Wednesday 12 September 2012

Day 4 – Kamis, 30 Agustus 2012 Part 2

And finally, 30 August 2012, 06:00 GMT + 7, I reached the peak of my dream and also my fifth peak, Mahameru 3676 m asl :’DD alhamdulillah.
Gue langsung nyamperin Imam dan tiga orang rombongan Kampala yang udah sampe duluan. Gue langsung cengar-cengir lebar sama mereka, tapi begitu ngelihat plang puncak Mahameru, gue berkaca-kaca lagi, Imam ngucapin selamet ke gue. Ih itu gue pengen banget meluk orang, tapi nggak ada yang bisa gue peluk, soalnya entah kenapa gue sedikit lebih terharu nyampe Mahameru daripada nyampe puncak Rinjani.
gue lagi ritual :)
itu dinding kawah kelihatan sedikit
Gue nanya kawahnya di mana, Imam nunjuk ke satu titik. Gue nyamperin titik itu terus melakukan ritual nyampe puncak sendirian lagi. Sedih lagi kan sendirian lagi, padahal gue udah ngebayangin gue berdoa berdua di puncak sama Resti. Gue berdiri di pinggir puncak, dari situ kawahnya kelihatan sedikit. Gue nyanyi lagu ‘Syukur’ lagi dan berdoa serta bersyukur atas keselamatan gue sampe di puncak Mahameru. Nggak nyangka, setelah penantian enam tahun dan sering banget hopeless bisa ke sini, ditambah rombongan yang menyusut drastis, tapi ternyata akhirnya puncak gunung api tertinggi ketiga di Indonesia sudah gue jejak :’) Abis berdoa gue shalat Subuh *kok semacam terbalik ya hahaha*.
Gue balik lagi ke rombongan lelaki. Eh malah yang nyampe puncak cowok semua, ceweknya cuma gue sama si mbak-mbak yang dipegangin tadi itu, padahal tadi gue ketemu banyak rombongan yang ber-perempuan selama Kalimati-Cemoro Tunggal. Kami makan dan foto-foto sambil nunggu sisa rombongan yang belum sampe. Gue foto sama tulisan puncak, foto si stroberi unyu sama tulisan puncak, foto pake slayer Pasma, foto sama nisannya Soe Hok Gie. Gue nulis ‘251’ di pasir terus gue foto, tapi nggak jelas hahaha
fifth peak :'D
slayer Pasma :D
puncak kedua si stroberi unyu
harusnya ada Resti di antara gue sama Imam :(
Sewaktu lagi heboh foto-foto, tiba-tiba ada suara yang lebih heboh lagi. Suara Kawah Jonggring Saloko! Dia ngeluarin asap sambil bersuara ‘jedum, jedum’. Subhanallah, pertama kalinya gue ngeliat dari dekat dengan langsung kawah gunung berapi kayak begitu, awesome! Kawahnya batuk-batuk beberapa kali. Pernah sekali batuknya panjang banget, sampe asapnya tinggi banget ke langit, keren subhanallah :D
nisan Soe Hok Gie & Idhan Lubis
Gue jalan-jalan keliling tanah di puncak dan menemukan hal yang amazing lagi. Setidaknya ada lima gunung yang kelihatan dari puncak Mahameru. Di antaranya katanya Gunung Argopuro sama Gunung Raung. Di arah utara, bukit unyu yang tadi bikin gue nangis keliatan lagi :D
itu tuh bukit yang itu yang bikin gue nangis hehe
Sisa rombongan Kampala kumpul semua sekitar jam 7. Mereka foto-foto pake bendera merah Kampala sama slayer kuning mereka. Bodohnya gue, nggak kepikiran sama sekali foto bareng gitu kan, sesama sispala Kota Bogor, walaupun cuma gue sendiri gitu kan.
Kampala
Selesai nemenin mereka foto, gue makan KitKat *punya gue sendiri, bukan punya bule Singapura hehe*. Mereka buka bekel yang adalah kentang bakar, gue ikutan makan hehehe. Jam 7:20 menurut jam gue, Imam ngajak gue turun duluan, rombongan Kampala masih mau di sana soalnya temen mereka – yang dipanggil Gembol sama Ciwa, baru nyampe puncak, jadi gue turun duluan sama Imam.
dua gunung di kejauhan, gue kurang tau ini gunung apa
DADAH MEYUU, MAKASIH YA SAYANG :* hahaha
Seperti yang sudah gue prediksikan, satu-satunya cara untuk menempuh perjalanan turun dari puncak Mahameru adalah dengan sosorodotan kayak waktu turun dari Rinjani. Bedanya, yang ini lebih ngeri karena banyak batuan lepas, dari yang segede kepalan tangan gue sampe segede kepala gue. Jadi gue nggak berani cepet-cepet soalnya masih banyak pendaki yang berjuang naik ke puncak.
Sekitar 10 menit gue sosorodotan, gue ketemu sama seorang cowo, kalo gue kira-kira kayaknya umur 17-18 tahun lah. Dia nanya sama gue, “Masih jauh nggak, Mbak?” Dengan kemampuan mengira-ngira jarak tempuh gue yang rada ngga canggih, gue bilang, “Setengah jam lagi deh kira-kira. Udah deket ko, tanggung, lanjutin aja.” “Iya, Mbak. Mau istirahat dulu. Mbak punya minum nggak?” Gue langsung buka tas gue, “Ada nih.” Gue nuangin sisa minum gue ke botol air mineral kosong yang di sodorin ke gue. “Makasih ya Mbak.” “Iya, gue duluan ya. Semangat!” Dia ngangguk lemes. Emang  kasihan sih kalau lihat mukanya udah capek banget kayaknya, mungkin gue juga gitu kali ya pas naik tadi haha.
Nggak lama abis ketemu si cowok tadi, gue ketemu mbak-mbak yang juga lagi istirahat sama temen cowoknya. Dia nanya berapa lama lagi, gue masih dengan ke-soktahuan-an gue, bilang sejam kurang. Dia langsung melotot ke temennya, “Gue ga jadi muncak! Gue mau turun aja!” Sebelum temennya jawab, gue nyamber, “Lanjutin aja, Mbak. Tanggung, udah deket kok!” Pas itu anak-anak Kampala juga udah turun, nyusul gue sama Imam.
Selain itu, gue juga papasan sama cewek yang diiketin webbing ke temen cowoknya padahal kalau gue nggak salah liat, tangan si cowok itu kayak cedera gitu. Sekitar jam 8, gue ketemu Mbak yang tendanya ditumpangin sama Resti di Arcopodo, dia jalan pake tongkat sambil dibimbing temennya dan Bapak Porter kemarin. Gue mikir, dia mau jam berapa nyampe di puncak, jam segini masih di sini.
Gue dikuliahin sama temen-temen gue yang udah duluan ke Semeru, jangan sampe lewat dari jam 8 masih ada di puncak soalnya angin dari arah kawah udah berhembus ke puncak, ngeri kan kalau sampe keracunan. Kalau Rinjani disaranin jangan lewat dari jam 10 karena anginnya kenceng, dan memang gue merasakan sekali betapa hebohnya angin di sana itu.
Pertama jalan turun gue bilang sama Imam, jangan jauh-jauh. Awalnya emang dia nungguin gue, dan masih keliatan di depan gue. Tapi gue kan ga bisa cepet, ngeri sama batu yang gelindingan terus. Bahkan gue sempet satu kali bikin batu segede kepal tangan gue gelindingan jauh banget, untung ditangkep sama Gembol yang jalan di depan gue. Lama-lama Imam jauh di depan gue, anak-anak Kampala juga satu-satu nyalip gue dan entah udah pada di mana. Gue jalan nyantai, sambil ngeliatin Kalimati yang kelihatan dari trek menyebalkan yang panjang sekali itu.
Sewaktu mulai turun dari puncak, gue udah ngomongin masalah blank 75-nya Semeru sama Imam, dan kami sepakat buat jalan tetep di kiri. Eh tapi kenapa di kejauhan gue liat Imam ngambil jalan ke kanan. Awalnya gue tetep di kiri, nggak ngikutin Imam, tapi mereka lama-lama nggak keliatan satupun rombongan gue yang gue liat masih di jalur yang bernar. Gue nyoba ke kanan, sekitar setengah jam gue jalan di kanan. Gue juga ketemu Ciwa setelah cukup lama jalan di kanan.
Pas udah hampir sampai Cemoro Tunggal, seorang mas-mas yang jalan di depan gue tiba-tiba bilang jalannya ke kiri. Gue, mas yang itu (panggil aja mas jaket biru), seorang mas lain, dan seorang mbak yang sepertinya temennya mas jaket biru, jalan ke kiri, manjat batuan rapuh yang nutupin jalan ke kiri. Ciwa yang jalan belakang gue keliatan ragu buat ngikutin kami. Kalau gue sih tahu emang seharusnya jalan di kiri, jadi gue langsung ngikutin mereka motong jalan. Gue ngikutin tiga orang di depan gue. Di Cemoro Tunggal, gue lihat anak-anak Kampala lagi nungguin adik bungsu mereka, Ciwa, soalnya emang cuma dia yang masih SMA.
Gue berhasil kembali ke jalur yang benar. Pas gue nengok belakang, Ciwa masih jauh di tempat gue mulai motong jalur tadi hahaha. Gue turun ke  Cemoro Tunggal. Imam udah turun duluan, gue bilang ke mereka kalau gue juga mau jalan duluan. Nggak lama gue jalan, dua orang dari mereka, yang nyampe puncak duluan sama Imam, nyalip gue, salah satunya Geri. Gue berenti gara-gara coverbag si unyu kebuka dan tali sepatu juga kendor. Gue lari ngikutin Geri dan temennya, soalnya treknya kan kayak di Senaru-Putri itu, eh lama-lama nggak kuaat! Jadi gue jalan kayak siput hahaha.
Di Arcopodo gue ketemu lagi sama mereka, tapi Imam nggak ada, gue lanjut jalan. Belum ada semenit gue pergi dari Arcopodo, Imam lagi duduk kecapean. Gue ikutan duduk, lepas jaket lapis luar gue, soalnya mulai kepanasan. Kami lanjut jalan ke Kalimati nyamperin Resti, tapi jalan kami berdua bener-bener kayak siput yang lagi pake efek slow motion hahaha. Anak-anak Kampala satu persatu nyalip kami, meninggalkan kepulan debu yang tebal yang bikin mata perih.
Selambat-lambatnya Imam, masih lebih lambat gue. Ujung-ujungnya gue jalan sendiri lagi, cuma satu kali ketemu sama pendaki yang lagi turun juga. Beberapa kali gue ngeliat Kalimati dari trek yang gue jalanin. Gue ngomel sendiri, ‘Daritadi cuma makin deket doang! Kapan sampenya sih!’ haha. Sekitar jam setengah 10, gue udah nyampe jalanan naik ke Kalimati. Di depan gue ada dua orang yang lagi jalan, di belakang gue nyusul satu bapak-bapak dan satu mas-mas. Setelah gue jalan lebih jauh lagi, ternyata dua orang depan gue itu Resti sama Imam -___- Gue langsung nge-‘Pus!’ terus dadah-dadah.
Sampe tempat camp kami lagi, anak-anak Kampala udah lagi pada minum anget-anget, pas gue lewat, mereka manggil gue, “Nu, ke sini dulu nggak? Ada susu nih.” Gue yang sedari turun muncak udah mules, bales teriak, “Nggak deh, gue mules hehe. Makasih yak.” Seperti cerita post-summit attack Rinjani, gue mules-mules lagi. Tapi kali ini nggak langsung, sempet ilang hasrat.
Begitu tenda dibuka terus rapiin isi tenda, gue ganti baju soalnya debu di celana gue luar biasa sekali padahal lapis dua pake raincoat birunya Bapak. Gue ngantuk dan capek. Imam udah tidur di dalem tenda, gue ikut tidur di dalem tenda juga, sementara Resti masak spaghetti. Pas gue mau tidur, gue denger anak Kampala ngajak ngambil air ke Sumbermani, Resti nolak soalnya lagi masak.
Tidur sekitar satu jam, gue bangun dan hasrat mules muncul lagi sedikit tapi gue acuhkan. Spaghettinya udah jadi tapi kata Resti ada yang ngga mateng soalnya kurang air. Akhirnya setelah ke-pending makan dari tadi malem, kami makan Spaghetti Bolognese :9 Kami bagi-bagi dikit ke tenda Kampala, soalnya lumayan banyak, dan sebagai ucapan terima kasih udah nemenin jalan juga hehe.
Beres makan perut gue berontak lagi, kali ini tak tertahankan beneran. Gue ngajak ke Sumbermani sekalian ngambil air juga. Eh pas kami udah siap, tiba-tiba Ciwa datengin tenda kami, ngasihin air satu jerigen. Waduh jadi nggak enak, udah ngambil jauh-jauh, berat pula, tapi ya Alhamdulillah. Tapi, gue jadi nggak bisa cari tempat tertutup di bawah sana dong -___- Akhirnya dengan berat hati gue nabung di sekitar situ yang cukup tertutup.
Beres gue nabung, Resti sama Imam lagi packing. Gue ngikut packing juga. Jam 14:45 kami turun ke Ranu Kumbolo lagi, tetep duluan dari Kampala karena yakin bakal disusul hehe. Berangkat dari Kalimati, kami nemu 'teman' lama gue, untungnya cuma satu ekor. Tahu kan apa? Yak, betul! Monyet hahaha. Kami juga papasan sama beberapa rombongan yang mau naik. Ada segerombol mas-mas yang ngajak gue naik lagi – kebetulan pas itu gue lagi jalan agak jauh di belakang Resti sama Imam. Yakali naik lagi, turun aja nggak tau kuat apa nggak -___-
foto sama ayang :D
Selama perjalanan dari Jambangan sampe Cemoro Kandang kami papasan sama sekitar 3 rombongan pendaki bule. Sekitar 200 meter sebelum Cemoro Kandang, si kembar yang berjaket merah – yang namanya Dei, udah nyusul kami. Nggak lama dua temennya nyusul di belakangnya. Di Oro-oro Ombo, Resti minta difotoin yang banyak, jadi gue ngintilin mereka yang lagi foto-foto, gue entah kenapa nggak terlalu pengen banget gitu difoto, ya biasa aja hehe.
Oro-oro Ombo sama solmet :D
ini candid ini haha
Kali ini, kami melewati Oro-oro Ombo dengan melipir di bukit, dipimpin sama Geri, Gembol, dan satu lagi temen mereka yang gue belum tau namanya, pokoknya dia yang nemenin gue sama Resti di Jambangan itu. Di bawah, kami liat Ciwa sama Dea – kembarannya Dei – jalan di padang lavender kering itu. Lanjut ke Tanjakan Cinta, Resti jalan duluan sambil foto-foto.
Sekira jam 16:45 kami nyampe Ranu Kumbolo lagi. Tepat dua jam, setengahnya perjalanan naik kemarin. Begitu sampe, ya Allah males gerak banget, dinginnya udah mulai menusuk. Sambil begidik-gidik, kami bangun tenda, masukin matras, masukin barang. Tenda selesai diolah, gue masuk tenda dan nggak keluar-keluar lagi sampe besok pagi hahaha.
Jam enam sampe jam tujuh sore gue sempet tidur, sementara Resti sama Imam masak di luar. Gue udah nggak tertarik sama sekali buat ke luar tenda hehe. Akhirnya spaghetti, yang siang tadi belum selesai kami makan dan sudah dihangatkan lagi sama mereka berdua, dibawa masuk tenda dan kami makan di tenda. Abis makan, gue tidur lagi. Dinginnya kebih nggak manusiawi daripada hari pertama.