Thursday 28 March 2013

Day 2 – Sabtu, 2 Maret 2013

Rencana berangkat jam 5 subuh gagal. Gue kebangun jam 3, tidur lagi, tau-tau udah setengah 5 aja. Kamar sebelah juga masih sepi. Sekitar jam setengah 6 baru semuanya bener-bener bangun. Kamar sebelah ternyata udah pada bangun dari jam 4 gara-gara alarm Borok bunyi tapi orangnya malah tutup kuping pake bantal. Mandi pake air kulkas lagi, makan sarapan yang udah disiapin sama ibu homestay, packing, sekitar jam setengah 7 kami udah siap. Mobil bak yang mau anterin kami juga udah siap dari jam setengah 5, karena kami emang udah pesen sama Mbak Tika yang bantuin segala macemnya buat kami di homestay.
foto sama Nci dulu :))
Jam 7 kurang 10 kami naikin carrier ke mobil bak setelah foto dulu sama Nci dengan cuaca yang cerah sekali. Cabut dari homestay, depan Tugu Macan minta berenti dulu, foto lagi haha. Puas foto lanjut jalan lagi ke pintu rimba. Perjalanan naik mobil baknya dingin sekali, tapi view-nya mengalahkan angin yang menggelitik kulit *halah*. Arah depan, Kerinci dengan gagahnya menyambut kami, arah belakang matahari mulai meninggi, banyak banget berkas-berkas cahayanya, nice.
gue di Tugu Macan coy!
Kami sampai di tempat mentok dianterin pake mobil jam 7:10. Lima menit kemudian kami mulai jalan setelah berdoa mohon keselamatan. Jalan sampe pintu rimba mulai ngos-ngosan sedikit, gak terlalu naik ko. Dan perjalanan luar biasa kami pun dimulai :)
matahari Kerinci
Untuk sampe puncak Kerinci, kita harus lewatin 3 pos dan 3 shelter. Ketiga pos jaraknya lumayan deket, begitu udah masuk shelter-shelter, yaa lumayan, lumayan apapunlah yang nggak enak pokoknya hehe. Dari pintu rimba sampai Pos 1, kami menghabiskan waktu sekitar 40 menit. Pos 1 sampe Pos 2 sekitar 40 menit juga. Pos 2 sampe Pos 3 juga sekitar 45 menit.
Pos 2
Selama perjalanan pintu rimba sampe pos 3, gue masih bisa posting di grup whatsapp keluarga. Jadi tiap break, gue ngirim report terus, ‘udah lewat Pos 1’ ‘ntar malem mau camp di shelter 2’ blablabla. Oh iya treknya sendiri hutan rapat, basah, lembab, mirip trek Cimelatinya Salak, Gunung Putrinya Gede sama Senarunya Rinjani. Banyak banget pohon yang batangnya besar, salah satunya malah ada batang pohon yang bentuknya cekung, jadi kaya meluk orang yang berdiri di depan pohon itu.
Waktu kami lagi break setelah Pos 2, kami ditemani oleh nyanyian pagi monyet-monyet di sana, ramai sekali. Kami semua senyum-senyum sambil dengerin. Borok ngerekam suaranya terus di share ke Shandra lewat BBM, Shandra nangis terharu katanya hihihi. Suara monyet sama suara burung sahut-sahutan, indah banget suara alam Kerinci :) Ada lagi waktu kami break setelah Pos 3 kami ketemu sama burung murai yang imut-imut, warnanya kuning, kepalanya biru, ah keren lah pokoknya diversity faunanya. Soalnya liat langsung gitu, biasanya kan paling liat di petanya doang, daerah sini faunanya ini, daerah sana faunanya itu, kalo ini liat dan denger langsung hehe.
dengerin suara tenyom sambil update kabar :D
murai :)
Waktu di Pos 3, kami ketemu sama rombongan orang Palembang, bertiga cowok semua. Salah satu dari mereka itu ada yang mirip sama yang ketemu gue-Resti-Imam waktu di Matarmaja ke Semeru bulan Agustus kemaren, orang Palembang juga kan. Tadinya gue mau nanya, tapi setelah dilihat-lihat lagi ternyata beda orang hehe. Cabut dari Pos 3 jam 9:40 sampe Shelter 1 jam 11:05, kurang lebih 90 menit. Nyampe Shelter 1 masih laporan sama orang rumah haha.
Pos 3
Kami istirahat siang di situ, bongkar  makanan yang memang ditaro di atas. Kami masak telor acak pake cabe, bawang, sama daun bawang banyak banget, telornya cuma dua. Masak beras yang beli di Padang kemarin, ternyata berasnya boros air banget. Air yang gue masukin sebelum dimasak langsung abis cepet banget, ditambah air lagi terus tapi udah susah mateng, akhirnya makan nasinya sejadinya aja. Waktu kami lagi masak, rombongan bapak-bapak nyampe shelter 1, sekitar 6 orang deh kalo nggak salah, mereka lagi perjalanan turun. Kami ngobrol-ngobrol sedikit tentang cuaca di atas. Sama seperti keterangan rombongan Palembang tadi, ga disarankan banget camp di shelter 3 karena anginnya kencang. Kami pun fix mau ngecamp di shelter 2 nanti malam.
Masak di shelter 1
Jam 1:05 siang kami lanjut perjalanan ke shelter 2. Di sini nih trek nya mulai syedap. Pohonnya masih rapat, tapi tanahnya nggak terlalu lembab, dan jalannya nanjak teruus. Breaknya lebih sering, dan hampir setiap break semuanya megang hp, kecuali Mas Itong soalnya providernya ga ada sinyal haha. Beny anteng banget update kabar ke grup BBM Pasma, rame banget di grup, ngomongin Fanny-Borok, Borok ngedrop, kondisi cuaca sama jalan.
Habis break agak lama, sekitar jam 3, Beny jalan duluan ke depan bawa daypack yang dibawa Borok, sama mindahin botol-botol air yang ada di carrier Borok ke daypack dia. Beny ilang jalan terus ke depan, Mas Itong nge-lead sambil nge-sweep juga, Fanny belakang Mas Itong, gue belakang Fanny, Borok paling belakang. Jalannya naik terus, kaya tanjakan setannya Gede tapi ga beres-beres, ada juga yang kaya Senaru versi lebih kering, vegetasinya juga udah beda sama yang di bawah-bawah tadi, hutannya udah terbuka.
Sekitar jam setengah 4 kami manggil-manggil Beny, lama banget ga ada jawaban. Jam 4 lewat kami teriak ‘pus’, Beny akhirnya jawab, kayaknya dia udah nyampe shelter 2. Jam 4:20 menurut jam tangan gue, Beny nongol tanpa carrier, kata Beny shelter 2 sekitar setengah jam lagi. Dia turun lagi buat ngambil carrier Borok. Gue jalan terus, Mas Itong sama Fanny agak jauh di depan gue. Mendekati shelter 2, jalannya kayak ceruk, kanan-kiri batu.
jalan mendekati shelter 2
Jam 4:50 sore gue sampe di shelter 2. Whoah, akhirnya napas. Begitu nyampe semuanya langsung pada istirahat. Borok sampe terakhir, abis napas sebentar, dia langsung nyari spot buat tenda. Lurus dari arah kami datang, terlihat jalan ke shelter 3, wuih, sadis nampaknya, ceruknya lebih dalam daripada yang tadi gue lewatin.
finally, shelter 2!
Abis napas gue bantuin Fanny sama Borok bangun tenda. Tadinya udah dapet spot, di sebelah kiri jalur dan nggak jauh dari tanah lapang shelter 2. Pas kami lagi masang frame tenda, muncullah seorang pendaki lain, orang Sulawesi, sebelumnya kami memang udah tau ada rombongan Sulawesi yang naik satu hari sebelum kami. Dia bilang sama kami kalo semalem di tempat kami mau bangun tenda itu badai, anginnya kenceng, terus dia nyuruh kami pindah ke bawah, di sebelah tenda mereka.
Kami bangun tenda di sebelah tenda rombongan Sulawesi itu. Di situ ada kaya tiang-tiang besi gitu, bekas bangunan pos mungkin ya. Tempatnya memang lebih tertutup dari yang sebelumnya sih. Sambil bagun tenda, si rombongan Sulawesi itu cerita, mereka baru berangkat muncak jam 9 pagi. Dan pas kami nyampe shelter 2 tadi itu, sekitar jam 5 sore, sisa rombongan mereka baru nyampe shelter 2 lagi abis muncak. Katanya sih kemaren pagi cuacanya tuh kurang bagus, tapi berhubung lagi ada acara ekspedisi gitu, jadi tetep muncak, lagian jauh banget kan itu mereka dari Sulawesi. Sambil mereka cerita, tenda beres, matras buat tidur udah masuk, carrier-carrier udah di dalem tenda, matras buat dapur udah rapi.
Gue, Fanny, sama Beny naik lagi ke tanah lapangnya shelter 2, sunsetnya bagus sekali :D Kami foto-foto dulu sebentar di situ. Balik ke tenda, bongkar bahan makanan, malam itu kami masak sayur sop, tempe goreng, sama sarden. Beres makan sama bersihin tempat makan, kami siap-siap tidur. Gue, Fanny, sama Borok tidur di dalem tenda, Beny sama Mas Itong tidur di luar. Sebelum tidur, kami sempet berunding, mau ngejar sunrise atau nggak. Gue sih nggak ketemu sunrise juga nggak masalah, yang penting muncak. Fanny pengen ketemu sunrise, akhirnya kami sepakat besok pagi mau berangkat jam 3 buat summit attack. Borok pasang alarm jam setengah 3. Kami pun tidur.