Tuesday 10 January 2012

Day 4 – Selasa, 18 Oktober 2011

Tidur kami malam itu ditemani angin yang luar biasa heboh. Trizar sama Eko tidur di luar tenda. Gue kebangun beberapa kali, dan setiap kebangun pasti ngedenger suara mereka lagi heboh benerin flysheet lah, ketawa kedinginan lah.
Paginya di tempat camp kami angin masih lumayan besar. Kami ngecamp agak lumayan di atas tempat camp orang-orang. Danaunya juga di bawah kami, Trizar pasang webbing untuk jalan turun ke bawah, ke pinggir danaunya, soalnya turun-naiknya lumayan tinggi.
jalan turun ke danau dari tempat camp kami
Di kejauhan, di tempat camp orang-orang Singapura, gue liat mereka udah siap mau turun, sayang banget ya ngga menikmati keindahan Sagara dulu. Ngga lama, Eko sama Trizar bilang mau mandi air panas, katanya sih sejam dari situ, gue kecewa, tadinya pengen juga, tapi kalau jalannya sejam sih ya lumayan jauh. Setelah mereka berdua berangkat, Beny mancing ke bawah, gue sama Menu ngaso di teras tenda, kelaparan. Menu pengen sosis bakar, jadi gue ngobrak-ngabrik plastik makanan, ngambil sosis, nyalain kompor terus bakar sosis. Abis makan sosis, kami masak supkrim karena masih lapar, eh supkrim instan yang kami masak itu menggumpal hahaha. Abis masak sama makan kami foto-foto di jalan ke arah tadi Trizar sama Eko pergi, tapi masih ngga jauh dari tenda. Di situ tanahnya bekas kebakar gitu, tanahnya ditutupin abu yang udah kering.
self-timer

Setelah mati gaya, balik lagi ke tenda, Trizar sama Eko udah pulang, gue pikir segitu lama ya kami berdua foto-foto, tapi ternyata tempat mandinya itu deket banget. Beny juga udah ke tenda lagi dan kami berdua dicengin gara-gara supkrim gagal itu hahaha. Terus Menu ngajak gue ke air panas, jadi gue sama Menu siap-siap terus turun, ternyata jalannya ada persis di belakang tenda kami dan jalannya juga jelas. Kami berdua turun ngikutin jalan, ketemu porter yang keliatannya mau ngambil air, dia nunjukin jalan ke air panas, sedangkan dianya turun terus ke bawah buat ngambil air. Gue sama Menu kegirangan liat kolam-kolam air panas di bawah, buru-buru lari ke bawah. Di situ ada yang bangun bivak gitu, kakek-kakek yang ada di dalemnya.
kolam pertama yang kami temukan
Kami nyamperin kolam yang paling deket, Menu langsung nyelupin kakinya, katanya ga panas, gue ikut nyelup. Kolam di sebelahnya agak berasap, Menu pindah ke situ, gue masih main di kolam pertama. Di situ ada dua orang-orang mas-mas yang lagi mandi-mandian juga. Satunya rambutnya pendek, pakai celana pendek, jaket biru, yaa biasalah, ga ada yang aneh sama si mas yang itu. Satunya lagi rambutnya gondrong, orangnya agak kurus, kulitnya gelap, rambutnya panjang bergelombang, dan kalo diliat-liat lagi, mirip Ki Joko Bodo hahaha .
Gue pindah ke kolam satunya lagi, angetnya pas. Di kolam itu juga ada pancurannya, gue cuci muka pake air pancuran, hangat segar. Sebenernya lihat si mas berdua itu mandi celupin badan ke kolam, gue pengen banget mandi juga, tapi Menu ga boleh mandi di situ, soalnya lagi halangan, katanya kalo orang yang lagi halangan ga boleh mandi di situ, karena kolamnya itu dipake buat ritual keagamaan. Nah, gue ngga mau nyelup-nyelup sendiri kaga ada temennya. Jadi kami cuma nyelupin kaki aja, lumayan anget-anget buat kaki pegel abis jalan seharian kemaren.
Gue ngerendem kaki, cuci tangan. Eh terus Menu nyalon, cuci muka, cuci kaki, dikeringin, terus pake sunblock. Bah, gue jadi kepengen, jadilah kami berdua salon-salonan di situ hahaha sambil ngobrol juga sama si mas yang berdua tadi. Pas kami lagi asyik nyalon, ada tiga orang lagi dateng, satu mbak dan dua mas-mas. Mereka berdiri-diri di pinggir kolam terus si mbak nya nyamperin kami, Menu ngajak si mbak nya maen di kolam yang lagi kami pake. Si mas-masnya sama si Ki Joko dan temennya itu.
Si mbak-nya kayanya udah niat mau berendem deh, begitu masuk kolam, dia langsung nelep sampe leher, beuuh, mantep tuh kayanya, pengeeen hahaha. Gue ama Menu mupeng aja liat si mbak nya. Terus kami ngobrol-ngobrol, mereka itu rombongan Blitar, terus kenal juga ternyata sama Mbak Nitta, ini emang Mbak Nitta nya yang terkenal, ya maklum, semacam kuncen Rinjani si Mbak Nitta tuh ehehe.
--Dan setelah gue pulang ke rumah terus temenan sama orang-orang yang baru kenal ini di facebook, gue baru ngeh kalo si Mbak Blitar ini ternyata mbak-mbak yang fotoin gue dengan slayer Pasma pas di puncak kemaren. Dan rombongan Blitar itu rombongan yang salip-salipan sama gue selain cewe-cewe Singapura itu hahaha.--
Si Mbak Blitar bener-bener mandi di situ, sabunan, sampoan, puas deh si mbak nya itu. Abis mandi, mereka semua langsung cabut, gue berempat lagi di situ sama Menu dan si dua mas-mas. Gue sama Menu juga udah beres nyalon, terus pengen foto-foto, pertamanya foto gantian-gantian, terus pengen foto berdua, terus minta tolong deh sama si mas yang duaan tadi. Si mas Ki Joko masih ngeringin badan, jadi mas yang satunya lagi yang fotoin kami, hehehe lumayan ada foto berdua.
difotoin si mas jaket biru
konon katanya kolam paling panas
Terus kami foto-foto gantian lagi, pas asyik foto ehh monyet-monyet pada nongol lagi, kayanya emang jam segitu tuh jamnya monyet pada turun ya, mulai dari jam setengah 10 lah.
baru muncul tiga
Gue sama Menu panik, tadinya abis foto-foto mau balik, nyalonnya udah beres. Eh jalan baliknya di blokir ama tuh monyet-monyet, gue riweuh teh sama si Menu, atuh monyetnya juga kayak nyalak gitu kalo anjing mah. Akhirnya gue sama Menu balik ke tenda ngekor si dua mas-mas tadi. Sumpah monyetnya horor, melototin kami berempat, si mas yang mirip Ki Joko pake ngaget-ngagetin lagi kan -___-
Kami berda balik ke tenda setelah Menu salah jalan ngikutin si masnya lurus, sedangkan ke tenda kami agak belok. Eko, Beny, Trizar lagi pada mancing di bawah. Gue sama Menu jemur-jemur daleman, celana, kerudung. Abis jemur-jemuran, kami laper, Menu sok-sok bikin semacam seafood di-orek kaya tempe, tapi keasinan - gara-gara gue, jadi gagal lagi hahaha.
test
Sambil masak dia bilang pengen liat foto yang di kamera Eko, gue juga. Gue teriak-teriak dari atas, 'Ko, pinjem kamera lu dong! Mau liat foto!' Eko nyaut, 'Ambil sini.' Gue turun nyamperin Eko pake webbing yang tadi dipasangin sama Trizar, lumayan nyebelin tuh turunnya.
Setelah mendapatkan kamera yang diinginkan, gue balik lagi ke atas dan langsung liat foto sama Menu, paling awal keluar ada foto Eko sama Trizar barusan pas mandi, eh ada foto yang agak-agak haha. Posenya Eko itu loh, yaa gitulah pokoknya. Gue sama Menu ngakak aja. Bekas supkrim gagal sama oseng seafood asin hasil karya gue sama Menu masih nyisa, kami makan lagi terus turun ke pinggir danau buat nyuci piring dkk.

nyupir di pinggir danau
Mereka bertiga masih pada anteng mancing, gue sama Menu nyuci piring sambil nyanyi-nyanyi (lagi). Kami nyanyi Lazy Song-nya Bruno Mars, di mana kami berdua ngga apal liriknya, pokonya I feel like doing nothing at all lah. Beres nyuci piring, kami balik lagi ke atas. Beny, Trizar, sama Eko juga pada lumayan pegel kali ya jongkok terus tapi ga dapet-dapet ikannya. Selain itu, kami emang mau pindah tenda ke bawah karena ternyata di bawah sana masih banyak space buat ngecamp.
Pas lagi packing, kami disamperin dua orang mas-mas, mereka temennya si Ki Joko tadi, ternyata Eko juga udah ketemu dan udah kenalan sama mereka. Mereka berdua bantuin kami pindah ke bawah. Kami bangun tenda ngga jauh dari tenda mereka, persis di depan danau banget, cantiiiik banget Segara Anak itu ya.
tenda kami dan tetangga dari jauh
Pas lagi beres-beres tenda, ada yang samlekum samlekum, eh Mba Nitta udah nyampe aja. Terus ngobrol-ngobrol dulu aja, Mamat juga ada, mereka katanya ngga jadi ke puncak, cuacanya ngga memungkinkan, anginnya kenceng banget, yaa kebayang sih, kemaren aja gue udah kaya kincir angin begitu, jalan sambil terbang-terbangan. Pada ngomong Bahasa Jawa, gue protes aja roaming, gue bisanya Bahasa Sunda. Terus nongol satu lagi temennya Mba Nitta yang kemaren pas kenalan gue malah tidur jadi belom kenal haha. Kata Mba Nitta, “Nih yang ngerti Bahasa Sunda mah.” Lalu muncul lah Desmon.
Mba Nitta nyuruh kami pulang besok siang aja, dari rencana awal kami besok pagi udah mau turun ke Senaru. Mba Nitta ngajak kami besok mandi di air panas lagi. Tergoda sih, apalagi tadi kan kami cuma cipak-cipak dikit doang. Abis ngobrol, mereka bertiga balik lagi ke tenda mereka, Trizar masak, gue sama Menu foto-foto :D
Trizar beres masak, kami makan siang. Pas gue lagi beresin bekas makan, di luar teras tenda ada berisik-berisik, terus tau-tau Beny naro sepiring nanas yang udah dipotong plus satu buah mangga apel utuh di atas matras teras tenda. Ternyata dari tetangga sebelah, si mas-mas yang berisik tadi. Gue takut di racun, muahaha ngga deng, gue makan satu, yang lain juga pada makan. Mangganya masih utuh.
Abis makan, Beny sama Eko pada mancing lagi. Gue sama Menu ke ujung pinggir danau yang masih bisa dipijak. Si gerombolan mas-mas yang tadi bantuin kami pindahan lagi pada mancing di sana, ada satu porter yang juga lagi mancing.
ujung danau
Di situ ada bangunan yang sepertinya dulunya toilet, tapi udah rusak dan udah banyak coretannya. Sebenernya dari kemarin juga, gue banyak banget nemuin batu yang jadi korban vandalisme.
bekas toilet
Gue sama Menu foto-foto lagi, terus ngobrol sama si bapak porter yang lagi mancing. Ngomongin macam-macam lah, dari mulai gunung yang ada di hadapan kami, Gunung Baru Jari yang unyu tapi sangar itu terus ngomongin turis dll lah. Gue betenya, tiap si Menu ngomong dikomentarin mulu sama si mas-mas itu, adaa aja yang dikomen, gue diem aja, cuma sesekali nimpalin doang.
Lama-lama Menu kayaknya cape juga dikomen mulu, akhirnya kami berdua balik ke tenda. Di tenda cuma ada Trizar sama Eko, terus Menu ngajak gue nyamperin tenda Mba Nitta sekalian minta gula pasir soalnya kami keabisan stok haha. Kami ke tenda Mba Nitta, minta gula segelas. Terus dari situ keliatan Beny yang lagi mancing. Kami nyamperin, eh ternyata udah dapet ikan dua ekor haha. Yang satu ikannya di taro di plastik sebelah tempat Beny duduk di atas batu, yang satunya lagi ditaro di tanah dan keinjek sama gue, mana masih idup kan, kasian -___- Gue sama Menu bawa tuh ikan balik ke tenda, dua-duanya masih idup, gegelitikan di dalem plastik yang gue pegang.
Nyampe tenda, Eko minta gue cuci ikannya, karena telah dengan bodohnya menginjak ya gue cucilah itu dua ekor ikan imut. Gue cuci di danau, sekalian bersihin sisiknya juga. Berasa ibu-ibu di desa gitu, nyuci ikan pinggir danau. Abis nyuci ikan, gue duduk-duduk di teras tenda sama Menu, ngobrol-ngobrol, Eko mancing lagi, Trizar tidur, udah sekitar jam 4 sore. Eh terus gue ngantuk juga, awalnya tiduran di teras tenda, terus disuruh tidur di tenda sama Menu, tapi si Trizar tidurnya melintang, ngabisin tempat banget -___- Gue ngeringkuk aja di pojokan di samping carrier-carrier. Bangun-bangun udah sendiri di tenda, dan udah setengah 5. Gue keluar tenda, orang-orang lagi pada di ujung danau tempat tadi gue sama Menu ngobrol sama porter.
Trizar balik ke tenda, ngambil apa gitu, terus gue nyamperin mereka. Menu bilang mereka tadi foto-foto. Terus gue bilang mau foto juga. Dan sore itu bener-bener kami habiskan dengan foto-foto ala iklan Djarum Super.
my favourite pic!
Gue sama Menu juga konser di pinggir Segara Anak, nyanyi Lembayung Bali dengan lirik yang salah terus-terusan dan direkam sama Eko, jadi semacam syuting video klip gitu hihihi. Dan semuanya kebagian foto lagi mancing hahaha
keliatan mana yang bisa mancing mana yang gaya doang :p
Cape foto-foto, suhu udah mulai dingin, dan hari mulai gelap, kami berlima balik ke tenda, langsung siap-siap masak. Tiba-tiba kami dapet kiriman dari tetangga sebelah lagi, selusin ekor ikan -___- banyak banget itu mereka dapetnya kata Beny mah. Gue nyuci nisting bekas nasi, tadinya parnoo banget air danau bakal dingin, mau wudhu aja gue nunggu Trizar dulu, kalo ternyata ngga dingin baru gue mau juga haha. Dan ternyata emang ngga dingin pas nyentuh air, cuma emang pas solatnya dingin, tapi berhubung gue pake mukena, jadi malah anget hahaha.
Masak nasi beres, kami bakar ikan yang yang tiba-tiba beranak pinak tadi haha. Menu sama Beny ke tenda Mba Nitta, balikin gelas yang tadi dipake pas minta gula. Gue, Eko, sama Trizar bakar ikan. Anginnya  labil, ke sana sini, gue riweuh sendiri ngindarin asep haha.
bakar ikaaan!
Ikan udah mateng, Menu sama Beny udah di tenda lagi, dan kami pun makan ikan bakar :9 Abis makan utama, kami makan mangga apel yang tadi dari tetangga sebelah. Gue ngupasin doang tapi, gue beres ngupas, mangganya udah abis -___- Tapi gue emang ngga berminat sih, takut kontraksi lagi hehe.
Abis makan, Beny masak supkrim buat tetangga sebelah yang dari tadi ngirimin makanan mulu ke tenda kami. Beny nyamperin mereka terus dia sama Eko menghilang sekitar sejam, diem di tenda mereka. Katanya sih mereka orang Mataram sama Makassar, anak mapala. Kami yang di tenda nyanyi-nyanyi dengan lagu dari hp gue ceritanya mah latian nyanyi buat konser lagi besok, dan beberapa kali curcol haha. Beny sama Eko balik ke tenda, gue sama Menu masih nyanyi-nyanyi dan Eko muterin lagu jihad lagi -___- Terus kami ngomongin rencana besok pagi terus tidur, gue, Menu sama Trizar sih yang tidur duluan. Eko sama Beny masak-masak lagi.