Sunday 8 January 2012

Day 7 – Jumat, 21 Oktober 2011

Rencana main sepeda buat liat sunrise pagi itu gagal total. Gue yang pertama bangun dan pas buka mata sudah jam 7 pagi hahaha. Bener-bener baru bangun banget, dan pulas sekali tidurnya. Menu sama Mba Nitta masih tidur di kanan gue. Apalagi para lelaki kali ya. Gue ngumpulin nyawa sambil memandangi timeline twitter hehehe.
Sekitar jam setengah 8 kedua orang di samping gue bangun. Gue ke kamar mandi, sikat gigi sama cuci muka. Abis itu gue keluar kamar, Beny sama Trizar udah bangun, pintu kamarnya udah terbuka. Desmon sama Eko masih tidur sepertinya, kamarnya sepi dan pintunya masih ditutup. Kata Mba Nitta tadi malam mereka ngobrol-ngobrol sampe jam 2.
Ngobrol dikit di depan kamar sambil nunggu Eko sama Desmon bangun. Sekitar jam 8 kami cabut mau cari sarapan dan mau main ke pantai langsung.
Muter-muter di sekitar rumah penduduk sama homestay yang di dalem-dalem dan akhirnya menemukan warung makan sederhana. Masuklah kami ke situ, langsung pesen 5 nasi campur (lagi) haha. Desmon sama Eko masih nyari penginapan buat malam selanjutnya, soalnya kami mau pindah. Pas makanan kami tinggal setengah lagi, mereka berdua datang. Katanya kamarnya lumayan luas, ada kulkasnya juga. Setelah kami semua beres makan, kami memutuskan menunda ke pantai dan pindahan dulu.
Balik lagi ke homestay pertama, packing seadanya, terus kami jalan ke tempat nginap yang baru. Sebenernya buat gue sama Trizar sih ngga ngaruh, karena sore ini kami mau nyebrang balik ke Lombok terus menginap di Mataram buat mengejar pesawat besok pagi. Nah kan, gue udah mau pulang aja huhu. Tempat menginap yang kedua ini lebih ke pelosok lagi lokasinya, tapi nggak terlalu jauh dan memang lebih enak. Ada dua kamar, cowo-cowo masuk ke kamar yang lebih besar, kami bertiga ke kamar sebelahnya.
Kami simpan barang-barang, siapin sunblock, balik lagi keluar, langsung ke pantai. Ramai sekali di jalan utamanya.
tempat beli tiket sekaligus TIC
Di jalan nemu tukang jus buah, beli jus dulu semuanya kecuali Eko. Semua beli jus mangga kecuali Desmon yang beli jus pisang. Jadi intinya gue, Menu, Beny, Trizar, sama Mba Nitta beli jus mangga, Desmon beli jus pisang, hahaha. Ini terdengar ribet ya haha. Enak juga loh ternyata jus pisang, gue nyicip dikit. Kami belok ke pinggir pantai, duduk di atas kayu pohon gitu.
minum jus dulu :D
Pantainya cantik banget, airnya biru, gradasi warnanya juga lucu, pasirnya kelip-kelip. Gue langsung pengen foto, lepas sandal, eh ternyata panass pasirnya hahaha.
pasirnya panaas haha
Kami jalan lagi, nyari tempat yang agak teduh. Ketemu tuh tempat yang lumayan teduh, lumayan rame juga. Tapi males nyari lebih jauh lagi, jadi udah deh ngaso di situ.
Beny sama Eko ngilang, mereka nyari tempat penyewaan alat snorkeling. Dan dapatlah 4 pasang masker-snorkel-fin dengan harga sewa Rp25.000 per pasang untuk satu hari sampe bosen. Gue sumringah banget liat barang-barang itu, inget latian diving, walaupun gue sering tertinggal sewaktu latihan haha. Awalnya gue acuhkan dulu itu barang-barang, gue jalan aja ke pantai, basahin legging sedikit, terus balik lagi, di pasirnya banyak batu-batu karangnya, jadi jalan juga bikin kaki sakit.
soswit yaa mereka :3
Gue ngeliatin masker-snorkel-fin, pengen pake tapi takut hahaha. Desmon, Trizar,dan Beny udah mulai berenang-berenang, abis pada pake sunblock. Menu bilang ngga mau snorkeling kalo ngga pake pelampung haha. Akhirnya setelah terkumpul sedikit keberanian, gue bawa lah ketiga benda itu ke pinggir pantai. Gue pake fin dulu, masker sama snorkel gue di sangkutin di kepala. Pengen nyebur, tapi lagi-lagi takut hahaha. Desmon manggil-manggil nyuruh gue nyebur, katanya ikannya lucu. Gue nyengir aja, masih takut haha. Abis waktu latihan diving juga gue kan bener-bener gagap gitu, takut panik lagi hahaha.
mikir dulu
Setelah merenung lama, haha, gue pun menambah sedikit keberanian dan pake masker sama masukin lubang mulut snorkel ke mulut gue. Berenang tuh dikit, baru berapa detik, panik gara-gara air masuk ke masker, langsung berdiri lagi hahaha. Malu-maluin kan, katanya udah latihan diving, sama instruktur dari PADI pula, tapi snorkeling aja takut hahaha. Terus nyoba lagi tuh, panik lagi, hahaha, kali ini gara-gara airnya masuk lubang mulut. Untung yang ikut latihan diving sama Bang Rully selain gue cuma Beny, Beny juga jauh berenangnya, jadi gue ngga malu-malu amat haha.
Gue nyoba beberapa kali lagi, lumayan tuh agak lama bertahan, eh udah agak lama, begitu lagi. Terus Trizar nyamperin gue, ditemenin tuh sama Trizar, bisa lagi lumayan lama, eh pas udah agak ke tengah, air masuk lagi ke masker, panik lagi gue hahaha. Trizar berenang lagi sendiri, gue berusaha ngikutin tapi yah begitulah, pokoknya ada aja kerusuhan yang gue timbulkan sendiri hahaha.
Akhirnya setelah mencoba beberapa kali, gue berhasil ke tengah sambil dipegangin sama Trizar, kalo ngga mah ga berani dah -___-  Ikannya unyu-unyu sekali, lucu! Gue soksok mau megang mereka, eh tapi pada kabur. Terus kami balik lagi ke pinggir, begitu lepas masker gue langsung nyengir lebar, nice! Hahaha. Setelah napas bentar, kami ke tengah lagi, gue masih dipegangin, macam dedek bayi aja -___- Ikannya berenang di bawah kami, ah unyu pokoknya ikannya, seneng lah gue akhirnya bisa liat ikan langsung di laut dengan mata sendiri langsung, walaupun dipegangin hahaha.
tim snorkeling day 1 :D
Abis dua-tiga kali ke tengah sama Trizar, gue menepi, balik ke tempat Mba Nitta, Menu, sama Eko duduk, sambil nyengir lebar. Mendekati jam setengah 12, Trizar menepi juga, udah hampir waktu solat Jumat. Ngga lama, Beny sama Desmon juga ikut menepi, setelah badan agak kering, kami balik ke homestay sambil bawa-bawa masker-fin-snorkel.
eskrim siang-siang :D
Para cowo-cowo langsung mandi terus berangkat ke mesjid. Gue packing, soalnya abis ini rencananya kami mau main di pantai lagi, terus gue sama Trizar langsung cabut ngejar perahu terakhir. Yap, hampir pulang.
Gue packing, nge-charge hp. Terus ngaso di teras kamar para lelaki sama Mba Nitta sama Menu. Sekitar jam setengah 1 lewat, yang Jumatan pada pulang. Kami siap-siap mau main air lagi. Trizar packing, gue nyiapin tas dan semua bawaan gue, rencananya nanti kami berdua bakal langsung ngejar perahu, jadi ngga balik ke homestay dulu.
Semuanya hampir siap, carrier gue sama Trizar udah dipake sama yang punya, Eko sama Beny agak lama, Trizar protes, “Buruan napa, lu enak ga bawa apa-apa, gue bawa tenda nih.” Hahaha. Sekitar jam 1an kami balik lagi ke tempat tadi main air. Gue sama Trizar udah macam apa aja. Trizar bawa carrier sama pake tas slempangnya, gue bawa tas stoberi di depan, di belakang bawa carrier, dan di tangan kami masing-masing bawa masker-fin-snorkel. Anak pantai mix anak gunung haha.
gaul maksimal!
Kami duduk lagi di tempat tadi. Gue sama Menu pengen foto loncat, foto-foto dulu tuh, difotoin Eko.
hoyaah!
gue
dan Menu
Gue snorkeling lagi. Kali ini gue dengan sepenuh hati nyoba snorkeling lagi, soalnya udah mau pulang, sayang kan. Kata Trizar, gue sama dia harus beres main sampe jam 3 soalnya kami mau ngejar perahu yang jam 4. Dan sekarang gue snorkeling dengan tangan gue dipegangin sama dua lelaki, Trizar di kanan dan Desmon di kiri, ke tengah lagi, semakin mirip bayi, biarin lah yang penting judulnya snorkeling hahaha.
Kami bertiga, plus Beny juga, lebih ke tengah daripada yang tadi pagi gue sama Trizar. Kami berenang sampe hampir ke atas jurang gitu. Di jurang itu ada segerombol ikan, bentuknya mirip ikan asin haha, berenang barengan, banyaak deh. Terus pas kami mendekat, blarrr, pada bubar semua, gue pengen ketawa teh tapi ngga mungkin kan hahaha. Kami baik lagi ke pinggir terus gue ketawa-tawa.
Kami berempat beberapa kali ke tengah, nyamperin geng ikan yang tadi, lucu abisnya mereka. Satu kali pas kami ke tengah, lagi ngeliatin gerombolan ikan itu lagi, tiba-tiba ada orang yang skin diving, pas banget gue liat dia pas lagi nge-duck begitu. Gue jadi inget gue belom bisa kayak begitu, lah snorkeling aja macam begini haha. Pas ke pinggir lagi, gue sama Beny langsung rame, “Ih lu tadi liat ga? Ih lu tadi liat ga?”  hahaha.
break sebentar
Abis itu mereka bertiga berenang ke atas jurang lagi, tapi bener-bener diatasnya. Gue ngga berani soalnya kerasa banget tadi juga pas udah deket jurang, tekanannya beda hehe. Akhirnya gue cuma berenang di atas dasar laut yang masih lumayan dangkal. Trizar sama Desmon ngajak gue ke tengah lagi, kata Trizar, “Ayo Nu! Terakhir sebelum pulang nih.” Yaak, gue langsung mau. Kami berempat berenang lagi ke tengah. Setelah dua kali ke tengah dan setiap balik ke pinggir Trizar selalu nanya jam ke gue, kami berdua menyudahkan snorkeling sore itu, soalnya udah jam 3 lewat 5. Gue sama Trizar menepi, Beny sama Desmon masih snorkeling, waktu mereka masih banyak.
Pas sampe ke tempat kami neduh, ada 7 buah kelapa yang udah dibuka dan ada sedotannya, wiiih, langsung gue seruput! :D
ngelapa dulu! :D
Eko lagi nelepon seseorang, dan setelah gue denger beberapa detik, gue tau dia teleponan sama siapa, sama Bang Rully! Wahaha. Dia cerita kalo dia lagi di Lombok sama kami-kami.
Air kelapa abis, gue sama Trizar langsung beranjak ke mesjid deket situ buat bersih-bersih dan ganti baju.
Beres ganti baju, gue balik ke orang-orang, gue pikir Trizar udah selesai juga. Dia balik setelah dua menit gue duduk sama yang lain. Abis itu kami solat, balik lagi ke mesjid, udah sekitar jam 4 kurang 15, Trizar langsung riweuh takut ketinggalan perahu.
Beres solat, balik lagi ke tempat orang-orang duduk tadi, Trizar langsung ngajak gue cabut. Kami manggul carrier lagi, kami jalan duluan ke tempat beli tiket. Yang lain nyusul di belakang kami.
Di deket tempat kami duduk kemarin sore ada ibu-ibu jual semacam pecel gitu, gue disuruh beli buat makan di jalan, soalnya kan tadi emang belum sempet makan siang. Pas gue lagi beli, perahunya datang.
pecel nyam nyam
Pecel udah di tangan, gue sama Trizar pamit ke orang-orang. Berpisah juga akhirnya huhu. Gue foto dulu sama tulisan ‘Welcome to Gili Trawangan’ berdua sama Menu terus gue naik deh ke perahu, sambil sekali lagi riweuh karena bawa-bawa pecel hahaha.
foto terakhir sama Menu di Lombok hihi
Gue sama Trizar kebagian duduk di depan, ngga di bangku biasa, kalo di angkot kaya duduk di bangku ulang taun gitu, gara-gara pas naik orang-orang pada ngga mau geser. Gue duduk di bagian kiri perahu, tapi ngadep belakang, Trizar sebelah gue, carrier di bawah tapi berdiri. Di seberang kami, di kanan perahu, ada tiga orang bule, duduk di bagian depan kayak kami juga. Ngga lama kami naik, perahu penuh terus berangkat deh jam setengah 5 lewat sedikit. Dadah Gili Trawangan!
pulang
Ombaknya kerasa lebih besar daripada kemarin pas berangkat. Gue makanin pecel, Trizar juga sesekali. Pecelnya itu dihidangkan di atas kerupuk yang lebar banget, gue potek-potek kerupuknya terus gue jadiin sendok. Ceremotan kemana-mana, bumbunya netes-netes.
pemandangan dari tempat gue duduk
Tiba-tiba mas-mas yang duduk di depan gue, duduk di bangku, nyapa kami, nanya kami dari Rinjani bukan. Terus ngobrol lah, dia itu dulu katanya porter Rinjani juga, tapi sekarang kerja di Gili, jadi apa gitu gue lupa. Pas kami mau turun, baru deh kenalan nama, tapi gue lupa juga namanya siapa bhahaha.
Perjalanannya kurang lebih sama kayak kemarin, setengah jam. Jam 5 kami sampe di Pelabuhan Bangsal lagi. Gue sama Trizar turun bareng si mas yang tadi, terus berpisah di depan gedung di Pelabuhan Bangsal. Mobil yang mau jemput kami ke Mataram belum datang, kami nunggu di depan toko gitu. Trizar masuk, lumayan lama di dalem, terus keluar-keluar bawa obat cacing sama air mineral 1.5 liter.
“Nih Nu, minum obat cacing.”
“Hah? Buat apaan?”
“Yee lu pikir air di gunung itu ngga ada bakteri-bakterinya?”
“Oooh iya ya.”
“Kalo abis naek gunung tuh minum obat cacing sama minum kalsium.”
Dan gue, untuk kedua kalinya atau mungkin pertama kalinya ya,  minum obat cacing hahaha.
“Kalo perut lu kenapa-napa bilang ya, itu kan ngebersihin saluran pencernaan lu semuanya.”
Muka gue langsung ngga enak, tapi gue pikir yaudahlah, mau ke kota ini haha. Kabar dari yang jemput kami baru sampe Pusuk dan macet, entahlah itu di mana, kami tak tahu menahu. Jadi, sekarang itu gue mau nginap di rumah om-tantenya Trizar di Mataram, biar besok pagi lebih deket ke bandaranya dan ngga perlu pagi-pagi banget berangkatnya. Dan sekarang kami lagi nunggu temennya omnya Trizar jemput kami di Pelabuhan Bangsal.
Gue nunggu sambil bbm-an sama Menu sama Desmon, Menu pamer foto-foto sunset di Sunset View, katanya di deket Villa Ombak, uuuu pengen. Di sini gue sama Trizar memandangi sunset yang ngga keliatan di depan warung dari mana gue dapet obat cacing. Ngga lama abis maghrib, kami diminta pindah dari depan toko soalnya ibu yang punya warungnya mau tutup. Pindahlah ke bangku bangunan sebelah yang juga udah tutup.
Akhirnya setelah kurang lebih satu jam setengah menunggu, jam setengah 7 lewat mobilnya datang. Kami langsung masukin carrier ke bagasi terus cabut dari Pelabuhan Bangsal. Da-da-da-da-dah Gili, ntar aku balik lagi ke sanaa :D
Jalannya sepi banget, Trizar sama yang jemput kami ngobrolin Bali sama Lombok, lebih enak di Lombok, soalnya liburan tetep liburan tapi kalau mau ibadah gampang, mesjid di mana-mana, kalo di Bali mah susah. Dan banyak sekali yang mereka bicarakan, gue cuma nimpalin sesekali, ngantuk juga, berusaha merem beberapa kali tapi ngga bisa soalnya jalannya belok-belok. Kami jalan lewatin Senggigi, ish sayang udah malam, tadinya ditawarin turun dulu, tapi kata Trizar udah malem, langsung ke rumah omnya aja. Jadi kami lanjut, lewatin eks Bandara Selaparang juga. Tadinya kami juga sempet berenti di depan rumah makan ayam bakar Taliwang, tapi pas udah mau parkir, tantenya Trizar nelepon suruh langsung ke rumah. Jadi kami langsung ke menuju ke komplek rumah tantenya Trizar.
Sampe di rumah tantenya Trizar sekitar jam setengah 9an, setelah bingung rumahnya yang mana soalnya ternyata yang ngantar kami juga ngga tau rumahnya di mana. Kami langsung masuk ke dalam rumah, terus tantenya bilang carrier gue masukin aja ke kamarnya Naya, anak tantenya yang paling kecil. Terus berangkat lagi aja, pake mobil omnya Trizar, mau makan. Kami berangkat berenam, gue, Trizar, tante, sama anaknya tante bertiga, Trizar yang bawa mobilnya.
Kami makan di rumah makan Ayam Taliwang Kania kalo ngga salah, lupa gue namanya hahaha. Gue ngga mau pedes-pedesan lagi, udah gitu plecing kangkungnya kan pasti pedes juga, jadi mesennya yang ayam bakar madu hehehe. Ish mantap lah ayam bakarnya :9 Pas kami lagi makan, omnya datang. Selesai makan, langsung pulang.
waiting for dinner :9
Sampe rumah gue mandi, soalnya secara resmi kan gue belum mandi sama sekali hari itu haha. Akhirnya bisa mandi dengan benar, ngga pake air payau, dan pake sabun hahaha. Abis mandi, gue nonton tipi di kamarnya Naya, baru ketemu tipi lagi ini loh gue haha. Gue tidur sama Naya, Trizar tidur di lantai atas, udah ngga turun-turun lagi, pasti sakitlah itu turun tangga hahaha. Abis nonton tipi, gue sama Naya tidur. Besok gue pulang ke Bogor.