Wednesday 12 September 2012

Day 5 – Jumat, 31 Agustus 2012

Pagi yang superdingin di Ranu Kumbolo, gue baru berani keluar tenda jam 6 lewat. Walaupun dari jam setengah 5 udah nggak bisa tidur lagi. Jam setengah 6 Imam buka tenda dan heboh sepatu sama sendalnya beku dan embun di flysheet jadi es, gue makin nggak pengen keluar haha. Gue sama Resti diem dulu di dalem tenda, ngecek barang-barang. Sleeping bag gue bagian luarnya dingin banget, handphone sama kamera gue juga pada dingin. Batre handphone gue jemur di depan tenda biar anget haha. Begitu berani keluar tenda, gue langsung deketin kompor yang lagi masak air biar anget juga.
Seandainya aja Ranu Kumbolo nggak sedingin itu, gue mau deh ngecamp di sana semalem lagi. Pagi itu kami ngabisin makanan dan minuman yang masih bersisa-sisa, oatmeal, sup makaroni, minuman sereal, pokoknya segala macem dimasak, ujung-ujungnya nggak habis -___-
Ranu Kumbolo and me :)
Beres makan, Imam sama Resti cuci piring, gue lanjut masak air buat minum pas perjalanan turun nanti. Semua beres, kami mulai packing. Kali itu kayaknya packing kami yang paling lama, mungkin ada sedikit perasaan masih pengen liat Ranu Kumbolo kali ya hihi. Beres packing yang lama terutama Imam yang paling lama dan sempet kami videoin juga kegiatan packing terakhir itu – udah sekitar setengah 10 pagi. Kami sempetin dulu foto-foto sama si Danau Cantik ini, foto chibi gue dan Resti, foto self-timer kami bertiga, dan tentunya foto geng bersembilan sama rombongan Kampala.
chibi :3
suddenly 10 frames hahaha
us :D
Jam 10:45 kami berangkat dari Ranu Kumbolo, rombongan Kampala masih pada ketawa-ketawa, belum ada tanda-tanda packing. Gue berharap kali ini aja kami nggak usah kesalip sama mereka hahaha. Sewaktu masih di daerah Ranu, pandangan kami masih nengok ke kiri, ke arah danau yang sedang kami tinggalkan itu.
Lepas dari tanjakan setelah Ranu Kumbolo, kami sempat melihat puncak Mahameru nyembul di balik bukit, dan tepat lagi batuk kayak kemarin, gue langsung keluarin kamera, foto sekali terus mandangin Mahameru, dan berbisik ‘thank you for yesterday, sweetheart’ hahahaha.
bye-bye darling :)
Kami sempat duduk ngambil napas sebentar di Pos 4. Lewat dari Pos 4 kami mulai ketemu pendaki-pendaki yang naik. Awalnya cuma seorang-dua orang-tiga orang. Lama-lama kami ketemu banyaaak sekali pendaki. Yang gue lihat sih ada sekitar 2-3 kaos rombongan yang berbeda, pendakian massal mungkin ya. The problem was, gue sama Resti jadi lama turunnya karena mempersilakan mereka lewat. Sebelum Pos 3 bahkan gue sempet nunggu sekitar 20 menit, soalnya kalau dari bawah, setelah Pos 3 itu kan tanjakan yang lumayan menguras tenaga. Kami juga ketemu banyak rombongan pendaki bule, lebih banyak daripada yang ketemu di Cemoro Kandang kemarin. Salah satunya ada bocah umur 7-8 tahun yang naik sama ibunya dan ditemenin porter, lucu deh dia, ceriwis gitu kayaknya anaknya juga, pengen foto tapi malu hahaha.
Kami – gue sama Resti, ketemu Geri sebelum Pos 1, segitu lamanya ya kami jalan. Padahal mungkin mereka turun dua jam setelah kami turun hahaha. Gue lebih sering jalan berdua sama Resti. Lepas dari Pos 1, Imam mempercepat jalannya, sedangkan kami masih kalem, terutama Resti soalnya kakinya lecet gara-gara sepatu. Abis ganti sepatu jadi sandal, Resti kebut lagi. Kami ketemu Dei dan dua orang lain sebelum pertigaan shortcut yang kemarin Geri tawarin pas kami naik, tapi dari arah sebaliknya. Gue sama Resti memutuskan tetap di jalan yang benar, sedangkan Dei sama dua temennya lewat jalan mereka.
Entah efek ketemu banyak rombongan, atau jalan kami berdua memang lambat, atau karena treknya dominan datar, lama perjalanan Ranu Kumbolo-Ranu Pane nggak beda jauh sama lama perjalanan Ranu Pane-Ranu Kumbolo. Naik 4 jam, turun 3 setengah jam. Di gerbang tulisan Selamat Datang, gue sama Resti nyempetin foto karena pas berangkat ga sempet foto akibat pengen ngejar waktu.
Resti
dan gue
Sampe di Ranu Pane jam setengah 3 kurang 20. Dari gerbang Selamat Datang sampe Ranu Pane, Ciwa ditawarin naik motor sama bapak-bapak petani di sana, jelas dia mau lah, haha lumayan hemat tenaga. Kami makan bakso Malang sama beli emblem dan kaos Mahameru buat Ikhsan, adik gue yang tanggal 3 September ulang tahun. Di situ gue baru kepikiran, kenapa gue nggak bikin video ucapan ulang tahun buat dia di puncak hahaha. Kali itu gue nggak sempet bersih-bersih, ganti pakaian aja sekedar ganti celana doang, ngantrinya luar biasa. Geri, Ciwa, sama Dei aja mandi bertiga hahaha.
sebelum cabut dari Ranu Pane
Jam 5 kami bersembilan cabut dari Ranu Pane. Pas banget kami cabut, rombongan MNH yang kemarin ketemu sebelum Arcopodo itu baru sampe Ranu Pane, gue lambaikan tangan ke mereka. Kami maksain turun bersembilan dengan biaya jeep tetap 400.000, yang penting cepet turun lah. Dan akhirnya anggota terakhir rombongan mereka yang gue belum tahu namanya, gue ketahui juga pas kami udah mulai jalan turun ke Tumpang soalnya dia dipanggil sama temennya hahaDia yang nemenin gue sama Resti di Jambangan dan ngajak kami turun lewat shortcut, dan namanya adalah Deden. Begini nih orang Indonesia, udah ngobrol, udah jalan bareng, tapi nggak tau namanya hahaha.
Kali ini gue sama Resti nggak duduk di kursi depan, tapi berdiri di belakang, yeay! Geri sama Ciwa duduk di depan, gue, Resti, Imam, Dei, Dea, Gembol, sama Deden berdiri di belakang. Aaaah seruuu~ sumfaaah, serius, seru bangeeet! Sensasinya tak terlupakan, apalagi supir jeep kami yang ini rada ngebut bawanya, hahaha seru ih, seneng :D Kayak lagi syuting iklan Djarum Super gitu. Hahaha maaf yak kalau gue mulai kalap noraknya :p
syuting iklan Djarum Super part Semeru haha
Selama perjalanan pinggang gue beberapa kali kepentok pinggir jeep, sakit, tapi tetep aja seneng haha. Kami juga beberapa kali ngeliat si pacar gue dari kejauhan, dadah-dadah. Gue senyum-senyum liat Mahameru, seneng banget akhirnya bisa bilang, "Gue pernah di puncaknya." :) Abis pertigaan ke Bromo, supirnya sempet berhenti, terus dia entah beli atau ngambil pesenan, pokoknya penjaga warungnya ngasihin dua botol air mineral 1.5 liter yang isinya cairan berwarna hitam. Kata Ciwa itu air tape, widih, abangnya sangar banget dah, dan Ciwa sempet nyobain seteguk hahaha. Di jalan kami ngobrol, ketawa, nyanyi-nyanyi, bahkan gue sempet-sempetnya jerit-jerit ketakutan karena lembah di kiri kami tinggi banget -___-
Kami sampai di Pasar Tumpang jam setengah 7 lewat. Whoa! Kota! Sinyal! Langsung kabarin mamah di rumah, dan mamah syok gue nyampe puncak hehehe. Telepon temen kuliah gue juga, Devin, karena pas itu lagi jamannya ngurusin jadwal kuliah alias KRS, dan gue minta tolong pantauin jadwal gue sama dia. Devin juga syok gue nyampe puncak. Yep, mereka tahunya kan cuma dibuka sampe Kalimati hehe.
Rombongan gue-Resti-Imam nunggu kepastian soal tumpangan mess di Kebun Raya di Pasuruan. Rombongan Kampala juga nunggu kepastian tumpangan kostan temen mereka di Unbraw. Tadinya kami pengen ngajakin mereka ikut ke messnya juga, tapi Imam terlanjur bilang buat 3 orang, kan nggak lucu tiba-tiba 9 orang dengan muka kusut dan carrier kumel datengin Kebun Raya, dikira mau ngapain kali haha. Akhirnya mereka pun fix numpang di kostan temen mereka di Universitas Brawijaya, Malang. Kami pun berpisah, sampai ketemu hari Minggu, teman-teman!
Jadi ceritanya Bapaknya Imam punya kenalan di Kebun Raya Purwodadi di Kabupaten Pasuruan ini. Yah, lumayan tidur di kasur dua malem sebelum kepulangan kami ke Bogor.
Rombongan kami bergerak ke Pasuruan, naik angkot ke Terminal Arjosari yang ternyata jauuuh sekali dari Pasar Tumpang, sampe kami bosen duduk di angkot. Kami lanjut dengan naik bison dari Terminal Arjosari. Bison ini semacam elf kalau di Bogor atau Bis Tuyul kalau di Tegal, malah kata temen gue, di Banjarmasin namanya Teksi. Naik bison ini, carrier-carrier kami dihitung satu orang, jadi kami bayar 18.000  karena perorangnya kena 3.000.
Sampai di mess Kebun Raya Purwodadi jam 9 malam. Kebun Raya-nya ini terletak di jalan besar yang menghubungkan Malang-Surabaya. Waktu turun dari bison, kami kelewatan nyetop supirnya, jadi jalan sedikit lagi, di pinggir jalan, bawa-bawa carrier, huft haha. Kami dianter masuk ke dalam mess sama teman Bapaknya Imam. Lihat-lihat kamarnya, ada 4 kamar, duh sayang banget padahal kan bisa ngajak anak-anak Kampala, biat rame juga ada mereka, tapi ya memang jalannya harus seperti ini haha apa deh. Kami langsung nyari kamar mandi, air di messnya dingin sekali! Gue sama Resti bersih-bersih kaki baru kemudian mandi. Nyessss banget mandinya brrr hahaha.
Abis bersih-bersih badan, kami makan, rapi-rapi barang sedikit, shalat, dan tidur di atas kasur. Subhanallah yah setelah satu malam di kereta dan tiga malam di tenda, ketemu kasur juga haha.
kasuur :D

1. panjang bgt Teh ceritanya tapi mengasyikan hehehehe
    Insya Allah sy tgl 22 desember ini ingin merasakan keindahan puncak Mahameru :))
    doakan saya ya teh :))

1. iya ya? hehehe saya kalo cerita suka sampe detail yang masih saya inget, jadi panjang. yaah buat kenang-kenangan kalo udah tua nanti hehehe
      wah, sukses ya, semoga diberikan keselamatan dan kesempatan bertemu Mahameru :)
      makasih loh udah baca tulisan saya yang bertele-tele ini :))