Wednesday 11 January 2012

Day 3 – Senin, 17 Oktober 2011 Part 2

Gue lanjut jalan, sedikit. Excited banget karena tau udah mau sampe puncak.
And finally, 17 Oktober 2011, 09:00 GMT + 8, I reached my third peak, Mount Rinjani 3726 m asl :'D Langsung gue berdiri di atas, mandangin Segara Anak yang amat sangat cantik sekali dari atas situ. Gue nyanyi 'Syukur' dalem hati, gue berdoa, ngucapin syukur sama Allah. Sedih juga sih nyampe situ sendirian, padahal gue udah ngebayangin bakal nyanyi Syukur bareng-bareng sambil rangkulan kaya waktu di puncak Salak dulu :')
Aaah, sooo touching deh, setelah perjuangan yang sama sekali nggak gampang buat nyampe situ, dari mulai masalah di kotanya, perjalanan di gunungnya ini sendiri, bener-bener subhanallah. Puncak gunung api tertinggi kedua di Indonesia sudah saya jejak :D alhamdulillah!
Di situ banyak orang-orang Singapura. Mereka lagi pada duduk-duduk sambil ngobrol. Pantes si mas tadi bilang di sini rame. Gue ngeluarin kamera lagi. Gue foto si danau cantik di bawah itu.
Ini foto pertama yang gue ambil dari puncak
Tiba-tiba ada yang nyahut dari belakang.
"You want me to take a picture of you?"
One of the Singaporean girl approached, smiled at me. She wore black suit - just like me - and glasses on her eyes. Logat Mandarinnya kental sekali waktu dia ngomong. Gue pun nyengir kaya bocah yang lagi dibecandain. Wuaa senangnyaa akuh ada yang mau fotoin ‎​:D hahahaha
"Oh ya if you don't mind." Saking senengnya gue jadi salting bhahaha.
Difotoin the Singaporean Girl

Abis difotoin sama dia, gue foto-foto view lagi. Tiba-tiba si cewe tadi ngomong lagi ke gue.
"Hey do you to want have a picture with this?" Dia megang semacam papan gitu. Pas gue liat tulisannya, wuih semakin excited. Itu tulisan Puncak Rinjani nya! :D
"Oh yes of course! Please!" Sambil nyengir kuda. Dan difoto lah gue bersama bukti kalo gue sudah pernah menginjak titik tertinggi di Pulau Lombok itu.
Foto kebanggan gue :D
Abis foto gue lagi, dia beringsut ke rombongannya lagi, gue duduk di sebelah mereka, minum. Salah satu cowo di rombongan itu ngeluarin KitKat terus dikasihin ke gue, gue buka bungkusnya, gue potek dikit terus gue bilang makan bareng-bareng aja. Terus udah aja abis, jadi mereka kayanya minta dibukain ke gue kali ya hahaha.
this is the kind Singaporean girl :D

Terus mereka ngobrol, temennya si cewe tadi, yang ngasih KitKat ke gue ngeliat papan tanda.
"Puncak Rinjani. What is the meaning of puncak?" Dia nanya nya ke si cewe itu – agak nggak enaknya nyebutnya si cewe begini heuheu, gue lupa nanya namanya sih heuheu.
Gue nyamber karena si cewe tadi juga geleng-geleng, "Puncak means peak." Si cewe itu ngangguk-ngangguk.
Temennya bilang lagi, "Maybe puncak is same as peak."
Cewe itu ketawa dan bilang, "That's what she said." Gue cengangas-cengenges hehehe.
Kami ngobrol-ngobrol – tapi lupa nanya nama haha. Gue nanya mereka nyampe puncak situ jam berapa, ternyata mereka juga baru pada sampe. Terus mereka nanya gue dari mana, gue bilang dari Bogor, near Jakarta. Udah gitu gue curhat lagi temen-temen gue pada turun lagi dan yang satu udah turun – sakali pisan kayanya ya haha. Terus si cewe yang tadi fotoin gue cerita ini puncak pertama dia. Wah hebat, kata gue, puncak pertama udah Rinjani, kalo gue ini yang ketiga. Terus gue ceritain tentang Salak sama Gede nun jauh di Bogor sana.
Pas kami ngobrol, rombongan terakhir tim mereka – empat cewe yang tadi bersaing sengit salip-salipan sama gue di trek pasir-kerikil-batu itu – baru aja sampe di tempat kami duduk. Mereka pun lalu riuh nyambut temen-temen mereka itu. Salah satu dari mereka yang udah nyampe duluan ada yang nanya, "Where are the rest?" Terus mereka yang baru nyampe bilang, "We are the rest." Dan sepertinya gue pun salah satu dari ratusan pendaki yang jalan pagi ini yang nyampe puncaknya telatos bangetos.
Gue biarin mereka merayakan puncak mereka dulu. Gue meresapi keluarbiasaan alam yang sedang ada di hadapan gue ini. Beny's right, it's worth it, it really is! Gue senyum memandangi hamparan keindahan Rinjani, tebing-tebing tinggi di seberang puncak, jalan berbatu yang tadi gue lewatin, padang savana Sembalun yang hijau di kejauhan, gunung imut dan danau cantik yang ada di bawah gue. This tiny thin little flat girl bisa juga sampe di Rinjani. Bahkan tiga orang yang nomor PAL nya di atas gue ngga nyampe – ampun ya om tante :D Ah, pokonya gue bersyukur banget banget banget lah. Rinjani itu salah satu cita-cita gue dari SMA juga :)
Gue liat ke rombongan Singapur lagi, pada foto-foto. Gue yang merasa udah ditolongin tadi, nawarin fotoin mereka semua. Eh langsung diserbu 5 kamera hahaha. Pas udah fotoin mereka pun ada lagi yang minta fotoin pake kameranya, untung dia ganteng, jadi gue seneng hahaha. Abis fotoin mereka, gue duduk di tempat gue ngambil foto sebentar, terus gue ijin ke bawah duluan, mau turun sebenernya mah, dadah-dadah, nice to meet you-nice to meet you.
Udah agak turun, gue pengen foto lagi, pake slayer pasma :3 Self-timer ceritanya, tapi gagal, fotonya ga jelas apaan yang kefoto -___- Eh terus ada mbak-mbak lewat nawarin fotoin, kayanya salah satu rombongan pendaki lokal yang tadi jalan bareng gue itu, baru sampe puncak dia. Yaudah difotoin, tapi slayernya terbang-terbang saking kencengnya angin, susah banget dirapiinnya.

Slayer Pasma di puncak Rinjani lagi :)
Abis bilang makasih, gue lanjut turun. Si mas yang tadi masih tiduran di situ dan kayanya dia tidur beneran. Gue mutusin turun duluan aja, ga apa-apa lah sendirian.
Mulai jalan lah gue, setengah jam di puncak cukup lah, lewatin jalan kerikil-batu-pasir. Waktu lagi jalan naik, gue sempet mikir gimana caranya gue turun di trek macam begini. Dan gue pun menemukan jawabannya segera setelah mulai jalan turun di situ, tinggal serodot-serodot aja, I simply took it as ice skating hahaha. Tapi lama-lama cape, soalnya tumit tuh nahan dan ngerem terus. Dan lama-lama bete jalan sendirian -___- Nengok ke belakang belum ada yang turun lagi. Jadi demi menghibur diri dari kebosanan, gue bikin video, sok-sok jadi presenter, terus nyanyi-nyanyi ga jelas, sok-sok nunjukin jalan, meskipun dengan angin yang masih heboh dan hidung yang terus menangis.
Abis tersadar dari bikin video, ga lama gue ngelewatin batu gede, masih di trek ini, eh ternyata ada dua manusia lagi istirahat di situ, gue langsung malu, tadi kedengeran ngga ya gue nyanyi-nyanyi super freak gitu hahaha. Ah peduli amat lah, ngga kenal ini haha. Gue jalan lagi, pelan-pelan banget, cape, dua orang tadi juga nyusul gue akhirnya. And it happened again! Apakah? Hasrat ingin pup! Ya apa mau dikata, itu daerahnya terbuka semua, ngga mungkin gue gali-gali di situ hahaha.Gue jalan lagi tuh, lanjut ke trek punggungan.
puncak di belakang gue keren yaa :D
Setiap lewat batu gede pasti gue langsung liat di baliknya ketutup dari atas sama dari bawah ga, susah banget nyari yang tertutup gitu. Tapi sejujurnya, nemu tempat yang sekiranya nyaman pun gue tetep ngga mau, malu hahaha.
Orang-orang mulai pada turun dari puncak. Mereka jalannya pada cepet, gue yang turun duluan aja kesusul, apalagi emang gue lambat jalannya. Bahkan ketemu orang-orang Singapura itu lagi, gue kesalip juga sama mereka. Gue liat semua cewe yang ada di rombongan itu, termasuk yang tadi fotoin gue, jalannya dipegangin, baik sama porter atau sama pelatihnya atau sama temen cowonya. Gue ngikutin mereka, soalnya beberapa kali gue takut salah jalan. Meskipun ketinggalan-ketinggalan juga, atuh lagi ga pengen jalan cepet-cepet hehe. Jalan sendirian lagi. Tapi beberapa kali tetep ngeliat punggung mereka dari belakang.
Masuk ke trek pasir batu, gue nyalip mereka lagi ehehe. Di trek ini gue seserodotan lagi, jauh lebih efisien daripada jalan biasa. Gue lanjut jalan ice skating lagi. Tiba-tiba salah satu cowo yang baru gue salip nyeletuk ke temennya, "She moves so gently." Gue nyengir dalam hati hahaha.
Ga lama abis nyalip mereka, gue ngeh ada yang gerak-gerak di atas batu-batu, ew! Monkeys! Gue langsung parno, mana udah sendirian lagi, si dua cowo Singapura itu udah lumayan jauh di belakang. Terus gue langsung pasang muka kalem. Ada satu ekor yang gede duduknya deket banget sama jalan, gue takut dicaplok. Gue usir-usir aja, untungnya dia pergi. Jalan lagi dengan tenang, dari sini gue udah bisa liat tenda-tenda di camp Plawangan Sembalun yeyeye.
Dan jam 12 kurang pun gue sampe Plawangan Sembalun lagi dengan berjalan ala supermodel, ngelewatin camp pendaki Singapura dan diiringi teriakan dari tiga orang yang lagi duduk di depan tenda yang udah dua malem ini gue tidurin. Menu teriak paling kenceng, seperti biasa. Gue langsung ngejoprak di samping matras. Disuruh makan nasi goreng yang disisain buat gue sama Eko yang pas gue dateng lagi tidur. Dan gue pengen pup lagi. Gue buru-buru ngajak Menu ke tempat air, sekalian ngambil air. Dengan tas stoberi gue berisi botol kosong plus plastik piring kotor di tangan Menu, kami turun ke air.
Ga nyampe 5 menit kami jalan, sumber air plus toiletnya keliatan, gue yang udah ga tahan banget, langsung ngibrit lari ke bawah. Masuk salah satu toiletnya, eh ada feses yang numpuk di lubangnya, pindah ke toilet sebelahnya, untung bersih, lalu akhirnyaa, hahaha. Kece banget bisa pup di toilet yang di dalamnya ada wc jongkok di ketinggian sekitar 2600 mdpl hahaha. Menu cuci piring dan ngisi air. Gue heboh minta air, bolak-balik sana-sini. Setelah wc yang gue pake bersih lagi, gue ngisi air dan nyuci nisting sama gelas yang belum kecuci.
Nyuci piring beres, air udah penuh, kami balik lagi ke camp. Sampe di camp, lagi pada packing, gue langsung packing juga, abis ini kami mau langsung ke Segara Anak. Rombongan Singapura udah berangkat turun pas kami lagi packing. Beres gue packing, gue rebahan lagi di atas carrier yang berada dalam posisi tidur, ngantuk sama capenya mulai kerasa lagi.
Tiba-tiba pas gue lagi asik meremin mata, ada suara mbak-mbak nyapa kami, "Permisi, rombongan Jakarta bukan? Ada yang namanya Menu?" Menu nyahut. Gue melek, bangun, ngintip, nonton, kenalan. Ternyata mbak ini temennya sepupunya Menu, namanya Mbak Nitta. Katanya dia lagi nemenin adenya temennya atau siapanya lah gitu, naik ke Rinjani. Terus si mbak manggil-manggil mereka, Mamat apa gitu namanya. Datanglah Mamat, kenalan lagi. Abis itu gue tidur lagi, ga kuat ngantuknya -__- Mbak Nitta manggil temennya satu lagi, gue yang ngantuk dan cape banget, males melek, jadi gue kaga tau siapa lagi lah itu yang dikenalin Mbak Nitta. Gue denger Mamat sama satunya lagi itu balik ke tenda mereka. Gue bangun, Mbak Nitta masih ngobrol sama Menu. Beny, Trizar, sama Eko masih pada packing.
Selesai packing, kami pun bersiap lagi. Janjian ketemu di Segara Anak sama Mbak Nitta besok, soalnya mereka bertiga baru pada mau muncak ntar malem. Kami dadah-dadahan dan meninggalkan Plawangan Sembalun jam setengah 3. Jalan lagi, gue cuma punya sedikit sekali sisa tenaga. Pertama-tamanya banget, treknya masih kalem, cuma turun-turun biasa. Eh lama-lama minta ditoyor juga itu treknya.
turun ke Segara Anak
Udah gitu banyak bule yang pada naik juga, jadi minggir-minggir dulu. Itupun susah, treknya awut-awutan. Gue ngga kebayang deh mereka naik di jalan kayak begini, gue turun aja udah stres. Tapi sama aja kali ya, dari Sembalun juga si bukit-bukit menyebalkan itu kan sama gilaknya. Makin lama treknya makin minta dibunuh, sampe kami harus climb down berkali-kali. Gue ama Menu kadang-kadang males climb down, akhirnya turun pake pantat haha.
Males aja itu harus climb down
Pake segala ada ranjau pula, kotoran hewan gitu sepertinya. Dan Trizaar icindentally nginjek kotoran itu hahaha. Jalan yang ngga climb down lumayan sih, turun-turun gitu. Tapi lutut gue lemes sekali, sampe kaki gue nge-jazz gitu kalo kata Beny, Beny juga sama kakinya nge-jazz sendiri kayak kaki gue. Jadi jalan turun pun lumayan nyiksa juga. Udah gitu settingan carrier gue ngga enak, terus tali sepatu lepas terus, huaah, repot.
Ngantri jalan di belakang 20 orang lebih
Di jalan kami ketemu rombongan Singapura lagi, satu kesempatan berhasil nyalip. Setelah lumayan lama jalan dan gue kecapean mulu dan gue berenti mulu, gue sama Beny kesalip lagi. Menu, Eko, Trizar udah jalan duluan dan ga kesalip. Beny kelaperan di jalan, gue bongkar mustopa seplastik, terus jalan lagi. Pas udah mau magrib, kami istirahat barengan berlima. Gue nyender ke carrier dan tidur. Kata Eko sih perjalanan dari situ kira-kira satu jam lagi. Gue sedikit lega lah, berarti ga terlalu jauh kalo sejam.
Trizar, Eko, sama Menu jalan lagi duluan, mereka mau ngejar tempat camp di segara sebelum gelap. Ga lama mereka pergi, rombongan Singapura paling ujung lewat. Abis itu gue sama Beny lanjut jalan, pas jam 6. Treknya ga terlalu nyebelin, cuma sekali aja tebing pendek. Terus jalan datar biasa dan kadang-kadang turun.
Gue jalan di depan Beny. Gue agak surprised nih pas di daerah ini. Itu tuh kalo ga salah jalannya semacam ngebelah lereng gitu. Di situ beberapa kali mata gue semacam nglindur atau gimana gitu ya gue ngga ngerti. Dari jauh, gue ngeliat siluet kaya orang lagi duduk, atau kaya rok cewe, atau kaya kepala yang bawahnya ketutup batang pohon, tapi pas udah deket tuh itu cuma setumpuk pohon yang udah kering, atau kayu yang udah lapuk. Beberapa kali kayak gitu. Gue tau itu cuma mata gue yang salah, jadi gue diem aja, daripada makin mikir yang ngga-ngga. Gue pikir mungkin karena saking capenya badan, mata gue sampe ngebentuk bayangan yang aneh-aneh. Pertama kalinya gue naik gunung sampe kaya gitu. Pokonya perjalanan paling nggak banget dan aneh dan spooky selama di Rinjani buat gue itu perjalanan dari Plawangan Sembalun ke Segara Anak. Udah mah jalan kaki nonstop dari jam setengah 3 pagi, settingan carrier ga enak, tali sepatu lepas mulu, dan kebayang yang aneh-aneh -___-
Makin gelap, gue ngeluarin headlamp. Alhamdulillah setelah gue pake headlamp, imajinasi mata gue udah berkurang. Gue sama Beny jalan ngekor rombongan ujungnya Singapura, lambat banget dah. Walaupun gue lambat, tapi gue ga selelet itu. Gue juga udah semangat lagi, pengen cepet ngecamp, jalannya juga udah kalem lagi ini. Gue cemberut aja ke Beny, "Bete gue nungguinnya." Beny nyengir. Jadi nyesel tadi menyilakan disalip haha. Mereka ini kayanya rombongan buntut gitu kali ya, yang jalan paling belakang, yang udah pada cape kayak gue hahaha.
Dari situ teh gue liat semacam permukaan air yang lebar gitu. Tapi gue takut mata gue mulai kalap lagi. Gue jalan lagi biasa, berusaha tidak terlalu berharap danaunya udah deket, tapi pemandangannya tuh konstan, permukaan air. Gue nyeletuk, "Itu segara nya ya?" "Bukan, di bawah ntar danaunya." kata Beny. Aih bete.
nih, gue tuh liat ini, tapi versi lebih gelapnya,
soalnya ini yang ngambil foto ini Eko dan mereka
udah jalan duluan
Tapi ternyata apa, emang itu segara nya. Setelah ngekor rombongan Singapura sampe bibir jontor, kami sampe di Segara Anak. Jam setengah 8 malam, bonus setengah jam dari yang Eko bilang tadi. Gue plongo aja, terus mikir kayanya Beny sengaja bikin gue tidak berpikir kalo segara nya udah deket. Pus-pus-an nyari orang bertiga itu. Ternyata dapet tempat ngecamp nya jauuh banget. Keliatannya sama gue kaya di seberang danau -___- Gue udah males jalan lagi. Eko jemput gue sama Beny. Pake segala naik-naik lagi, manjat dikit. Beny protes kenapa jauh banget, kata Eko pas mereka nyampe udah rame, soalnya mereka juga baru sekitar setengah jam yang lalu apa gitu nyampe sana.  Yaudahlah, yang penting udah jadi tendanya. Trizar lagi masak pas gue nyampe, Menu lagi beres-beres tenda. We ate spagetti that night. Abis makan, Beny langsung masuk tenda dan tidur. Gue juga langsung tidur. Yak, tim puncak tepaaar.