Wednesday 12 September 2012

Day 2 – Selasa, 28 Agustus 2012

Malam di kereta kami lewatkan dengan tidur yang ngga jelas sambil ditemani sahut-sahutan tukang dagang yang sampe lewat jam 12 malem masih hilir mudik. Ada yang dagang kopi, ada yang dagang popmi, ah segala macam lah pokoknya. Imam tidur di lantai kereta beralaskan matras, Resti sama gue tidur di bangku, berubah-ubah posisi. Dan gue sempet kesel banget ada orang yang nebeng duduk di kursi gue lamaa banget, padahal gue pengen tidur sambil baringan. Pas udah mau pagi dia baru cabut dari kursi gue, langsung deh gue rebahan di bangku.
Jam 6 lewat kami bangun dan melek sebisa kami, meskipun beberapa kali tidur lagi-tidur lagi. Kami udah masuk wilayah Jawa Timur, wah, gue perdana loh ini ada di Jawa paling kanan hehehe. Kami sempet ngelewatin daerah yang kanan-kirinya itu tebing tanah yang sepertinya siap longsor kapan saja. Selain itu, beberapa kali juga kereta jalan di atas rel yang merupakan jembatan dan kanan kirinya tuh langsung sungai yang jauh di bawah sana, tinggi banget.
Kereta kami tiba di Stasiun Malang Kota Baru sekitar jam 8:30, telat sekitar 45 menit dari jadwal yang di tiket. Kami semua turun dari kereta. Rombongan Palembang, rombongan Kampala, dan rombongan kami ketemu di peron lalu kenalan sedikit. Gue sama Resti ngga kenalan sama rombongan Kampala, cuma rombongan Palembang yang muter salaman sama rombongan Kampala, Resti, dan gue.
Kami keluar dari peron, masuk ke stasiun lagi buat beli tiket pulang. Kami menemukan bahwasanya tiket Matarmaja tujuan Jakarta udah abis sampe tanggal 13 September, okesip, yasalam. Akhirnya kami bertiga dan rombongan Kampala beli tiket ekonomi AC Gaya Baru Malam yang berangkat tanggal 2 September dari Stasiun Surabaya Gubeng dengan harga tiket 145.000 rupiah, tiket paling mahal yang kami beli sepanjang perjalanan. Dan fix gue ngga kuliah di hari pertama di semester terakhir gue kuliah.
Keluar dari stasiun kami carter angkot untuk ke Pasar Tumpang. Biasanya untuk mencapai pasar Tumpang kita harus naik angkot ke Terminal Arjosari baru lanjut ke Pasar Tumpang. Berhubung rombongan kami pas muat satu angkot – yaitu 12 orang, jadi kami langsung carter angkot ke Pasar Tumpang dan kebetulan ada yang nawarin juga. Harga ongkosnya sama aja kayak ngeteng, seharga Rp9.000, tapi setidaknya ngga perlu riweuh pindahin barang dari kendaraan ke kendaraan.
Sampe di Pasar Tumpang sekitar jam 10 dengan tragedi salah satu carrier yang ditaruh di atas angkot jatuh di pinggir jalan, juga nemuin sekelompok pohon gundul yang lucu namun ternyata adalah area pemakaman. Sejujurnya gue ngga percaya gitu sekarang gue ada di Pasar Tumpang dan sebentar lagi gue akhirnya bakal ketemu sama sang mimpi :3
Gue sama Resti beli buah pear sekilo di mobil bak di depan pasar, betenya dikasih yang busuk sebiji sama yang dagang. Terus gue sok-sokan pake Bahasa Jawa, kan ceritanya hasil dua bulan di Tegal haha. Habis beli pear, kami berdua beli makan buat makan siang. Kami beli nasi campur! Ahihi rindu sama makanan Lombok ceritanya, coba sekalian ada ayam Taliwang sama plecing kangkung gitu ya haha.
mau naik jeep!
Imam dan para lelaki – yang namanya belum gue tau satupun, nyari jeep yang bisa kami sewa untuk ke Ranu Pane. Kami dapat jeep barengan sama lima – atau enam gitu – orang lain. Pokoknya total kami 15 orang, masih 400.000 rupiah biaya naik jeep-nya. Gue sama Resti duduk di depan, sisanya berdiri di bagian belakang jeep.
Sekitar jam setengah 12 kami berangkat menuju Ranu Pane. Jalan menuju Kabupaten Lumajang diaspal mulus banget, ngelewatin beberapa desa, kebun tebu, gerbang desa. Setelah ngelewatin perempatan sebelum daerah luarnya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) jalannya masih aspal atau coran, lebar, bagus, dan rapi. Terus gue liat ibu-ibu naik motor dibonceng tapi dia duduk di atas setumpuk kayu, jadi posisi duduk dia setinggi kepala bapak yang ngemudiin motornya, ngeri banget haha. Lama-lama jalannya makin sempit, aspalnya ngga jelas, naik. Udah gitu jalannya juga berkelok luar biasa sampe ada yang letter U, kalo papasan sama kendaraan yang turun, apalagi truk, asli horror banget. Pernah sekali pas lagi belokan ke kiri dan naik dan jalannya udah pasir, begitu belok, ada truk mau turun, bapak yang ngemudiin jeepnya langsung banting stir ke kanan sambil nge-gas naik pelan-pelan dan sukses menghindari truk yang diem ngasih kami jalan buat lewat.
gerbang TNBTS :D
Nggak lama setelah ketemu truk itu, kami melewati pertigaan menuju Bromo dan memang terlihat padang savanna nya Bromo dari jeep, mirip Sembalun. Masuk wilayah Desa Ranu Pane, sebagian rombongan kami turun, karena mereka memang cuma sampe situ aja. Hal terpikir sama gue adalah, desa ini jauh banget, kalau mau ke kota, perjalanannya panjang dan transportasinya sulit. Gue langsung membatin “Ngga mau deh gue KKP di sini.” Tepat setelah gue bilang gitu di dalam hati, gue liat suatu bukti bahwa ada mahasiswa yang pernah KKN di sini, gue lupa sih bentuknya berupa apa, pokoknya ada tulisannya KKN-KKN, gue langsung terdiam haha. Dan selang beberapa bulan dari pendakian gue baru tau kalo temen gue sendiri ternyata PKL di situ hahaha.
SDN Ranu Pane
Kami sampe di kantor TNBTS Ranu Pane sekitar jam setengah 2 siang. Imam dan salah satu rombongan Kampala yang mukanya mirip sama satu orang lagi dalam rombongan itu (yang ternyata adalah saudara kembar) langsung ngurus registrasi. Beres registrasi kami ganti baju dan shalat di mushala. Rombongan Kampala siap duluan, gue sama Resti baru beres shalat dan langsung merapikan packing, dan carrier 45 liter punya Vani yang gue pinjem ternyata membludak dan ngga muat, sebagian barang gue taruh di dalem cover bag gue.
Kami start jalan jam 14:40. Pertama-tama kami jalan di aspal sampe ke gerbang jalur pendakian Semeru. Di gerbangnya itu tertulis ‘Selamat Datang Para Pendaki Gunung Semeru.’ Gue senang sekali, finally! Dari gerbang jalannya berpasir halus kecokelatan, mangkir ke kiri dilanjut ke trek agak naik sedikit. Di ujung trek ini kami nemuin jalan cabang, salah satu rombongan Kampala diem di situ, nanya ke gue.
“Nu, mau lewat sini atau lewat sini?” sambil nunjuk kedua cabang. “Yang ini jalannya naik tapi lebih pendek, yang ini jalur aslinya lebih landai.”
Gue serta merta berpikir pengen yang landai haha. Terus gue balik nanya, “Imam lewat mana?” karena Imam emang udah jalan duluan.
Dia bilang Imam lewat jalur asli yang landai, begitu Resti nyusul gue, gue nanya tapi terus langsung ngajak Resti lewat yang landai hahaha. Jalannya kayak di-paving block gitu, tapi sebagian sudah tertutup tanaman atau agak hancur. Target kami hari ini itu sampe Ranu Kumbolo, baru esok hari lanjut ke Kalimati. Perjalanan ke Ranu Kumbolo kami tempuh sekitar empat jam, lamanya karena nungguin gue sama Resti sih, jalan kami lumayan kemayu haha. Treknya sendiri sebenernya ngga terlalu berat, dominannya landai, dan banyak berpasir di beberapa tempat. Agak naik itu mulai dari pos 3 yang bangunannya sudah roboh, itupun nggak terlalu panjang naiknya, nggak kayak bukit-bukit di Rinjani yang amit-amit sadisnya.
POS 1
Dari Ranu Pane sampe Ranu Kumbolo kami lewatin empat pos. Pos 1 masih di area jalanan ber-paving blok, pos 2 ngga jauh dari pos 1, pos 3 yang bangunannya roboh, dan pos 4 sebelum Ranu Kumbolo.
Resti sama carrier Imam di POS 2
Oh iya, sewaktu kami sampe di Pos 2, kami papasan sama Bapak-bapak yang lagi jalan turun. Dari Bapak itu, kami dapet info kalau puncak Mahameru bisa didaki, aman katanya. Menurut Bapak itu lagi, kalau Semeru dibuka sampe Kalimati artinya puncak aman untuk didaki. Kalau dibuka cuma sampe Ranu Kumbolo baru berbahaya. Katanya Bapak itu udah sering naik Semeru, orang lokal kayaknya sih.
Kami sampai di Ranu Kumbolo sekitar jam 7 malam setelah dibimbing rombongan Kampala buat ngecamp di tempat yang cukup dekat untuk lanjut perjalanan esok harinya. Kami langsung bongkar tenda dan bongkar alat masak. Kalau waktu di Rinjani gue cuma seorang adik bungsu yang semua-muanya udah ditanganin mas-mas sama mbak gue, ya paling cuma buka tenda, ngambil air, sama cuci piring aja. Kali ini sumber dayanya cuma sedikit dan yang tau takaran masak nasi cuma gue jadi udah dipastikan gue selalu masak kalau emang mau makan nasi. Sayangnya usaha gue memasak nasi cukup gagal akibat kecerobohan gue sendiri, jadi malam itu kami ngga makan nasi, cuma makan supkrim sampe mabok haha.
Sampai saat itu, Ranu Kumbolo terasa amat dingin buat gue. Begitu sampe memang belum terlalu terasa karena badan gue masih panas abis jalan. Pas udah duduk di atas teras tenda yang hanya beralaskan ponco waktu mau masak, asli dingiiiinnn. Gue entah berapa juta kali bilang, “Ih sumpah dingin.”
Beres makan, rapiin alat masak sekedarnya karena dingin syekali, tutupin tenda pakai flysheet, lalu kami masuk ke dalam tenda, menghangatkan diri, lama-lama tidur. Pertama kalinya gue tidur di gunung, jaket lapis dua, kaus kaki lapis dua, sarung tangan hampir lapis dua, hidung ditutupi masker, dan masuk ke dalam sleeping bag dan tetep kedinginan. Sekian.