Wednesday 12 September 2012

Day 4 – Kamis, 30 Agustus 2012 Part 1

Perjalanan summit attack awalnya gue jalani dengan penuh semangat kayak waktu di Rinjani. Kalau dibandingin sama Rinjani emang lumayan konstan sih semangat gue sampe akhir perjalanan ke puncak. Mungkin karena udah ada bayangan dari perjalanan sebelumnya, jadi mental udah lebih siap buat menghadapi kondisi trek yang sepertinya serupa.
Start dari Kalimati jam 12 tepat di jam gue, treknya cukup landai dan tetep berpasir halus, ngga lama ada turunan, terus masuk hutan. Hutannya mirip trek hutan Senarunya Rinjani sama trek Putri nya Gede, tapi tanahnya pasir jadi bikin bete soalnya debu ngebul. Di trek hutan itu sampe Arcopodo entah kenapa gue merasa semangat banget, didukung pula sama fisik yang masih kuat, dan ditambah lagi udah nggak bawa carrier, jadi nggak terlalu banyak istirahat atau diem. Awalnya gue jalan di belakang Resti, tapi lama-lama gue kebawa jalan cepet sama anak-anak Kampala, jadi gue duluan sama mereka, Resti ditemenin Imam.
Waktu lagi ngantri jalan karena pendaki yang naik sama kami lumayan banyak, gue ketemu sama mahasiswa IPB juga, angkatan 46 (masuk kuliah tahun 2009) juga tapi departemen Manajemen Hutan. Kami ngobrol dikit.
Dia nanya, “Dari mana, Mbak?”
“Dari Bogor.”
“IPB bukan?”
“Iya, IPB.”
“Jurusan apa?”
“IKK.”
“Oh, temennya Tunggir ya?” Dia nyebut salah satu temen gue di Pasma, namanya Andi tapi dipanggil Tunggir haha.
“Oh iya kenal ko.”
“Gue IPB juga, tapi MNH. Angkatan berapa?”
“46. Kalo lu?”
“Gue 46 juga, ini juga MNH 46, sama satu lagi angkatan 43.” *Kalo gue nggak salah ya hehe* “Lu yang bertiga itu ya?”
“Iya gue bertiga, tapi temen gue yang dua lagi diploma.”
“Oh gitu.”
Abis ngobrol, gue lanjut jalan lagi, nyusul rombongan Kampala. Sejujurnya gue nggak ngeh pakaian yang mereka pakai, jadi kalo mereka nggak pada ngomong atau bersuara, gue nggak akan tau itu mereka dan muka mereka pun gue masih lupa-lupa inget hahaha. Gue sampe di Arcopodo jam 1:05 bareng rombongan Kampala, setelah sebelumnya sempet istirahat dulu sekitar 10 menit, sampe mulyadi *kalo nggak tau artinya apa baca Rinjani Day 6 hehehe*. Di situ kami berenti lumayan lama, nungguin Resti sama Imam, kata salah satu dari mereka – kalo ga salah gue denger dia dipanggil Geri – bilang Resti mau turun lagi, lah macam mana ini orang kenapa malah turun lagi -___-
Sekitar 15 kami duduk di Arcopodo, Resti sama Imam nyampe. Begitu nyampe Resti langsung bilang-bilang ‘Dadah, gua sampe sini aja ya.” Gue spontan nyamperin dia sambil bilang, “Ape lu bilang? Gue kelikitik lu!” Setelah berunding sedikit, Resti akhirnya bener-bener ngga ngelanjutin perjalanan ke puncak :( Sedih sih sebenernya, kan kami mau berdiri bareng-bareng ke puncak Mahameru. Ini kan bukan cuma mimpi gue doang, tapi mimpi Resti juga. Tapi Resti tetep ga ngelanjutin perjalanan, dia numpang berteduh di tenda dua turis lokal yang ditemenin porter yang kemarin nawarin kami naik sampe Arcopodo itu. Akhirnya, dengan sedikit perasaan kecewa karena soulmate gue ga ikut muncak, gue lanjut jalan sama para lelaki.
Setengah dua kurang kami berangkat dari Arcopodo. Anggota rombongan gue ngga ada satupun yang kostumnya gue kenal kecuali Imam soalnya dia pake raincoat yang ada garis glow in the dark-nya itu. Jadi gue jalan aja, tanpa ngeh siapa depan gue, siapa belakang gue, pendaki lain juga rame banget.
Begitu nyampe Cemoro Tunggal, yang katanya pohonnya udah tumbang, gue liat ada beberapa nisan. Jujur ya, takut juga, apalagi kemarin ketemu seseorang yang bikin gue parno abis. Dari Cemoro Tunggal jalannya mulai naik, pasir serodot kayak trek awal Rinjani tapi ngga ada batu tebing besar yang membatasi dan bikin treknya jelas, jadi bener-bener terbuka. Jalan sekitar 2-3 jam gue masih bisa jalan sambil berdiri, tapi ke sananya efek udah lelah dan kecuramannya juga sepertinya udah meningkat, terpaksa merangkak.
Pendaki yang muncak pagi itu cukup banyak, kelihatan dari cahaya headlamp di belakang dan di depan gue. Satu yang paling gue sebel dari trek puncak ini adalah susssah banget nyari tempat buat duduk -___- Kalau mau duduk tuh harus milih batu yang bener-bener batu dan nggak rapuh, soalnya banyak batu yang bahkan dipegang aja ambrol. Biasanya yang paling bisa didudukin itu yang dipinggir-pinggir tapi – seperti yang diherankan oleh semua orang  gue kan takut ketinggian, jadi gue agak ngeri duduk di pinggir. Dan satu lagi yang bikin ketakutan gue kambuh, kalo gue lagi jalan di sebelah kanan, kadang-kadang di depan gue itu pasir turun, tapi turunnya bukan ke trek pendakian, melainkan ke lereng di kanan gue, kebayang kalo orang yang ngegelin… ah udah ah, ngga usah dilanjutin ya haha.
Satu lagi yang cukup, eh nggak, SANGAT bikin bete adalah, kalau gue nengok ke atas, cahaya headlamp dari pendaki yang udah duluan terlihat sangat jauh dan sangat tinggi, asli bete hahaha. Kalau liat ke arah bawah lumayan seneng, soalnya masih banyak yang di bawah gue hahaha. Yaa meskipun begitu ada juga kok hal yang menyenangkan dan sweet kalau menurut gue hehe. Jadi pas gue lagi jalan nih, gue teh ngerasa kayak ada orang di kiri gue, tapi agak jauh. Masalahnya, itu orang jalan di mana? Treknya kan cuma yang ini aja. Pas gue ngelirik ke kiri, ko familier ya bentuk tubuhnya? Aih itu bayangan gue sendiri yang dibentuk sama cahaya bulan! Kebetulan bulannya hampir full moon pas kami muncak itu. Posisi bulan udah lumayan di sebelah barat karena udah sekitar jam 4 pagi. Gue amazed sekali, how cool! :D Tapi gue ngga berani foto dan ngeluarin kamera, soalnya posisi tubuh nggak mendukung, lagian belum tentu keliatan.
Kembali ke cerita perjalanan, gue jalan paling sering ketemu Imam, paling sama salah seorang anak Kampala, tapi gue ngga ngeh itu siapa. Suatu kali gue mau istirahat, Imam lagi duduk sama orang, gue nyamperin mereka, bilang ‘ikutan yak’. Pas udah duduk gua baru ngeh itu anak Kampala, tapi nggak tau yang mana haha. Lewat jam setengah 5 gue mulai jalan sendiri, udah mulai capek dan stres. Pas nemu batu gede di depan gue, gue ngomong dalem hati, ‘Plis kasih tau gue kalo udah batu ini tandanya udah deket apa gimana.’ Gue nengok ke atas dan ke bawah nggak ada orang -___- Mungkin ada sekitar 20 menit gue jalan bener-bener sendirian, nggak ada pendaki lain yang bareng gue.
Gue jalan terus, motivasi dari diri sendiri udah hampir nggak ngefek, tapi mau minta disemangatin juga sama siapa, nggak ada yang gue kenal, malah nggak ada yang jalan sama gue. Treknya udah makin nggak santai, dingin juga, tapi yang amat gue syukuri sekali, di sini anginnya ngga heboh kayak di Rinjani. Gue nggak kebayang kalo anginnya kayak gitu juga, soalnya ada bagian tertentu yang treknya lebih curam dari trek bagian terakhir Rinjani itu. Moreover, pinggiran trek ini juga terasa lebih mengerikan buat gue, mungkin karena rapuh semua batuannya.
Jam 5 lewat, matahari udah mulai ngasih warna buat langit yang terakhir gue liat terang jam 5 kemarin sore. Gue ngeliat ke atas, dan cukup yakin masih jauh :| Because it’s always further than it looks heheu. Gue lanjut jalan, lambat banget karena udah cape dan masih nggak banyak pendaki yang bareng gue, cuma satu orang di depan gue dan satu orang lagi di belakang gue.
Langit di sebelah kiri gue indah banget warnanya, oranye tebal campur biru ringan, membatasi langit gelap sama langit yang udah diterangi matahari. Sayangnya gue ngga sempet foto karena gue takut ngambil kamera huhu. Dan sama seperti sewaktu titik-titik akhir pendakian ke puncak Rinjani, gue juga hampir nangis di bagian ini, tapi dengan alasan yang berbeda. Waktu di Rinjani gue hampir nangis karena kesel sama jalannya, tapi di sini gue terharu banget begitu sadar apa yang sedang gue lakukan. Gue akan segera bertemu Mahameru. Suatu kali gue nengok ke belakang, bukit yang kemarin gue lihat dari Oro-oro Ombo terlihat dengan jelas, lekukan punggungannya yang ditutupin pepohonan jelas banget kelihatan. Gue menghadap ke depan lagi dan mata gue berkaca-kaca terharu. Sekali lagi gue merasa begitu kecilnya manusia di bentangan alam seluas ini, bahkan setitik aja masih terlalu besar rasanya.
Jam setengah 6 gue dilewatin sama dua orang, mbak-mbak dan mas-mas, yang mana mbak-mbaknya dipegangin sama si mas-masnya, jadi jalannya cepet. Gue langsung sirik, ‘Ihhh, mau dipegangin juga sedikit mah, biar lebih cepet dikit.’ Tapi ama siapa atuh, gue sendirian haha. Eh Alhamdulillah mas-mas yang tadinya jalan di belakang gue kan udah nyusul gue gara-gara gue lambat sekali jalannya. Terus dia bantuin gue dikit, megangin tangan gue pas ada batu lumayan gede ngalangin jalan hehe.
Jam setengah enam lewat 10 gue udah lumayan bisa liat dataran puncaknya, dan akhirnya gue ketemu salah satu si kembar. Dia akhirnya jalan nemenin gue, di belakang kami ada si mas-mas yang tadi bantuin gue sama seorang bule, gue jalan paling depan. Gue jalan berenti-berenti, terus gue bilang ke si misternya, mau duluan apa kaga, dianya juga lagi berenti sambil ngos-ngosan. Yaudah gue tetep jalan di depan. Tapi ujung-ujungnya dia tetep nyusul ngeduluin gue. Gue ngobrol sedikit sama si kembar yang berjaket merah, ternyata dia satu tahun di bawah gue, anak konservasi di Universitas Nusa Bangsa, Bogor. Dia cerita kalau dia sempet bantuin tim SAR Sukhoi di Salak waktu itu, bagian jagain logistik makanan katanya. Terus katanya juga dia kayak ngedenger suara korban Sukhoi-nya gitu. Hiiw. Gue nanya, yang satu lagi tuh kembaran apa siapanya, ternyata emang kembarannya. Gue nanya lagi, kakaknya dia bukan, katanya sebenernya kakaknya dia, tapi di akte yang ditulis kakaknya itu si kembarannya, bukan dia.
Nggak lama abis ngobrol, gue ngeliat ke depan, gue liat seseorang dadah-dadah sama gue, dari jaket merahnya sepertinya itu Imam. Kami berdua jalan lagi sedikit, dan akhirnya trek naiknya selesai. Si kembar yang berjaket merah jalan duluan ninggalin gue yang berjalan lambat dan lunglai haha beda sama waktu trek batu-pasir-kerikil Rinjani udah selesai, gue semangat lagi jalannya.

lanjut ke Part 2 ya :D

No comments:

Post a Comment