Wednesday 12 September 2012

Day 3 – Rabu, 29 Agustus 2012

Pagi pertama di Semeru, satu kata, dingin! Gue bangun jam setengah 6, langsung ambil kamera, siap-siap menanti sunrise pertama di Semeru. Di luar tenda, for sure, lebih dingin lagi. Kami foto-foto sama sunrise sampe beku. Selesai foto-foto gue mulai masak nasi biar kami bisa cepet berangkat.
sunrise pertama di Semeru
Selesai makan kami packing buat lanjut perjalanan. Hari sudah panas sekali, padahal baru sekitar jam 8 pagi. Menyambung yang tadi malem, gue nyeletuk, “Ih sumpah panas.” Hahaha tipikal manusia jaman sekarang.
akhirnya di Ranu Kumbolo juga loh saya
Rombongan sebelah masih pada ketawa-ketiwi di depan danau. Kami mau jalan duluan, soalnya pasti kesusul. Kami berangkat jam 9:10 di jam gue, sedangkan mereka baru mulai packing.
rombongan sebelah lagi packing
Trek pertama yang kami hadapi adalah Tanjakan Cinta. Dari tenda kami tadi subuh, tanjakan ini memang terlihat landai. Sebenernya memang ngga terlalu curam kalau dibandingkan sama bukit-bukit menyebalkan di Rinjani, tapi tetep aja gue cape naiknya haha. Begitu start jalan di tanjakan ini, gue nyoba menjalankan mitos yang pasti udah pada tahu lah ya. Satu orang di pikiran gue,  berusaha nggak nengok ke belakang, dan berusaha nggak berenti.
Tanjakan Cinta

Sepuluh menit jalan masih bisa nahan-nahan nggak berenti. Imam yang jalan duluan udah godain gue sama Resti terus, “Ranu Kumbolonya bagus loh dari sini.” Dan segala macem lainnya dia ucapkan, tapi gue masih pengen mengukur kemampuan gue sejauh mana gue kuat nggak berenti, kalo nengok ke belakang mah ngga ada pengaruhnya. Yah seperti yang dapat diduga, gue akhirnya berenti, padahal sebenernya mah masih kuat sih itu kayaknya, soalnya gue sengaja jalan mode truk gandeng sama Beny kaya waktu di Bukit Penderitaan. Begitu berenti, gue langsung liat ke belakang, hiyaaa lucu syekali si Bolo-bolo nya hahaha :D
hampir selesai Tanjakan Cinta
Sampe hampir atas Tanjakan Cinta sekitar 20 menit setelah start jalan. Gue duduk di kiri jalan, di situ ada sedikit lahan buat istirahat, Imam udah di situ. Pas gue duduk Imam bilang ujung tanjakannya masih di atas lagi sambil nunjuk ke arah atas. Oh. Yaudahlah ya biarin aja, udah ngga pengen juga hahaha. Duduk sebentar, foto-foto. Lanjut jalan lagi. Begitu sampe di ujung Tanjakan Cinta yang sesungguhnya, aaaa Ayang gue keliatan! Mahameru nyembul di balik bukit, uuuu uuuu uuuu :3
Next track, Oro-oro Ombo. Trek ini memberikan pilihan dua jalan buat para pendaki. Pertama, membelah lingkaran bukit sepanjang Oro-oro Ombo atau kedua, melipir di sisi bukit di atas Oro-oro Ombo. Imam nanya kami mau lewat mana, kelihatannya lebih cepet opsi pertama. Kalau kata Imam sih, ibarat lingkaran, lewat bawah itu kayak motong di garis tengahnya. Jadi kami memutuskan lewat bawah meskipun turunnya lumayan nyebelin. Dan ternyata plihan kami tepat. Oro-oro Ombo ini lucu sekali, padang lavender kering yang lumayan luas and such a nice place to take a lot of pictures. Imam seperti biasa minta difotoin mulu, modusnya dia nawarin fotoin gue sama Resti, ujung-ujungnya dia minta fotoin -___-
dry lavender
Selesai Oro-oro Ombo, kami masuk ke Cemoro Kandang. Di situ istirahat dulu sebentar. Gue sama Resti debat soal omongan Beny, tentang bukit menyebalkan yang katanya panjang banget. Kami lupa lokasinya setelah Cemoro Kandang atau setelah Arcopodo. Kami kira abis Arcopodo, karena kami sama-sama lupa, jadi iya-iya aja.
touch down Cemoro Kandang
Kami lanjut jalan, Imam jalan paling depan, Resti di tengah, gue paling belakang. Gue jalan lambat syekali, Imam-Resti jaraknya ngga terlalu jauh, Resti-gue agak lumayan hahaha. Ngga jauh kami jalan setelah istirahat di Cemoro Kandang tadi, rombongan Kampala nyusul kami, pas banget kami lagi duduk istirahat. Trek ini lumayan panjang, walaupun naiknya nggak terlalu sadis, tapi tetep aja cape, karena jalannya ngga abis-abis.
Selain sama rombongan Kampala, kami juga jalan bareng beberapa rombongan lain, rata-rata seumuran gue, mahasiswa gitu lah. Selain itu juga ada rombongan kecil tiga orang yang salah satunya itu porter, dua lainnya pendaki lokal, yang satu tante-tante, satunya lagi mas-mas. Kami salip-salipan sama mereka beberapa kali, kami duduk mereka lewat, mereka duduk kami lewat. Setelah beberapa kali istirahat bareng sama porternya, Imam diajakin si Bapak porter buat daki sampe Arcopodo hari ini juga. Imam nyampein ide ini ke gue sama Resti, gue sih hayu-hayu aja, biar lebih deket buat summit attacknya, Resti juga iya-iya aja.
Trek bukit ini lama-lama memisahkan gue-Resti sama Imam. Imam jalan agak duluan, kami berdua dikawal beberapa orang dari rombongan Kampala. Lama-lama kami jalan cuma bertiga; gue, Resti sama satu orang dari mereka. Sebelum trek bukit ini selesai, si anak Kampala ini – gue dulu belum tau namanya hehe, nanya sama gue dan Resti, mau jalan sampe mana. Gue bilang tadi sih diajakin Bapak porter itu buat daki sampe Arcopodo, tapi ngga tau kuat apa ngga haha. Kalau mereka sih sepertinya cuma sampe Kalimati, biar lebih deket ke air mungkin ya.
Udah deket sama Pos Jambangan, Mahameru keliatan lagi, sedikit lebih jelas daripada di atas Tanjakan Cinta tadi, gue nyeletuk, “Aiiih lucunya.” Eh si anak Kampala itu nyaut, “Makasih.” Hahaha. Sampe di Pos Jambangan, Imam udah di situ nungguin kami sambil ngobrol sama si Bapak porter. Begitu liat Imam, si anak Kampala yang tadi ngawal kami berdua bilang, “Udah ada Imam kan? Gue duluan ya.” Gue ngangguk. Begitu gue duduk taruh carrier di  situ, di space yang lumayan luas, gue lihat ke depan, dan uuuuu Mahamerunya jelaaas banget, subhanallah ganteng hahahaha.
Kami di situ istirahat lumayan lama, Imam mau nabung, Resti lagi duduk-duduk, dan gue memandangi kesayangan gue yang udah gue nanti begitu lama. Selesai Imam nabung, kami foto-foto sama Si Tampan, sempet bikin video juga. Tagline-nya begini:
Resti: “Kita di mana, Nuu?”
Gue: “Semeruuu!”
Resti: “Berapa orang, Nuu?”
Gue: “Tigaaa!”
And we did it so many times from the night before hahaha.
Puas foto-foto kami lanjut jalan, nyusul rombongan Kampala. Dari Jambangan sampe Kalimati treknya lebih banyak turunan sama landai. Mahameru juga jelas banget kelihatan, sesekali ketutup kalo kami lagi lewatin daerah pepohonan, terus kelihatan kalo udah di dareah terbuka lagi. I couldn’t stop smiling and couldn’t stop staring at the view, unyu syekaliiih :)
Tepat pukul 13:00 di jam tangan gue, kami sampai lah di Kalimati. Kami memutuskan ngga jadi ngecamp di Arcopodo karena kami bertiga sudah malas sekali jalan bawa-bawa carrier. Jadi kami pikir kalau sekarang ngecamp di Kalimati, ke Arcopodonya ngga usah bawa gembolan besar, biar ntar malem aja. Begitu sampe, nyari tenda rombongan Kampala, ngecamp bareng mereka lagi. Begitu sampe, kami langsung buka tenda, rapiin tenda, terus gue sama Imam siap-siap turun ke Sumbermani buat ngambil air.
Berbekal botol-botol kosong bekas kami minum, tas stroberi unyu gue, dan tas tissue-nya Resti, gue sama Imam jalan ke Sumbermani. Pas mau berangkat manggil anak-anak Kampala, sambil kami jalan, mereka nyusul. Jalan ke Sumbermani cukup menyebalkan, gue ngga liat jam sih tapi katanya sekira 20 menit. Hal yang paling menyebalkan dari jalan ke Sumbermani itu pasirnya! Selama jalan turun gue ngomoong mulu ‘ini-pulangnya-gimana-pasti-kotor-lagi’. Niat gue ke air kan ceritanya mau ngambil air sama wudhu, lah ntar nyampe Kalimati lagi paling kaki udah penuh pasir lagi.
Turun dari area Kalimati, jalannya pasir halus turunan curam dan bikin nyoledat. Lanjut ke jalanan datar, butir pasirnya lebih hitam. Lanjut lagi, jalanan sempit di antara batu-batu tebing lumayan lama, dan kemudian sampailah di Sumbermani. Ada dua aliran air, kecil banget airnya. Aliran yang pertama dikasih jalur pake dua tingkat seng. Satu lagi kata Imam sih pake seng juga, cuma gue ngga sempet liat. Begitu nyentuh airnya gue langsung pasang muka datar, dingiiin, gimana ceritanya katanya mau wudhu haha.
Sumbermani *Imam curang lupa fotoin gue!*
Imam sempet lanjutin nabung, tapi gagal kayaknya haha. Jadi abis ngambil air dan wudhu, gue sama Imam balik lagi ke camp, anak-anak Kampala masih nunggu temennya yang lagi nabung. Bener aja kan jalan pulang bikin kaki kotor berpasir lagi. Pas kami udah mau nyampe Kalimati lagi, terjadi sesuatu yang bikin gue syok dan masih kebayang sampe sekarang. Di jalan pasir halus itu, kami papasan sama dua orang cowo yang mau turun. Imam jalan di depan gue, dia udah nyampe atas, udah lewatin tanjakannya. Nah gue kan papasan banget sama dua orang itu, otomatis gue minggir ngasih jalan. Orang pertama lewat tuh, di belakangnya ada temennya. Pas gue liat mukanya, ehhhh itu kenapa T__T Mata kiri orang itu kayak abis ketusuk gitu, kelopak matanya ketutup dan berdarah, di pipinya juga ada kayak bercak darah yg udah kering gitu. Sumpah horror. Gue kan minggirnya ke kiri ya, jadi mata dia keliatan banget pas di hadapan gue. Gue syok banget.
Pas mereka udah lewat, gue langsung naik ke tempat Imam duduk sambil memasang muka horror dan mendesis, “Ituhh matanyah kenapaa Maaam?” Imam cuma nyengir aja. Kami jalan ke tempat camp lagi, dan gue yang dengan jelas melihat seperti apa bentuk mata orang itu masih syok. Gue ngomongin aja terus, “Ih itu lukanya kayak masih baru loh, Mam.” “Itu dia cedera gitu masa ga dibawa pulang sama temennya?” “Itu serem banget kayak ketusuk gitu loh.” “Ih sumpah gue kebayang terus, Mam.” Hahahaha. Atuh ya, Imam kan ngeliatnya cuma sekilas, ngga tepat di depan mata. Pas ketemu anak-anak Kampala lagi, gue mendesis lagi, ke salah satu kembar, “Eh lu tadi ketemu dua orang yang turun ke bawah ga?” “Liat.” “Itu matanya kenapa yak? Horor banget.” Dia nyengir kaya Imam.
Nyampe di camp gue berusaha kalem, buru-buru shalat, takut keburu flatus. Abis shalat, kami masak-masak dikit terus makan, eh Imam nyebut-nyebut soal yang tadi lagi, huft banget. Abis makan, kami rapiin isi tenda sama siap-siapin minum, bekel, dan kamera buat summit attack nanti malam, pake kostum buat summit attack juga, biar nanti ngga terlalu riweuh. Oh iya kami juga ngobrol-ngobrol ngebahas trek tadi siang, dan mengambil kesimpulan kalau yang dimaksud Beny bukit yang nggak beres-beres itu adalah dari Cemoro Kandang sampe Kalimati hehehe.
Rencananya kami mau start jalan jam 12 malam. Resti sempet ragu kuat apa ngga. Gue juga sempet ragu, malah sempet bilang ke Imam, “Yang penting salah satu dari kita nyampe puncak. Lu doang juga ngga apa-apa, Mam.” Tapi terus gue inget semangat gue waktu ke Rinjani dan ternyata gue bisa, inget betapa gue ingin menginjak Mahameru, inget berapa lama gue menantikan cita-cita gue ini terealisasi, gue pun yakin gue mau muncak. Gue Jam 5 sore gue tidur setelah pasang alaram jam 10 malam.
•••
Jam 10 malam alaram gue bunyi, gue sama Imam langsung bangun. Kami nyalain kompor, gue masak nasi terus masuk ke tenda lagi, shalat jama’ Maghrib-Isya dengan tayamum, beres masak keluar lagi. Dingin, serius, dingin. Gue jongkok di depan kompor sambil nungguin nasi. Pas gue berdiri, gue ngerasa kesepuluh jari kaki gue beku, yasalaam, padahal masih pake kaus kaki.
Nasi mateng, supnya mateng, kami makan di dalam tenda. Rapiin barang yang belum ke-pack. Gue bawa soulmate summit attack gue, si stroberi unyu, yang berisi sebatang cokelat, dua batang KitKat (you know why I brought KitKat kan hehe), susu kental manis cokelat dua saset, dan dua botol air minum berisi air kota. Resti bawa tas pinggang-slempangnya Imam, Imam bawa carrier Resti yang dikosongin.
Jam 11:45 kami udah siap keluar tenda, ngegembok tenda, pakai sepatu. Sepuluh menit kemudian kami nyamper rombongan Kampala yang juga udah siap. Kami bikin lingkaran, kemudian dipimpin sama yang kemaren ngawal gue sama Resti di Jambangan, kami semua berdoa, mohon keselamatan, kesuksesan, dan kekuatan. Sebelum tengah malam, kami memulai perjalanan ke Mahameru, puncak impian gue.