Thursday 28 March 2013

Day 4 – Senin, 4 Maret 2013

Seperti rencana start pendakian berangkat jam 5 subuh yang gagal kemarin, rencana turun jam 6 juga gagal. Hujan yang turun dari kemarin magrib belum berhenti. Gue sama Fanny udah terbangun dari jam 5 kurang, tapi karena denger di luar hujan, kami lanjut tidur ayam. Jam setengah 7 kami berdua udah nggak bisa tidur lagi. Di luar udah terang, masih hujan, dan tenda basah. Kami grasak-grusuk di tenda dan rapiin alat tidur setelah bener-bener bangkit dari posisi tidur. Sisanya baru pada bagun jam 7, itupun masih pada mager, ngumpulin nyawanya lama banget.
Setengah jam kemudian kami mulai masak, nasi yang udah dimasak Beny tadi malam dibikin nasi goreng. Beres makan kami packing. Di luar masih hujan, kadang besar, kadang reda, tapi nggak berenti. Packing kali itu sungguh riweuh sekali. Tenda banjir karena memang bukan tenda buat cuaca hujan deras begitu, ditambah lagi tendanya juga sudah cukup berumur. Lantai tenda tergenang di beberapa spot, bagian bawah carrier yang gue pake juga basah.
Jam setengah 10 tinggal tenda yang belum di-pack. Gue sama Fanny keluar soalnya Fanny mau nabung haha. Kami nyari tempat ke arah sumber air shelter 2 yang katanya airnya udah nggak ada. Auranya agak mistis di situ, sampe kemarin pun gue nggak jadi nabung di situ. Gerimis masih berlangsung, kabut turun lagi, dingin.
Sewaktu kami balik ke tempat camp, tenda udah nggak ada, carrier-carrier udah berdiri di luar; Beny, Borok, dan Mas Itong udah berdiri siap berangkat. Hujannya udah tinggal serintik-dua rintik. Setelah berdoa, jam 10:40 kami cabut dari shelter 2. Sisa-sisa ceruk dilanjut ke trek yang mirip Gunung Putri versi basah dan berlumpur.
Gue agak sebel sama lumpur di bagian itu karena wujudnya nggak kayak lumpur pada umumnya. Lumpur yang sewajarnya kan menggumpluk macam tanah liat gitu kan ya, lumpur di trek yang udah deket shelter 1 sampe bawah pos 1 pun begitu bentuknya. Kalau lumpur yang ini, sebelum diinjak, penampakannya mirip batu, terlihat padat. Begitu gue menapakkan sepatu di atas ‘batu’ itu, blup, sepatu gue melesak masuk ke dalam lumpur, huft, memang nggak terlalu dalam sih. Dan sayangnya gue berkali-kali ketipu haha. Gue juga beberapa kali jatuh, celana cokelat terang yang gue pake berlumpur di sana-sini, udah kayak Capal haha.
Sekitar 5 menit sebelum shelter 1, rombongan kami yang tadinya agak kepisah tetiba numpuk, gara-gara sesuatu. Fanny jalan paling depan diikutin Benny, gue ditengah diikutin Borok, Mas Itong paling belakang. Fanny teriak heboh gegara Beny nunjukin sesuatu. Gue ikutan heboh, nanya ada apa. Beny balik nanya,
‘Lu tau kan lintah segede apa?’
Gue jawab kalem, ‘Iya, tau.’
‘Tuh lihat lintahnya Kerinci’
Astagfirullah -____- Gue rasa itu lintah paling besar yang pernah gue liat, badannya sebesar anak ular mungkin, warnanya merah, badannya garis-garis putih tipis samar, ujung mulutnya bergerigi kecil lagi megap-megap. Dan itu dia belum hisap darah, ga kebayang kalo udah hisap darah kayak apa wujudnya. Kata Beny awalnya dia ragu itu lintah, tapi pas dilihat ujung mulutnya itu, persis pacet/lintah. Iya, seburam-buramnya pandangan gue, gue masih bisa liat ujung mulut si makhluk ajaib itu.
ini lintahnya
Oke, cukup lintahnya. Kami sampai di shelter 1 sekira jam 12:10. Sekitar 10 menit kami istirahat di situ, datanglah 4 pendaki yang lagi naik, dua cowok sama dua cewek, nggak lama 1 cowok lagi nyusul. Begitu lihat kami lagi ngaso di shelter 1, mereka senyum terus nyapa kami, langsung memperkenalkan diri sendiri kalo mereka dari Malaysia. Kami salam-salaman, mereka bilang rombongan mereka ada 20 orang ditambah porter 10 orang. Kami berlima langsung waw, orang segitu banyak mau ditaro di mana di atas nanti, lahan shelter 2 kan nggak terlalu luas.
Beberapa orang rombongan mereka nyusul dateng, termasuk porter yang bawaannya sebesar-besar kulkas. Katanya sih salah satu dari para porter itu ada yang bawa 40 bungkus nasi ditambah sekian liter beras. Nggak kebayang lah beratnya kayak apa itu. Beberapa anggota rombongan Malaysia ada yang nyoba gendong carriernya Bapak Porter itu, jangankan digendong, bisa terangkat aja nggak, ckck.
Setelah ngobrol-ngobrol dan ngasih beberapa kabar situasi di atas, kami pamit lanjut perjalanan turun. Berangkat dari shelter 1 jam 12:40. Di jalan ketemu dengan sisa rombongan Malaysia. Jalannya udah manusiawi lagi, Alhamdulillah gue udah bisa jalan dengan lebih baik haha.
Kami mendarat di pos 3 sekitar 45 menit kemudian. Beny sama Borok nyampe duluan, mereka lagi ngobrol sama beberapa pendaki yang juga lagi jalan naik. Mereka orang Palembang, lagi-lagi kami ketemu orang Palembang, persis seperti waktu naik kemarin, ketemunya di Pos 3 haha. Kami ngobrol-ngobrol sambil ngasih kabar situasi di atas, ada siapa aja yang lagi camp.
Salah satu dari mereka ada yang nggak bawa logistik apapun, jalan pun pake jaket tipis, kaos, celana jeans panjang, dan pake sandal gunung doang. Katanya dia itu niat awalnya cuma mau anterin teman-temannya sampe Pintu Rimba, tapi di jalan tetiba jadi ikut akibat bujukan kawan-kawannya. Kebetulan sebelumnya dia udah pernah ke Kerinci, jadi dirayulah biar ikut dia ini.
Kami lanjut turun. Si abang yang nggak niat naik itu bilang kalo di deket pos 2 ada air terjun, dari pos 2 juga terlihat. Nah, masalahnya walaupun terlihat tapi tetep nggak tau seberapa jauh si air terjunnya itu haha. Perjalanan turun pos 3-pos 2 menghabiskan waktu sekitar 25 menit.
Di pos 2 kami sempet mampir di aliran sungai. Letak aliran sungainya di bawah pos 2, jalan nggak sampe 3 menit kami udah di pinggir sungainya. Dari situ terlihat air terjunnya, lumayan jauh sih. Kami bersih-bersih dulu sedikit di situ.
bersih-bersih
Kurang lebih jam 14:40 kami lanjut perjalanan. Jalan gue udah lumayan galat, entah berapa kali keseleo saking buru-burunya melangkah. Sampe pos 1 sekitar 15 menit kemudian, sempet ketemu lintah lagi selama jalan. Di pos 1 duduk minum sekitar 3 menit, lanjut jalan menuju poin terakhir, Pintu Rimba.
Jam 15:10 kami sampai di ujung hutan start pendakian. Kami semua langung berseru, ‘akhirnya…’ dan ‘alhamdulillah…’ haha. Di situ Beny, Borok, sama Mas Itong ngubungin Mbak Tika di homestay buat jemput kami. Gue sama Fanny lanjut jalan ke Pintu Rimba terus sampe tempat mobil bak kemarin antar kami. Kaki udah sengklek banget, kami jalan dengan gaya pinguin. Gue makin mirip Capal pulang pelantikan; celana dekil penuh lumpur dan jalan kikuk kayak pinguin hahaha.
Kami nunggu jemputan sekitar 10 menit. Gue udah nggak kuat pake sepatu akhirnya lepas sepatu terus ganti sandal, adem banget kakinya setelah ganti sandal. Di perjalanan, kami foto-foto dengan background Kerinci. Kami juga mampir di R-10, Balai Taman Nasional Kerinci Seblat.
R-10

thank you, Nci!
Tapi kantornya tutup, jadi cuma foto di depannya aja. Lanjut jalan, dadah-dadah sama Nci, gue berbisik dalam hati, ‘thank you dahling’ kayak waktu di Semeru haha.
celana gue!
Kami tiba di homestay sekitar jam 4 sore. Habis ngaso-ngaso sebentar di luar, kami naikin carrier ke atas lagi. Rencananya hari ini mau nginap satu malam lagi di sini, baru besok pagi lanjut perjalanan di kota. Setelah nyimpan barang di lantai atas, kami turun ke bawah lagi buat makan sore menjelang malam. Selesai makan, kami ngobrol-ngobrol. Gue nggak ngeh tetiba mereka udah ngomongin Kerinci dari sudut yang berbeda. Beny sama Borok paling banyak cerita, Mas Itong nambahin, Fanny sama gue cuma dengerin aja. Gue kaget juga sih, bahkan Beny bawa-bawa cerita waktu kami ke Rinjani sama Menu, Eko, Trizar satu setengah tahun yang lalu, tapi yaudahlah, udah selesai ini pendakiannya.
Sampe menjelang Magrib, mereka masih asik ngobrolin hal yang sama. Gue naik ke atas buat siap-siap mandi sebelum malam datang karena takut dinginnya menusuk lagi. Sebenernya tetap dingin mau mandi kapanpun juga, dingin banget malah, airnya lebih dingin daripada air kulkas kayaknya. Tapi begitu badan sudah kering, sudah pakai baju bersih, kerasa banget segernya, dinginnya sudah nggak terlalu terasa.
Gue selesai mandi, mereka berempat masih ngobrol, tapi udah pindah ke kursi atas dan lagi bicarain perjalanan kami selanjutnya. Gue nimbrung setelah selesai rapiin peralatan mandi. Tadinya kami mau nyoba ke Danau Kaco (Danau Cermin) atau Danau Gunung Tujuh, tapi mendengar bahwa harus jalan kaki sedikit, gue sama Fanny diem. Gue nggak tahu sih Fanny mikir apa, tapi kalo gue rasanya udah nggak sanggup jalan-jalan trekking pake sepatu lagi haha.
Akhirnya setelah dibicarakan, kami mau lanjut ke Bukittinggi besok. Nego dulu sama Uda yang kemarin antar kami. Dengan harga Rp575.000, kami deal diantar Uda lagi ke Bukittinggi. Kata Mas Itong sih sama aja, kalo naik travel cuma sampe Padang kan Rp450.000, terus naik kendaraan lagi ke Bukittinggi sekitar Rp25.000/orang. Ditambah lagi kalo kayak kemarin, dihitungnya penuh jadi kami bisa mampir ke tempat-tempat kece dulu selama perjalanan, jadi fix-lah rencana besok pagi.
Setelah deal, barulah yang lain pada mandi, kecuali Beny yang masih beresin barang-barangnya. Gue rapiin barang-barang juga, keluarin matras gue yang kotor dan ada lingkaran bekas trangia mini haha. Sewaktu Fanny lagi mandi, gue bilang sama Beny.
‘Ben, besok kan Fanny ulang tahun. Mau dikasih apa?’
‘Nah iya, gue juga lagi mikirin itu.’ kata Beny
Setelah mikir-mikir, akhirnya gue masak nutrijel yang kami bawa dan emang belum sempet dimasak. Terus nanti atasnya mau dikasih lilin besar haha. Beny gelar lapak memasak di deket kursi lantai atas, Mas Itong ikutan, Borok sama Fanny masih belum selesai mandi. Waktu gue lagi bersihin nisting, Fanny selesai mandi. Gue masak jelly dengan muka lempeng, Fanny duduk sebelah gue, lempeng juga. Selesai masak, gue sama Fanny sempet keluar, beli keperluan wanita terus makan bakso, ngidam semenjak sampai di Pintu Rimba tadi haha.
Sekitar jam 11 malam, Beny sama Mas Itong keluar, katanya mau cari sesuatu. Kami bertiga kumpul di kamar yang ditempati sama gue dan Fanny. Lagi asik ngobrol horor, tetiba mati listrik, selamat! Kami bertiga langsung diam haha. Cocok banget emang lagi ngomongin yang horor-horor terus mati lampu haha.
Listriknya baru nyala sekitar setengah jam kemudian. Gue udah setengah tidur, udah ngantuk dan capek banget, lupa kalo mau ngasih surprise buat Fanny haha. Yang gue inget setelah listrik nyala itu adalah Beny sama Mas Itong masuk kamar gue sama Fanny, Borok juga masih di situ, bawa nutrijel berdonat dengan sebatang lilin di atasnya haha. Gue langsung bangun, nyawa masih melayang-layang, bahkan nggak ngeh kalo udah ganti hari haha.
Setelah senyum-senyum, foto-foto, Fanny tiup lilin, video-video, terus potong-potong jelly. Ceng-cengin Fanny dikit, ngobrol dikit, terus mereka bertiga keluar kamar kami. Istirahat buat lanjut city traveling besok.