Wednesday 11 January 2012

Day 3 – Senin, 17 Oktober 2011 Part 1

Jam 12 Beny ngebangunin gue sama Menu yang tidur di dalem tenda, gue gatau yang lain pada tidur di mana, ga tau juga mereka tidur apa ngga heuheu. Bangun tidur kami makan lagi, sama nuget lagi. Sambil makan, kami diskusi, deal kan mau ke puncak, okelah deal. Walaupun sejujurnya gue agak belom siap gara-gara kejadian ngedrop kemaren itu, takut ga kuat. Tapi show must go ooon! Gue bingung dresscode nya gimana, gue harus pake baju gimana, yaa maklum lah pengalaman summit attack pertama hehehe.
Akhirnya setelah disaranin sama Eko, celana yang gue pake gue lapisin dengan celana raincoat Avtech-nya Bapak yang berwarna biru, kaos gue dilapisin jaket Rei-nya Bapak juga, serasa dihangatkan dan ditemani Bapak :3 Plus sarung tangan biru gue sama masker dari Trizar, gue kebagian yang warna abu polos, Menu kebagian yang unyu tuh ada totol-totolnya gitu, tapi dia pake slayer buat nutupin mulut sama hidung. Terus Trizar bilang ke gue, "Nu, ntar di puncak ingetin gue solat subuh ya." "Oke." kata gue.
Makan dan siap-siap. Liat mata Trizar, keliatan
ngantuk banget ya  :O
Sambil makan, Trizar tiba-tiba bilang, “Nih soundtrack kita buat perjalanan ke puncak.” Lalu dia pun memutarkan lagu jingle-nya iklan Djarum Super My Great Adventure itu dari hp-nya. Gue langsung wuwuwu, terharuu, semangat, dan gimanaa gitu yah. Terus kami denger lagu-lagu lain dari hp-nya Eko, termasuk lagu yang agak apa ya, agak lucu siih kalo didenger lagi situasi kayak gini. Eko muterin lagu jihad gitu, gue sama yang lain ngakak dengernya. Muternya berulang kali lagi, sumpah geli kalo lagi dalam keadaan kayak begini, kami udah siap mau summit attack, awalnya lagunya udah keren kan tuh, Djarum Super, ehh tiba-tiba lagu jihad, gak nyambung dan gak pas gitu suasananya. Lagian Eko punyaa aja lagu kayak gitu bhahaha.
Abis makan, kami nyiapin bekel buat perjalanan ke puncak. Beny bilang "Lu pake tas stroberi unyu lu aja, gapapa." Sip! Jadi tas kain nan unyu ini akan gue bawa sampe puncak Rinjani! Hehehe. Tapi biar ga jomplang-jomplang banget sama backpack pendaki lain, gue bakal tutupin si unyu pake coverbag haha. Masing-masing bawa minum sebotol, yang punya Sigg ya Sigg-nya dipake, sisanya pake botol air mineral NiTiBi hahaha, susu kental manis saset, gue bawa sisa cokelat yang emang ditaro di carrier gue, dan tentunya kamera masing-masing :D
Beres pake kostum dan nyiapin bekel, kami beres-beres carrier sama tenda. Tendanya mau kami pindahin ke Plawangan Sembalun. Sisa jeruk yang kami bawa masih ada lima, kata Eko masing-masing bawa satu, tapi gue takut mules, jadi ga mau bawa.

beres-beres
Eh pas gue lagi rapiin matras, jeruk jatah gue ngegelinding ke bawah, ke depan tenda yang emang turunan dan hilang dengan sekejap. Gue cuma bisa bengong, ga kepikiran mau ngomong apa ke orang-orang, kram otak juga kayanya zzz, jadi gue diem aja, memasrahkan jeruk itu hahaha. Jam 2 kami selesai rapiin carrier dan tenda terus kami jalan ke Plawangan Sembalun buat mindahin tenda.
Sekitar setengah jam kami sampe di Plawangan Sembalun, langsung nyari porter yang tadi malem udah janjian sama Beny Eko pas mereka ngambil air, buat nitip tenda. Di deket warung gitu, kami bangun lagi tenda yang cuma dilipet doang, rapiin tendanya, masukin carrier ke tenda, iket sleting tenda pake tie rep (gue ga tau spelling nya gimana haha) dan siap. Tas stoberi unyu gue udah siap, Menu sama Beny bawa daypack mereka masing-masing, Trizar sama Eko bawa tas slempang kecil mereka masing-masing.
Di situ aktivitas para pendaki udah rame, porter yang masak, pendaki yang lagi siap-siap, termasuk gerombolan Singapura itu udah baris di jalur start ke puncak. Kami berlima ngelingker di samping tenda kami, dan berdoa. Abis doa dan membisikkan kalimat sakral, 'Pasmalima-Jaya' kami mulai jalan, jam 2:35 pagi. Kami ngeduluin rombongan Singapur yang masih ngumpulin anggota mereka.
Jalannya berbatu-batu, di kanan-kiri jalan tuh batu tebing gitu, tapi jalannya sendiri masih lumayan gampang. Tiba-tiba Eko inget kalo tripod ga kebawa, jadi dia balik lagi ke tempat camp, kami berempat lanjut jalan. Ternyata lumayan rame yang udah naik, banyak bule lagi, rombongan Singapur juga udah jalan. Ga lama jalan, trek nya mulai berpasir, susaah banget jalannya. Naek 3 langkah, turun 1 langkah, jadi kerasa lumayan panjang. Beny jalan paling depan dan di depan gue, tapi tiba-tiba dia ilang. Eko udah gabung lagi. Jadi kami jalan berempat. Kami salip-salipan sama rombongan Singapur (lagi) dan sama bule-bule. Kalo gue lagi istirahat dan mereka mau lewat, mereka nyapa "Pagi."
Trek pasir awal, hosh hosh
Di jalan pasir ini gue banyak jalan di depan, mungkin semangat kali ya haha, udah gitu kan ga bawa carrier juga, jadi bebannya ga terlalu berat. Gue jalan di depan, mereka agak jauh di belakang, tapi tetep nungguin, ga berani juga sendirian-sendirian banget mah, masih gelap soalnya, jalan ke depannya ga keliatan.
Treknya lanjut ke jalan punggungan. Damn, kerasa banget itu angin gegelebugan, dan ingus gue bercucuran -___- Di sini jalannya udah tanah padet lagi, udah nggak berpasir-pasir lagi. Gue, Menu, Eko jalan bertiga setelah disalip besar-besaran sama rombongan Singapur di akhir trek pasir, Trizar agak ke belakang. Menu jalan paling depan, gue di belakang Menu. Lama-lama gue makin jauh sama Menu, kayanya energi sama semangat gue terlalu dihabiskan di trek pasir tadi haha. Di jalan gue sempet rada takut juga, pas Menu udah ga keliatan di depan, terus di belakang gue pun ga ada orang, cahaya headlamp pun ga ada. Gue diem aja, ga berani lanjut, mana angin kenceng banget, eh terus dari depan ada cahaya headlamp, baru berani jalan lagi.
Kami beberapa kali istirahat, setiap gue mau duduk pasti Menu udah duduk duluan, duduknya di balik batu biar ga kena angin yang berhembusnya dari kiri kami. Gue ikut duduk, minum, napas. Terus Eko dateng, terus agak lama Trizar dateng. Kata Eko, Trizar agak drop gara-gara ngga tidur tadi, sibuk masak dan masak. Kami tidur-tiduran, dilewatin beberapa orang, terus jalan lagi. Gitu terus beberapa kali. Sepatu Yoga yang dipake Menu udah lebar banget mangapnya, batu sama pasir banyak yang masuk.
Hari sudah mulai terang sedikit demi sedikit. Jam setengah 6 kami masih di jalur punggungan. Puncaknya semakin jelas keliatan. Kayaknya sih udah deket. Dan di sinilah akhirnya gue, Menu, sama Eko ketemu sunrise, sekitar 3/4 trek punggungan itu, kami istirahat. Menu sama Eko tidur di balik batu lagi, gue duduk di samping Menu.
Hampir sunrise :)
Entah kenapa gue ga berani tidur, takut ilang atau takut kebablasan hahaha. Matahari udah mulai muncul sedikit, langit mulai berubah warna. Trizar datang, katanya dia abis solat shubuh, dan gue pun baru inget gue belom solat, padahal tadi kan Trizar yang minta diingetin, eh malah gue yang lupa haha. Jadi gue solat dulu, pake kostum yang melekat di badan gue, kata Eko sama Trizar udah ketutup ini semua anggota badan gue. Abis gue solat, kami foto-foto.
Foto menanti sunrise. Puncak di belakang kami :D
Dari situ Segara Anak mulai keliatan, karena udah terang juga, kami gantian foto-foto dengan background Segara Anak.
our first pics with Sagara Anak from above
Terus kami bikin video lagi hahaha, diiringi suara angin yang amat heboooh sekali. Puas menghibur diri sekalian dokumentasi, gue pengen lanjut, yang lain masih pengen istirahat, jadi gue disuruh jalan duluan.
Headlmap udah gue masukin ke tas, gue jalan di trek punggungan yang ga beres-beres itu. Semangat gue naik lagi, setelah solat shubuh kayanya ya haha. Dari sini, gue kira kan puncaknya ga jauh lagi, soalnya tadi juga dari tempat tadi kami istirahat keliatannya deket. I kept thinking that the peak would be after the big rock atau abis belokan, tapi gue ketipu terus-terusan, again and again and again. Gue nengok-nengok ke belakang, mastiin mereka udah jalan dan masih di belakang gue. Setelah lumayan jauh dari tempat istirahat tadi, gue istirahat. Nggak lama gue duduk, Eko nyampe di tempat gue istirahat. Dua bar cokelat yang gue bawa kami bagi empat. Abis bagi cokelat, gue jalan lagi, Eko mau nunggu Menu sama Trizar katanya.
Ga lama pisah dari Eko, treknya ternyata berganti. Pasir-kerikil-batu jadi pijakan yang bisa gue injek. Jalannya sempit, kanan-kiri itu langsung jurang atau lembah atau apapun lah itu namanya, kemiringannya treknya nggak banget, luar biasa curam jalannya dan anginnya masih heboh banget. Segara Anak makin keliatan jelas dari situ. Dari semua jenis trek ke puncak, kayanya ini yang paling awful. Awal-awal, gue stres banget jalan di situ. Merosotnya jauh lebih parah daripada waktu di jalan pasir yang di awal itu.
Niiih jalannya niiih!
Beberapa kali gue ketiup angin, oleng, padahal samping tuh lembah yang dalem banget, saking takut ketiup gue jalan setengah ngerayap. Hampir nangis saking kesel dan capenya. Gue mutusin istirahat lagi, padahal belum lama istirahat sebelum masuk trek ini, udah gitu juga waktu di trek punggungan sejak ketemu sunrise itu gue jarang banget istirahat. Pengen cepet nyampe karena ngira puncaknya udah deket. Gue duduk nyender ke batu besar di sisi tebing, gue pikir yah sambil nunggu Menu, Eko, Trizar juga kan. Gue ngeliatin jalan, kan emang gue nyender ke batunya ngadep ke trek punggungan.
Coba mana mereka bertiga? Ngga ada loh
Mereka bertiga ngga keliatan sama sekali. Gue laper, ngeluarin susu kental manis dari tas, gue sedot-sedot. Udah nambah lagi tenaganya, lanjut jalan lagi, setengah ngerayap lagi. Treknya sebenernya ga lebih panjang dari trek punggungan, cuma kecuraman sama permukaannya itu yang sulit.
Foto menghibur diri :p
I kept glancing to my back, made sure they're still behind me, but I couldn't see them. Gue mulai ragu mereka masih lanjut apa nggak. Gue duduk lagi, istirahat lagi, dan mulai ngerasa ngantuk. Gue nyender ke batu yang lumayan gede dan gue pun tidur. Gue mimpi naek pesawat -___- Begitu mulai mimpi, gue langsung bangun, half-surprised ternyata gue bisa tertidur juga, padahal tadinya nggak berani, apalagi ini jalan sendirian. Setelah minum dan ngabisin susu saset, gue jalan lagi. Hap hap hap, srokkk. Hap hap hap, srokkk.
Gue nengok ke belakang sekali lagi dan akhirnya yakin Menu, Trizar, sama Eko bener-bener nggak ngelanjutin perjalanan ke puncak. Gue jadi agak sedikit ragu dan takut juga karena menghadapi fakta bahwa gue bakal jalan sendirian. Dan gue inget Beny, pasti dia udah nyampe, semoga dia belum turun, biar ada temen dan ada yang fotoin gue di puncak juga gitu ehehe. Di jalan gue mulai papasan sama bule-bule yang udah turun dari puncak. Tapi masih banyak pendaki lokal yang masih jalan menuju puncak, as well as some Singaporean girls.
Dan tepat jam 8.15 di jam gue, gue ngeliat seseorang yang familier lagi jalan ke arah gue dari atas, damn, it's Beny! Dia udah turun. Gue spotan kepikir, "Yaah, siapa yang fotoin gue di puncak dong ntar?" Hehehe. Begitu ngeliat gue, Beny langsung duduk di samping batu, gue nyamperin. "Masih jauh ngga Ben?" Gue langsung nanya. "Tadi gue dari sini sekitar sejam, tapi tadi gue tidur dulu." Oalaaa, sejam lagi?! Jadi yang tadi gue liat DEKET dari trek punggungan itu apa? Ini gue jalan udah jauh dan ternyata nyampe sini pun masih sejam lagi. Gue langsung termenung, terus ngobrol-ngobrol dulu. Terus Beny ngomong lagi, "Lu lanjut lah Nu, udah deket, worth it ko, serius deh." Gue masih mikir. "Percuma lu jauh-jauh ke sini tapi lu ga nyampe puncak. Gue juga mikir gitu. Mending gue bantuin proyek temen gue di Papua kalo gue nggak nyampe puncak mah." "Oke Ben. Gue lanjut." Beny ngasih minum dari Sigg-nya yang katanya hasil minta ke bule. Oke, botol air mineral NiTiBi gue sudah terisi lagi, cokelat sisa dua potek, dan gue pun jalan lagi. Penuh semangat lagi. Tetep ber-hap-hap-srok, dan hidung yang berderai ingus yang kayak air mata.
Gue salip-salipan sama dua rombongan, yang gue ngeh. Rombongan cewe-cewe Singapur itu, berempat. Sama pendaki lokal berempat juga tapi itu gue ga tau berapa cewe berapa cowo soalnya tiga orang pada mukanya pada ditutup masker atau kain jadi ga keliatan. Salah satu pendaki lokal itu nyapa gue, mereka tau gue rombongan Bogor. Gue pun cerita kalo tiga temen gue sepertinya ngga lanjut sampe puncak sedangkan yang satu lagi udah nyampe puncak dan turun. Si mas yang bertopi pet dan bercelana pendek itu pun menyemangati gue dan bilang sampe ketemu di puncak. Oke masnya!
Gue jalan hampir tanpa berenti, mumpung masih ada tenaga dan ada semangat. Kalopun berenti cuma berdiri di tempat, terus lanjut jalan lagi sambil sesekali ngemut cokelat. Yang paling seru itu – buat gue doang sih kayanya haha – pas gue salip-salipan sengit banget sama keempat cewe Singapur itu haha. Mereka awalnya di depan gue, gue ngikutin jalan mereka, eh lama-lama gue gatel pengen duluan, yaudah gue nyalip. Ga lama abis nyalip gue keabisan napas, berenti dulu. Eh kesalip lagi sama mereka. Gue jalan lagi, dan kaya tadi lagi, ngikut di belakang, gatel, nyalip lagi. Tapi gue ga mau disalip lagi, jadi gue jalan terooos sampe mereka ketinggalan jauh di belakang gue. Horeee hahaha.
Gue ngeliat ke depan, trek laknat ini sebentar lagi bakal selesai. Tapi biar gue ngga tau persisnya, biar ngga gendek kalo ngeliat lagi ternyata masih jauh, gue jalan nunduk terus sampe akhirnya, kerikil, batu dan pasir itu hilang! Senengnyaa bukan main. Gundukan tebing puncak udah di depan mata banget. Tapiiii, yang nggak banget se-nggakbanget-nggakbanget-nya adalah, gue mules parah dan pengen pup banget pas trek itu habis. Ya ampun, ngga mungkin kan gue gali-gali di situ, lahan terbuka banget, mamayukeroo. Terus gue berusaha mengalihkan otak gue dari hasrat ingin pup itu. Gue ngeluarin kamera dan foto-foto trek kerikil-batu-pasir itu, foto tebing di samping puncak.
Foto pengalih perhatian
Alhamdulillah, lumayan mereda mulesnya. Gue lanjut jalan, di antara batu-batu. Set set set. Naik sedikit, naik sedikit, ketemu sama mas-mas yang lagi tiduran, gue ngga ngeh dia rombongan mana, tapi kayanya sih salah satu dari rombongan yang salip-salipan sama gue tadi. Dia bilang “Wah, nyampe sini juga mbak. Temennya tadi udah turun.”
“Iya mas, tadi saya ketemu di jalan hehe.”
“Nanti turunnya bareng aja mbak, sama kita-kita, daripada sendirian.”
“Oh iya, boleh. Saya mau ke sana dulu ya mas.”
“Oh iya iya. Rame di sana, jadi saya tiduran di sini.”