Wednesday 11 January 2012

Day 1 – Sabtu, 15 Oktober 2011

Abis dari rumah gue, kami balik lagi ke rumah Beny. Sampai di sana langsung pada packing. Gue agak bingung karena ngerasa udah beres packing dan ga tau harus ngapain lagi. Tapi ujung-ujungnya gue tetep bongkar juga. Trizar nyuruh gue sama Menu bawa parafin.
packing packing
Semangat packing mulai mereda sekitar jam 2an, Trizar tidur, Eko ditemenin Ory balik lagi ke rumahnya ngambil beras dan sepatunya Yoga yang ketinggalan di rumahnya, Menu ngirim tugas kuliahnya dibantu Yoyo di kursi depan, gue udah meng-give-up-kan packingan gue karena udah beberapa kali bongkar pasang. Menu nyuruh gue mandi, tapi karena saat itu jam setengah 3, jadi gue males mandi sepagi itu, dingin sih nggak, tapi perasaan aneh aja gitu. Meskipun akhirnya gue mandi juga setelah disuruh juga sama Beny.
Abis mandi gue balik lagi ke ruang depan. Tinggal Menu sendirian di situ. Setelah bicara-bicara sedikit, gue minta tolong Menu potongin rambut gue karena memang sebenernya gue juga memang pengen potong rambut. Well, kinda weird thing, potong rambut paling pagi yang pernah gue alami haha. Abis motong rambut gue, Menu tidur. Gue masih ngipas-ngipas rambut biar cepet kering karena sekalian keramas juga. Udah lumayan kering, gue langsung pake kerudung lagi. Jam setengah 4 gue tidur. Pas banget gue kehilangan kesadaran, listrik mati. Yak, langsung lah, blup, mata gue merem.
Jam setengah 5 gue kebangun sama adzan shubuh, tapi terus merem lagi. Ga nyampe 10 menit Beny gebah-gebah ngebangunin gue sama Menu. Gue langsung duduk dan ngumpulin nyawa. Menu lanjut tidur. Gue nyamperin carrier gue, dan ternyata udah ditambahin barang sama Beny Eko, mi, gula, dan 5 kotak plastik mustopanya Menu. Mustopa itu adalah kentang yang dikeringin, gue ga ngerti kenapa namanya jadi mustopa, Menu yang nyebutnya gitu, gue sih selama ini taunya itu adalah kentang kering aja haha.
Jam 5:15 setelah gue shalat shubuh, gue, Menu, Trizar, Beny, Yoyo, Ory berangkat. Oh iya, Eko sama Ory pas gue tidur tuh udah di rumah Beny lagi, tapi terus Eko balik lagi ke rumahnya gara-gara sepatunya Yoga lagi-lagi ketinggalan. Di depan Gang Mitra Cilendek, Eko sama Ory tuker tempat, Ory pulang dengan lambaian semoga sukses buat tim. Lanjut jalan sambil celingak celinguk nyari warteg atau apapun tempat makan yang udah buka soalnya kami mau sarapan dulu. Baru nemu di daerah Malabar, jadi makan dulu lah di situ. Gue sama Menu makan telor ceplok, yang lain gue lupa pada makan apa hahaha. Beres makan, loncat sedikit nyampe pool Damri. Langsung beli tiket, masukin tas ke bagasi bus, salam-salaman dan dadah-dadahan sama Yoyo, terus naik ke bus. Jam 6:20 bus berangkat menuju Soetta. Gue sms-sms dan bbmin orang-orang minta didoain, twitter juga rame sama yang ngucapin good luck hehe.
left side
Sampai di bandara tepat 1 jam kemudian, muter-muter ke beberapa terminal dulu. Sampe di terminal 1A jam 8 kurang, print e-tiket terus langsung masuk dan cek in. Tiap carrier ditimbang buat dimasukin ke bagasi. Hasilnya: pertama punya gue yang ditimbang, 10.2 kg, kedua punya Beny: 10.2 kg, ketiga punya Trizar: 11.9 kg, Eko: 10.6 kg, Menu: 10.4 kg plus sekumpulan matras kami: 5.1 kg. Yak, bisa ditebak kan siapa yang bawa tenda haha. Pas punya Trizar ditimbang, semuanya ketawa haha. Beres cek in, bayar airport tax, naik deh ke ruang tunggu gate 5A. Lumayan penuh, tapi masih dapet tempat duduk. Sambil nunggu boarding, kami ngobrolin tentang rencana perjalanan ntar, nyampe puncak hari apa, berapa hari di gunungnya, turun ke Gili Trawangan kapan dsb dsb. Terus kami foto-foto ga penting yang penting dan mahal banget harganya :)
Ga terlalu lama kami nunggu, jam 9 pas di jam gue, meskipun flight kami jam 8:45, penumpang flight kami udah dipanggil buat naik ke pesawat. Di sepanjang jalan ke pesawat fotoo terus, bahkan sampai di depan pesawat juga.
naik singa
Masuk ke pesawat, dapet tempat duduk lumayan di depan karena cek in lumayan awal hehe. Trizar duduk di kiri sendiri, Beny Eko juga di kiri di depan bangkunya Trizar, tapi berdua sebelahan, gue sama Menu di kanan, gue di tengah, Menu di pinggir, sebelah kanan gue ibu-ibu.

right side
Boeing yang ini isinya kayak bus, 3-2 haha. Nunggu semua penumpang naik, dan itu entah kenapa luar biasa panasnya sampe gue kipas-kipas terus. Pesawat take off jam 9:30 tepat. Setelah setengah jam di udara, etdah ampun dah dinginnya berlebihan. Gue berusaha tidur tapi susah gara-gara kedinginan.
Sekitar sejam penerbangan, Eko manggil gue, suruh liat keluar jendela. Ada gunung! Lucu deh. Gue nanya itu gunung apa? Kata Eko, "Gunung Agung!" Wah udah di atas Bali lagi. Beberapa menit kemudian, 15 menit-an lah, pesawatnya udah ada di atas Lombok, aaa aaa :D Turun ketinggian sambil muterin pulau, entah ngapain tuh, lama banget muter-muterin pulau nya. Sempet ngeliat calon pacar yang bakal gue daki sebentar lagi beberapa kali, tapi sekilas gosong angus item gitu permukaannya.
tiga Gili
Beberapa saat kemudian mulai keliatan itu daratan Lombok yang gersang banget, kering, panas.
kering
Dan akhirnya pesawat kami landing jam 12 WITA di bandara yang pada saat itu bahkan belum diresmikan, yaitu Bandara Internasional Lombok, Praya, Lombok Tengah. Alhamdulillah.

LOMBOK!!
Keluar dari pesawat foto-foto lagi dan panaaaasnya luar biasa. Masuk ke bandara langsung ngantri bagasi, gue sama Menu kebelet pipis gara-gara kedinginan jadi kami ke toilet berdua. Beres pipis, bagasi udah kekumpul, keluar, dan jengjeng, itu bandara ramai sekali, mirip-mirip sama terminal Baranang Siang. Banyak warga yang duduk-duduk, bawa kacang, minum, semacam piknik mungkin. Pas kami keluar pun mereka kaya nontonin penumpang yang baru keluar bandara.
bandara yang seperti terminal
Kami menepi ke depan atm sambil nunggu kabar dari temennya Eko yang mau jemput kami di bandara. Sayangnya orang itu susah banget dihubungin dan kami lapar, jadilah nyari tempat makan dulu. Di sekitar situ banyak sih kafe sama tempat makan, tapi dari tampangnya aja udah mahal. Terus kami lihat satu tempat makan yang nyempil, kayanya ga terlalu mahal-mahal banget, ke situlah kami semua, troli carrier ditaro di luar, kami masuk.
Gue sama Menu beli gado-gado seharga 18ribu dan porsinya irit banget. Beny sama Trizar makan soto gitu, Eko ga makan, eh apa Beny gitu yang ga makan, gue lupa haha. Pas kami bayar bill nya, Rp180.000. Coba nih ya, aqua gelas aja 2.000, popmi 15.000, yakali deh.
Oiya, pas lagi makan ada bule nyamperin kami, dia nanya, "Are you guys going to Rinjani?" Yaa langsung deh ngobrol, dia udah pernah naik beberapa tahun yang lalu, dia juga pernah naik ke Semeru. Trizar nunjuk Beny, "He ever climbed Semeru too." Terus Beny nanya perbandingan Rinjani sama Semeru, kata bulenya, Semeru itu "More less" dari Rinjani. Beny langsung nyengir gitu. Gue cuma ngeliatin sambil manggut-manggut aja, soalnya mainan gue cuma Salak sama Gede doang hahaha.
Beres makan kami jalan ke mesjid bandara buat solat sambil nunggu yang jemput juga. Sepanjang jalan dari bangunan bandara ke masjid banyak mobil yang nawarin jasa ngangkut ke depan bandara, ada juga bapak-bapak yang neriakin kami, "Mas ke depan mas? Mau jalan sampe depan?!" Terus kami bales teriak, "Ngga pak! Mau ke mesjid." Dan itu nggak cuma sekali, ckck. Sampe di masjidnya, masih tetep banyak warga yang tidur-tiduran, ngaso di situ. Gue solat, ke tempat wudhu nya, yaiks, jorok bau dan banyak lalat. Pas gue wudhu ada anak kecil masuk ke tempat wudhu, dia ngeliatin gue kaya terkagum-kagum gitu. Apa banget lah, dikiranya gue artis hahaha. Sewaltu gue beres solat, yang jemput udah dateng, mas Dani sama mas Bayu, mereka itu temennya temen Eko.
Setelah semuanya beres solat, kami jalan ke parkiran masjid dan mindahin carrier. Lalu berangkatlah kami. Gue duduk di tengah berempat sama Menu, Trizar, dan Eko; di belakang carrier-carrier sama Beny. Di jalan bandara tuh ya, banyak truk dan pick up yang isinya orang-orang yang pada mau nonton bandara. Langsung lah orang-orang semobil pada rame komentar segala macam.
Kami cabut dari bandara sekitar jam 1. Eko bilang perjalanannya sekitar 3 jam, Menu langsung makan antimo dan tertidur 5 menit kemudian. Gue yang masih pengen ngeliatin Lombok, ga mau tidur dulu, tapi lama-lama gue ngantuk juga, tidurlah. Tapi mau tidur pun sulit, kepala gue ngadu sama kepala Menu yang tidurnya puless banget. Nggak lama, gue menyerah untuk tidur soalnya kepala gue ngadu terus sama kepalanya Menu, sedangkan dia udah pules banget, jadi gue melek lagi dan menikmati Lombok lagi. Sekitar jam 3an mas Dani minggirin mobilnya, nurunin barang-barang yang dititipin ke dia, jadi dia itu ceritanya nganterin kami sekalian ada kerjaan juga. Abis itu kami puter balik dan lanjut perjalanan.
Masuk ke daerah Lombok Timur, ngelewatin daerah Masbagik, dengan masjid bertebaran di mana-mana, kata Eko emang Lombok tuh disebutnya pulau seribu masjid, setiap belokan pasti ketemu masjid. Terus kami masuk ke jalan yang suasananya desa banget, tapi jalannya jelek, sempit, becek pula. Tetiba mas Dani ngebelokin mobil lagi, terus parkir di sebelah seekor SUV, warna putih dan platnya B. Ternyata kita mau makaan hohoho. Masuk ke rumah makan lesehan namanya Lesehan Purnama, ada kolam ikannya, banyak pohon kelapanya.
makan (lagi) dulu!
Kami duduk di salah satu pondoknya, foto-foto, gue, Beny, Trizar nulis catatan perjalanan. Nunggu beberapa menit, makanan datang, ikan bakar 9 ekor padahal kami cuma bertujuh, plecing kangkung beberapa piring, sama dua mangkok besar sayur.
fascinating late second lunch
Gue agak males makan ikan, agak kapok gara-gara tragedi nyangkut di tenggorokan tempo dulu haha. Tapi ya gimana gado-gado pelit tadi ga ngenyangin, jadi gue ambil satu ekor ikan. Pertama gigit, wuidiiih, enyak syekalii matengnya pas, bumbunya sedap, enak dah pokonya. Nyomot plecing kangkung, ngambil bagian bawahnya yang ga kena bumbunya soalnya pedes, tapi enak juga, udah mah gue suka sama kangkung kan ya hahaha.
Satu ekor ikan pun habis gue makan, Beny sama Trizar pada nambah ikan. Beres makan, bayar dong (kata Beny dibayarin mas Dani), dan hanya cuma 120ribu aja, 9 ekor ikan bakar, 6 piring plecing kangkung, 2 mangkok sayur, dan 2 bakul nasi. Jauh lebih murah dan lebih banyak daripada makan di bandara hahaha.
RAWRR
Cabut dari Lesehan Purnama jam setengah 5an. Di jalan kami nyari warung atau sejenisnya buat beli beberapa barang. Nemu toko di daerah Selong. Menu sama gue mau beli sabun cuci muka sama pantyliner, Beny beli air buat kami bawa naek nanti, air mineral mereknya NiTiBi, Eko beli minyak goreng. Menu juga beli nomer baru gara-gara provider yang dia pake ga dapet sinyal di sana buat Blackberry-nya. Gue pengen beli juga tadinya, lucu kan gitu, nomer Selong hahaha, tapi nggak jadi.
Lanjut perjalanan lagi, ngelewatin Universitas Gunung Rinjani haha, semacam keren. Sekitar jam setengah 6an kami masuk gerbang Taman Nasional Gunung Rinjani. Awalnya jalannya masih bagus, lebar, aspalnya masih mulus. Lama-lama jalannya sempit, cuma muat 1 mobil dan aspalnya ga rapi. Udah gitu nanjak-nanjak terus jalannya. Kabutnya tebeel banget, jarak pandang jadi pendek, sempet ujan juga. Makin masuk ke dalam, jalannya makin nanjak kaya ke Cidahu, dan kami pun sempet turun karena mobilnya ga kuat nanjak lagi dan udah ngebul banget mesinnya. Setelah beberapa tanjakan curam kami berenti dulu biar mobilnya - dan supirnya juga - istirahat dulu.
break
Di tempat istirahat kabutnya subhanallah banget, tebel, dingin, berangin.
lurusin kaki
Sekitar jam 6 lewat kami lanjut perjalanan, jalannya kebanyakan turunan dan sempit banget, jadi kalo ada mobil dari arah berlawanan kami harus nepi dulu. Abis itu jalannya datar tapi jauh banget. Sekitar jam 7 kami sampailah di Sembalun Lawang, yuhuu.
Eko deh kalo ga salah yang langsung ke tempat pendaftaran pendakian, gue sama yang lain nurunin barang-barang dan nunggu di luar. Eh terus masuk juga ke dalem, di tempat daftar pendakian ada miniatur Rinjani, keren, tapi gue masih belum kebayang perjalanannya kayak apa.

sedikit menggambarkan
Tetiba pas lagi asyik liat miniatur, mati listrik. Langsung pada bingung, mana gue pengen pipis kan, kebiasaan. Di situ kami berunding dikit, jadi berangkat malem itu ngga, begini-begitu lah pokoknya. Terus Eko bilang dia mau ngomongin dulu sama mas Bayu sama mas Dani, kami sisanya ganti baju aja dulu. Jadi gue, Menu, Trizar ke ruangan di sebelah tempat pendaftaran buat ganti baju dan siap-siap. Abis gue sama Menu ganti baju dengan riweuh di salah satu ruangan kecil di situ, kami semua ngumpul di ruangan besarnya, diskusi lagi. Tiba-tiba ada bunyi kresek-kresek dari luar. Trizar langsung lari keluar, Eko, Beni, nyusul. Ternyata, minyak goreng yang baru dibeli tadi sore itu digondol anjing hahaha. Yaa mau gimana lagi, ga mungkin dikejar anjingnya, jadi kami balik lagi ke ruangan. Ngobrol-ngobrol lagi sedikit. Dan akhirnya diputuskan, kami akan start jalan malam itu juga, nyicil perjalanan esok hari, sedapatnya aja, sampai cape.
Oke, deal. Jadi kami pun siap-siap, solat maghrib-isya di-jama', beli minyak lagi di warung sekitar situ. Rapiin packing-an, yang ga beres-beres. Dan kami siap! Kami naik mobil lagi, dianter lagi sampe jalan start pendakian. Padahal tadinya udah aja si mas berdua itu disuruh pulang sama kami, udah nganterin jauh banget kan, udah gitu jalannya kan horor, gelap pula. Tapi si mas Dani keukeuh mau nganterin kami. Jalan sekitar 1km-an dan sampailah di titik start pendakian, banyak ilalang gitu. Kami foto dan pamitan sama dua orang yang baru kenal nan baik hati itu. And yes, the amazing trip has begun :D
bye bye and good luck
Tepat jam 9 WITA kami mulai jalan. Trizar di depan, gue sama Menu di tengah, Eko sama Beny agak di belakang sambil ngobrol. Masih di bawah aja udah berpasir jalannya, ga kebayang di puncaknya gimana. Kami istirahat setiap sejam jalan. Jalannya nanjaaak terus, abis napas, udah gitu juga udaranya kering banget soalnya itu kan savana. Menu dan gue menjelma jadi onta, minumnya banyak.
Abis break kedua, formasi mulai berubah, gue sama Eko mundur ke belakang, Menu, Beny, Trizar di depan. Dan terjadilah, hal yang cukup unforgettable buat kami semua. Jadi gini, Trizar yang jalan paling depan tiba-tiba melihat pantulan 2-3 pasang mata di kejauhan, Trizar langsung berhenti berjalan. Menu yang jalan di belakang Trizar ngeh juga dan langsung panik lari ke belakang. Beny yang di belakang Menu spontan narik Menu biar gak lari. Eh kemudian matanya nambah banyak. Gue sama Eko udah ngumpul sama mereka, semua langsung ganti lampu headlamp, pakai lampu yang warna merah. Orang-orang pada berspekulasi, itu monyet, atau jangan-jangan anjing. Tapi sumpah ya dengan semua keriweuhan itu, gue gak lihat apa-apa, gak pake kacamata soalnya hahaha. Tiba-tiba terdengar kayak puluhan pasang kaki lari, gemuruhnya terdengar. Lah, gue baru berasa takutnya, langsung watir gerombolan hewan tak dikenal itu lari ke arah kami, gue pasrah. Eh alhamdulillah ternyata mereka lari menjauhi kami.
Setelah napas kami normal, Beny bilang, "Kayanya itu sapi." Dan sepertinya emang sapi, soalnya di sepanjang perjalanan, banyak tai sapi yang kaya di kartun itu, yang bulet, ngegumpluk dan polanya muter. Gara-gara kejadian itu gue jalan dengan parno ada hewan macem-macem lagi hahaha. Tapi untungnya udah ngga ada yang aneh-aneh lagi malam itu.
Di jalan, pas lagi salah satu break kami foto-foto sama bulan purnama, cuma Beny sama Eko doang sih haha.
Beny
Eko
Kami mentargetkan nyampe di pos 3 yang katanya ada air. Terus ngeliat ada kaya nyala lampu di kejauhan, bilangnya kalo ga nyampe pos 3 ya nyampe situ lah. Ternyata tempat itu jauh sekalilili. Dan pos 3 jauh lebih jauuuuh lagi hahaha. Dan ternyata lagi, itu bukan nyala lampu orang lagi ngecamp, melainkan kebakaran. Wew, baru kali itu gue liat kebakaran di gunung kaya gitu.
Trek di savananya itu jalannya kebanyakan muter, muterin ujung bukit, jadi panjang banget. Jam 12, setelah gue sama Menu keabisan napas dan dipaksa jalan duluan sama para lelaki, akhirnya diputuskan kami sudahkan perjalanan malam itu. Pas juga kami nemuin bangunan kaya pos dan pagi harinya kami baru tau itu memang pos 1. Kebakaran di kejauhan itu sudah mulai padam. Kami bangun tenda, gue sama Menu langsung masuk tenda, buka sleeping bag, pake sarung tangan, dan tiduur.