, Beny bawa trangia mininya. Di puncak kami ketemu sama tiga rombongan lain, ada yang dari Jambi tadi, yang dari Jogja, sama satu rombongan lagi yang nggak tau dari mana soalnya mereka nyampe puncak lumayan lama setelah kami.
kawah Kerinci
Salah satu view yang kelihatan dari puncak selain keindahan Pegunungan Bukit Barisan, danau-danau, dan tentunya kawah Kerinci yang sering mengepulkan asap belerang, ada juga susunan batu yang unik. Jadi, bebatuan itu disusun membentuk nama, sama kayak yang tadi gue sama Fanny bikin, tapi versi jauh lebih besar. Dari puncak, nama-nama yang tersusun dari batu-batuan merah seperti yang kami injak-injak selama perjalanan ke puncak itu jelas kebaca – kecuali sama gue yang harus pake kacamata dulu hehe.
susunan nama dari batu
Kami nunggu Borok nyampe puncak dari awal masih terang dan panas sampe puncaknya tertutup kabut. Sempet ngasih kabar terakhir lewat BBM udah di shelter 3, sempet teriak-teriakan juga. Gue cek HP ternyata dapet sinyal dan gue bisa update twitter hahaha. Puncak udah bener-bener penuh sama kabut waktu Borok nyampe puncak jam 9:55. Kami langsung foto Pasma dan foto tim dengan background kabut. Abis foto, kami kumpul dan berdoa, akhirnya ritual ini lagi, dan Alhamdulillah-nya di puncak gunung api tertinggi Indonesia :)
foto rusuh
Borok cuma 10 menit di puncak, jam 10:05 kami turun dari puncak, kabutnya bikin udara jadi dingin luar biasa, udah nggak mau berlama-lama lagi di puncak. Perjalanan turun dari puncak ini seru, menyeramkan, nggak jelas, dan penuh perdebatan. Seru karena semua orang jatuh, nggak ada yang nggak jatuh. Borok sama Mas Itong apalagi, heboh banget jatuhnya, ngeri sih lebih tepatnya. Nggak jauh dari tanah yang luas itu, kami berhenti dulu, kabut udah hilang, puncak keliatan lagi, foto-foto dulu sambil istirahat.
cerah sesaat
semacam foto pilkades :))
Lanjut jalan lagi, kabut turun lagi, lebih parah dari sebelumnya, nggak hilang-hilang sampe alis dan bulu mata kami berembun, dinginnya nggak usah ditanya. Kami jalan setengah buta menuju shelter 3. Selain bikin udara dingin, kabut juga bikin jarak pandang amat sangat pendek. Fanny jalan paling depan, Beny di belakang Fanny sambil terus mantau jalur kami di GPS, gue di tengah, Borok sama Mas Itong di belakang. Kalo Beny sama Fanny mulai hilang dari pandangan, gue otomatis teriak minta tunggu, soalnya bener-bener pendek banget jarak pandangnya. Di sini juga terjadi perdebatan antara Borok dan kami. Borok nggak ngerasa naik lewat jalur turun ini, sedangkan kami inget kami lewat sini, ini tempat kami istirahat, ini jalur yang pasir serodot kaya Semeru-Rinjani, dan sebagainya.
turun di antara kabut
Kami sampe di shelter 3 sekitar satu jam dari puncak, dengan perasaan deg-degan karena jalurnya nggak keliatan. Langsung turun ke shelter 2, dengan trek yang isinya tebing semua itu. Semua langsung komen, gimana caranya tadi pagi gelap-gelap kami lewat situ haha. Ternyata parah sekali memang trek shelter 2-shelter 3 itu, apalagi buat yang kakinya nggak panjang kayak gue hehe. Kami melipir, climb down, loncat, bahkan gue sempet pake posisi kukang yang lagi gelantungan buat turun saking jauhnya. Tau kan posisi kukang yang lagi gelantungan gimana? Kalo kaga tau googling deh, terus bayangin gue kayak begitu haha.
melipir
Selain nggak manusiawi, trek ini juga agak mistis hehe, nggak taulah, kerasanya begitu. Ada satu daerah yang kayak gua dari ranting pohon kecil-kecil, kalo kata Fanny-Beny-Mas Itong sih jalan lubang tikus. Kami sampe di shelter 2 jam 13:15, sekitar dua jam dari shelter 3, sedangkan tadi pagi shelter2-shelter 3 kami butuh waktu satu jam. Rasanya baru kali ini naik lebih cepet daripada turunnya haha.
lubang tikus
entah yang mana jalannya
Awalnya kami sempet terpikir buat turun langsung ke bawah hari itu juga. Namun dengan berbagai pertimbangan, kami memutuskan untuk turun besok pagi, rencananya sih jam 6 udah siap jalan. Gue lagi-lagi terkena sindrom post summit attack kayak waktu di Rinjani dan Semeru, pengen nabung hahaha. Sisa hari itu kami habiskan dengan cerita-cerita perjalanan tadi, masak, dan makan, sekalian juga masak nasi untuk besok, antisipasi kalo males gerak pagi-pagi haha. Matahari tenggelam sore hari itu digantikan dengan hujan deras macam di Bogor, walaupun warna emasnya masih kelihatan dari teras tenda kami.
Malam itu tenda diisi empat orang dan gue protes nggak mau tidur sebelah Borok soalnya Borok nggak bisa diem haha. Fanny di pojok, kepalanya sebelahan sama kaki gue, kepala gue sebelahan sama kakinya Mas Itong, Borok paling pinggir, Beny di luar. Jam 10 malam kami tidur.