Wednesday 11 January 2012

Day 2 – Minggu, 16 Oktober 2011

Gue bangun jam setengah 6 pagi, sebelah kanan gue Menu, sebelah kanannya Trizar, sebelah kanannya lagi Beny, Eko di luar. Ngumpulin nyawa dulu sambil ngobrol. Jam 6 pagi gue keluar tenda, wuidih, cantik nian puncak Jani nya.
See :)
Bekas kebakaran kemaren udah padam dan menghitam. Gue update twitter dan bisa ke-post haha. Baru juga melek sejam, Trizar sama Eko udah pup aja haha, terus Beny nyusul. Kami terus masak sarapan, Trizar sih yang masak, gue sama Menu abis motong-motongin chicken breast sama sosis, kebelet pipis dan langsung nyari 'wc'. Kami ke belakang pondok besi pos 1.
Beres pipis, kami balik ke tenda terus makan. Sambil kami sarapan, beberapa orang porter lewat, mereka bilang mau ada rombongan Singapura 27 orang yang naik hari ini, tapi orang-orangnya masih di Senggigi. Lewat juga beberapa bule yang ditemenin porter dan guide. Porternya rombongan Singapura banyak yang mampir dulu di pos 1. Terus mereka cerita-cerita, tipe turis asing tuh beda-beda. Kalo orang Amerika sama Eropa, mereka nggak maksa harus nyampe puncak, yang penting udah pernah nginjek gunungnya, yaudah selesai. Kalo orang Singapura beda, mereka tuh katanya, mau sakit, mau kakinya patah, mau kayak apa pun kondisinya, bakal tetep berusaha nyampe puncak. Banyak deh yang diceritain porter-porter itu, tapi gue ga fokus dengerin soalnya lagi makan hehe.
Sarapan kami pagi itu adalah sayuran kacang polong jagung wortel, telor dadar dengan isi dada ayam potong dadu dan sosis, serta mustopa satu plastik, alhamdulillah bawaan gue berkurang sepersekian kilogram hahaha. Makanan utamanya selesai, kami makan apel. Selain apel, kami juga bawa jeruk. Abis makan kami beresin tenda terus packing lagi. Sambil packing, banyak lagi porternya rombongan Singapura yang lewat. Yaa maklum sih rombongannya banyak, jadi porternya juga banyak. Jam 8 lewat kami beres packing. Lama dan berulang-ulang packingnya haha.
Packing
Jam setengah 9 kami start jalan lagi. Masih nanjak, muter-muter kayak tadi malam, baru 10 menit jalan udah eungap, ngos-ngosan. Sekitar jam setengah 10 kurang, kami sampe di pos 2 yang pondok besinya ada di bawah jembatan. Katanya sih di situ ada sumber air, tapi ternyata airnya cuma sedikit dan kotor banget, warnanya ijo pula. Kami tadinya mau ngambil air di situ tapi ga jadi, udah gitu dipake nyuci piring sama para porter juga.
Pos II - Tengengean

Di situ kami napas sebentar sama foto-foto. Terus Trizar sama Beny bilang mau jalan duluan, mumpung tenaga sama semangatnya masih penuh. Gue, Menu, Eko nyusul beberapa menit kemudian. Lagi-lagi, baru jalan beberapa menit udah ngos-ngosan, eungap, kehausan. Dan betenya adalah, di kejauhan, kami bertiga masih bisa liat Beny sama Trizar, padahal kan mereka udah lumayan lama di depan kami -___-
Sekitar setengah jam dari pos 2, kami bertiga papasan sama banyak bule berserta porter atau guide nya, mereka jalan turun. Menu langsung komentar, “Gue bete deh sama bule-bule. Badannya keker-keker tapi barang-barang dibawain. Daypack nya isinya paling cuma minum tuh.” Yak, betul sekali, pendaki-pendaki bule emang cuma pada bawa daypack imut. Setiap papasan kami ‘hello-hello-hi-hi’-an, makin kering aja kan bibir nyengir terus haha. Terus ada bule yang bilang sama gue sama Menu pas Eko udah agak duluan, “Good luck, it’s getting easier.” Gue sama Menu kan ‘oh-yes-sir-thank-you-good-luck-too’. Setengah jam kemudian gue marah-marah, “Ah si mister boong! Easier dari mana! Makin nanjak begini!” Dan dari situlah Menu mulai nyanyi-nyanyi ‘Easy! Nyuci jadi enteng!’ -___-
"Mama Jani, ke sini dong, Ma, jauh amat. Puncak
Jani nya suruh ke sini aja"
Kami bertiga terus jalan, jalan dan jalan. Trizar sama Beny udah ga kesusul-susul walaupun sempet beberapa kali ngeliat carrier mereka di kejauhan. Di jalan tuh Eko terus-terusan berusaha menjaga semangat gue sama Menu, nyanyi Sleeping Child, dangdut, jambuuu~ janjimu janji busuk busuk busuk, Desi Ratnasari, segala rupa deh, bikin napas makin abis, terus bikin video dimana kemana ala Ayu Tingting, LOL abis videonya hahaha. Sekitar menjelang zuhur, kami ketemu porter yang lagi jalan turun, Eko nanya pos 3 masih jauh ga. Porter yang keliatannya berumur ga beda jauh sama gue itu bilang ngga jauh lagi, di balik bukit. Semangat gue rada naik lagi tuh, bentar lagi nu, bentar lagi. Eh lagi-lagi gue merasa tertipuu, setengah jam jalan ngga nemu-nemu pos 3 nya.
Abis tanjakan yang cukup pelik, dan carrier gue sama Menu secara bergantian didorong sama Eko biar kami jalannya cepet, gue, Menu, sama Eko istirahat dulu, duduk, minum sedikit. Anginnya enaak banget, buat tidur. Gue duduk sebelah Menu, Eko di depan Menu. Gue asyik ngeliatin cakrawala. Pas nengok ke samping, ehhh pada tidur -___- Gue ngomel-ngomel lagi “Yaah, ko pada tiduur! Ayo jalan lagi!” Eko nyuruh gue duluan aja kalo gue masih kuat. Yaudah gue jalan duluan, mereka pada tidur. Ga nyampe 5 menit gue jalan, ada bangunan besi bercat ijo, lah itu pos 3 nya hahaha Langsung gue manggil-manggil Menu sama Eko yang bahkan masih keliatan sama gue. “Woy itu pos 3 itu deket banget!” Langsung deh pada nyusul gue.
Gue setengah lari nyamperin pos 3, jalannya lagi ngga nanjak juga. Di sana ada Trizar lagi di depan kompor. Sambil nyengir lebar, gue duduk di pondoknya. Kata Trizar dia udah sekitar setengah jam disitu haha, Beny lagi ngambil air di mata air. Ga lama, Menu sama Eko muncul sambil cengengesan juga, gue lagi makan apel. Trizar nyusul Beny sambil bawa botol kosong dari gue sama Menu, buat ngambil air lagi. Gue, Menu, sama Eko napas dulu sambil nyiapin yang mau dimasak. Ga lama Beny sama Trizar balik, Trizar ga jadi turun sampe mata air gara-gara kata Beny jauh dan airnya ga bersih. Jadi sambil masak air buat nasi, Eko nyaring air yang diambil Beny pake kerudungnya Menu.
Masaaaak :D
Masak-masak, minum teh, makan deh, gue lupa menunya apa hehe. Di situ udah lumayan banyak pendaki lain yang nyusul kami, bule semua, orang Indonesia tuh cuma ada satu rombongan, itu pun mereka mau turun dan cuma nungguin yang ketinggalan di belakang. Bulenya ada yang dari Belanda, Czech Republic, Prancis, dan pas kami lagi packing lagi, rombongan Singapura itu pun datanglah, ramaai sekali haha, mereka umur-umur SMA-kuliah lah. Abis gue solat dan beres packing dan pos 3 (yang ternyata adalah cuma pos bayangan atau pos ekstra) udah mulai rame sama pendaki-pendaki, gue sama Menu jalan ngeduluin para lelaki yang masih packing.
Ga jauh dari situ, sekitar 10 menit jalannya gue sama Menu, kami sampe di Padabalong alias pos 3 yang benerannya. Duduk sebentar – dan kesusul para lelaki dan rombongan Singapura – terus lanjut jalan, karena emang baru istirahat dan masih semangat. Jalannya lagi dan lagi nanjak terus, gue bentar-bentar diem, napas, jalan lagi.
Kayak gini jalannya! Kayak gini!
Kalo ada yang mau lewat, baik itu yang nyalip atau yang mau turun pasti langsung gue kasih jalan, sekalian gue napas dulu gitu hehe. Pokoknya ga nyampe 5 menit sekali gue diem, berdiri, jalan lagi, diem, duduk, jalan lagi sambil eungap dan haus. Terus dikit-dikit foto, sekalian napas juga haha.
Beres satu bukit kami lewatin, istirahat lagi bareng-bareng, foto-foto, bikin video. Gue buka kotak kacamata dan gue pake kacamata dan gue baru ngeh, bahwa di hadapan kami itu laut, walaupun jauh dan cuma keliatan sedikit. Dari tadi tuh gue ngeliatin ke arah yang sama waktu Menu Eko pada tidur, waktu bikin video dimana kemana itu gue ngga ngeh kalo dari tadi kami jalan ngebelakangin laut hahaha.
Abis foto-foto yang rusuh, kami lanjut jalan. Sebelum jalan, Eko ngeluarin GPS-nya, terus dia ngecek pos berikutnya masih jauh atau ngga. Pas udah keluar petanya, Eko bilang, "Waduh lu mending nggak liat deh ini mah, sumpah." Gue penasaran, "Mana? Mana?" dan yak! Ternyata dari tadi nanjak itu baru sekitar 100 meter dari pos 3 tadi dan masih amat sangat jauh sekali ke pos berikutnya. Gue langsung ciut, Eko bilang, "Udah selow. Santai aja jalannya, ngga usah buru-buru."
Kami jalan lagi dan gue jalan dengan perasaan sedikit pesimis haha. Mulai kerasa dinginnya, anginnya mulai kerasa, gue pake jaket, tapi lama-lama kepanasan, jadi lepas lagi. Eko Beny juga nyaraninnya begitu, kalo dingin pake jaket, begitu kerasa panas, buka. Jalannya another suffering hill, dan ngeliat jalan jauh ke depan, itu asli bikin stres banget karena keliatan masih panjang bukit yang harus gue lewatin. Dari posisi kami, gue liat carrier orang keliatan di atas banget dan jauh banget, Eko bilang, "Jangan ngeliat ke sana!" Sayangnya gue udah keburu liat dan gue bete liat jalannya hahaha.
Pokoknya kami jalan terus, terus, dan terus. Ngelewatin bukit demi bukit. Rombongan kami jadi Trizar-Beny sama Eko-Menu-Nunu lagi. Salip-salipan beberapa kali sama rombongan Singapura. Sekali itu, pas kami semua lagi break sambil foto puncak Rinjani yang makin keliatan jelas, rombongan Singapura jalan lewatin kami, salah satu dari mereka ada yang bilang, "Trust your force, not your leg!" dengan aksen Mandarin. Kami langsung saling liat-liatan dan senyum-senyum sendiri. Kata Beny atau Eko gitu, mereka tuh emang rombongan atlet, dan sepertinya yang barusan ngomong adalah coach-nya. And yes, kalimat itu terngiang sama kami sampe pulang ke Bogor, sampe kapanpun kayanya hahaha.
Makin naik jalannya, Trizar sama Beny udah jalan duluan, Eko di tengah, gue sama Menu agak di belakang (as always), kaga pernah olah raga nih, jadi begini haha. Naik beberapa langkah berenti. Pas kami berdua mau jalan lagi, ada bule juga mau mulai jalan lagi. Menu nyanyi-nyanyi 'easy! nyuci jadi enteng!' (lagi) terus si bulenya bilang, "Good spirit, girl!" Kagak tau aja si mister gue enek denger Menu nyanyi begitu terus haha.
Sekitar jam 3an kayanya, gue, Menu, Eko nyampe di pos bayangan kedua, setelah bukit penderitaan yang kesekian. Tapi kami ga mampir, lagi rame sama rombongan Singapura pada istirahat di situ, jadi kami berentinya agak ke atas lagi. Duduk 5 menit terus jalan lagi setelah rombongan Singapura lewat semua. See, salip-salipan terus, haha. Yang lucunya adalah, kami kan start jalan ceritanya dari malem sebelumnya, nah mereka dari tadi pagi, tapi ujung-ujungnya barengan dan salip-salipan terus hahaha. Jalan lagi, dinginnya makin kerasa. Gue, Eko, sama Menu ngobrolin yang aneh-aneh, dari 'onde-onde' alias 'telor ceplok' alias 'tutup gelas' sampe pasiennya Menu dengan spesial membahas kasus-kasus alat reproduksi -___-
Istirahat sebentar setelah bukit-bukitnya selesai, lanjut jalan lagi, masih bukit yang nggak manusiawi jalannya. The Two Torturing Hills sih sepertinya. Somprero banget ni bukit asli, kemiringannya curam ram ram banget. Di akhir bukit pertama, gue, yang jalan masih bareng Menu, marah-marah lagi dan pundung gamau difoto sama Eko gara-gara bete sama jalannya hahaha.
"Nu, foto dulu kali, Nu." "Ga mau! Bete gue sama
jalannya!"
Liat kan itu jalan di belakang gue? :p
Kami nyampe puncak bukit penyiksaan pertama itu sekitar jam 6 sore, kami berlima istirahat bareng lagi, dari situ puncak semakin keliatan, jadi foto dulu sebentar. Dan kami pun kelaperan, jadi makan cokelat sama gula merah dulu. Jalan lagi, the next torturing hill, Beny nyaranin gue ngelangkah dikit-dikit aja, dan gue pun jalan dengan kecepatan semut dan gaya siput. Beny jalan persis di belakang gue, dan Eko bilang, "Lu bedua kaya truk gandeng" hahaha. Dan hari sudah mulai gelap pemirsa. Dan juga dingin pemirsa. Dan anginnya juga dingin pemirsa.
bukit kesekian dan sudah gelap
Bukitnya berubah jadi trek berpohon yang tetep curam, di jalannya gue liat banyak bunga-bunga kecil putih berserakan dan bekas terinjak-injak yang ternyata adalah edelweiss. Di sini Trizar nyaranin gue ngelangkah sampe 20 terus diem dulu, 20 lagi, diem lagi, and so on. Pertamanya gue bisa fokus, lama-lama amburadul lagi jalan gue.
Awalnya kami berlima masih jalan bareng, lama-lama dan lagi-lagi tiba-tiba gue tinggal berdua sama Menu, ditambah lagi di belakang kami udah ga ada rombongan lagi. Apalah, jalan paling duluan, nyampe paling  belakang hahaha. Dan hari semakin gelap, angin juga makin kenceng dan dingin. Para lelaki udah entah di mana, gue jalan berdua sama Menu dengan sedih sekali karena cape~ Jalan di sini bikin gue bete dan bikin gue berpikiran, "GUE GA MAU NAEK RINJANI LAGI!" Hahaha, pret :p
Gue sama Menu ngeluarin headlamp soalnya gue udah ga bisa liat jalan lagi, udah gelap banget. Kami jalan lagi, nebak-nebak jalur, udah ga jelas atau mungkin karena kami cape juga, kram otak, males mikir haha. Saking frustasinya, kami manggil-manggil, pus-pus-in mereka bertiga, tapi yang nongol cuma cahaya headlamp entah siapa di kejauhan dan emang masih jauh T_T Gue sama Menu sih ngarepnya ada yang jemput kami terus bawain carrier gitu, hahaha, macam capal saja. Dengan sisa-sisa tenaga bagai abis disiksa kami jalan terus diarahin cahaya headlamp dari atas yang kayanya punya Eko.
Dan kami pun sampe di atas bukit, setelah disiksa jalur yang tiada akhir itu, jam 7 malem. Sisa-sisa lembayung masih ada, dikiiit banget, tapi tetep cantik. Trizar, Eko, sama Beny lagi pada istirahat dan ngemut susu kental manis cokelat saset. Gue sama Menu kecapean parah. Setelah susu kental manis cokelat gue abis, kami JALAN lagi soalnya kami masih ada di atas Segara Anak dan belum sampe Plawangan Sembalun alias pos terakhir sebelum ke puncak. Gue jalan dengan sedih, hahaha, anginnya juga bener-bener ga kontrol banget. Setelah sekitar kurang dari sejam jalan, kami dapet tempat ngecamp, itu pun belum sampe Plawangannya persis, tapi anginnya bener-bener hebooooh bangetbanget.
Beres pasang tenda jam setengah 9, gue ngantuk luar biasa. Beny bilang, "Lu ngantuk Nu?" Gue ngangguk, Beny bilang lagi, "Ngedrop lu." Kaget gue, baru kali itu gue ngerasain ngedrop, biasanya naek gunung sehat-sehat aja, tapi ya wajar sih, treknya minta dibunuh banget gitu. Masak-masak dikit, goreng nugget, masak nasi, makan, terus gue sama Menu langsung tidur, cape! Yang lain masih pada di luar tenda, Trizar masih masak, Beny sama Eko katanya mau ngambil air ke Plawangan. Gue tidur begitu badan gue masuk ke sleeping bag dengan angin di sekeliling tenda yang masih bersiul-siul kencang.