Tuesday 10 January 2012

Day 5 – Rabu, 19 Oktober 2011

Gue bangun jam setengah 6, Trizar udah beres-beres dapur, siap-siap masak. Pagi itu ngga terlalu banyak kehebohan yang terjadi. Masak-makan-ngobrol, biasa lah. Rencananya kami mau ke air panas lagi hari ini, tergoda sama tawarannya Mba Nitta buat mandi-mandian lagi.
Sekitar jam 8, kami udah siap dengan peralatan mandi, baju ganti, dan kawan-kawannya. Terus nyamper Mba Nitta. Di jalan ke tenda Mba Nitta, kami lewatin si geng orang Mataram-Makassar itu, mereka mau main-main ke Goa Susu katanya. Sebelum nyampe tenda Mba Nitta, mereka bertiga udah nongol aja, kami foto dulu sedikit.
ayo mandi!
Terus jalan deh ke bawah. Begitu liat kolam yang kemarin gue sama Menu pake nyalon ternyata ramai sekali, ada yang nge camp segala di situ. Kami turun lagi terus, aliran air panasnya masih panjang ternyata. Sempet nemu yang lumayan pas angetnya, tapi tempatnya kurang enak, udah gitu terbuka banget. Turun lagi terus, Mamat balik ke tenda mau ngapain gitu, terus ga balik-balik lagi, kata Mba Nitta paling dia tidur lagi. Dan akhirnya kami pun menemukan tempat yang lumayan asik. Asik banget malah. Ada air terjunnya.
Ladies and the Waterfall :D
Kami semua turun ke situ, nicee sekali air terjunnya. Gue langsung ganti kostum. Airnya anget-anget kuku. Beny, Trizar, Eko, sama Desmon udah berenang ke tengah-tengah aja. Gue pertama agak takut-takut dulu, duduk di pinggir, nyelupin kaki dikit, nyelupin badan sampe perut, akhirnya nyelupin badan sampe kepala. Segar :D
ceritanya bikin lope :3
Gue sama Menu berenang ngga berani jauh-jauh dari pinggiran kolam. Nungguin para lelaki dulu, bagian mana aja yang bisa dipijak. Soalnya ada bagian yang dangkal, tau-tau sebelahnya dalem, padahal sama-sama di tengah. Di sebelah air terjunnya kan ada tebing gitu, Trizar sama Beny mulai deh nyari-nyari pegangan, mau manjat, tapi kayanya batunya licin, jadi pada jatoh lagi haha.
ceritanya mau manjat
Terus mereka berempat dengan asiknya berdiri di bawah air terjun, gue mau juga, tapi ga berani ke sananya haha. Menu teriak-teriak pengen ke air terjun juga, akhirnya dibantu Eko sama Beny kami berenang ala kecebong ke bawah air terjun. Ish senaaaang sekali hahaha. Berdiri lah kami semua di bawah air terjun itu, Eko ngga turun ke air lagi, dia fotoin kami :D
di bawah air terjun hangat :D
Setelah capek diterpa air terjun anget, gue berenang ke tengah lagi yang ada pijakannya. Menu ngajak mulai berbersih diri, sementara para lelaki masih betah main air terjun. Gue, Menu, sama Mba Nitta sabunan, cuci muka, sama keramas puas banget setelah berhari-hari nggak mandi haha.
Beres mandi, kami bertiga riweuh lagi ganti baju di mana, di depan air terjunnya tebing lumayan tinggi. Akhirnya pinjem sarungnya Beny, yang dengan berat hati dipinjemin sama yang punya karena takut basah, buat nutupin kami selagi kami ganti baju. Pertama gue duluan ganti baju, riweuhnya luar binasa bhaha. Kami ganti baju di atas tebing.
Pas gue udah hampir beres, tinggal pake celana panjang, monyaet-monyet pada turun lagi -___- Gue spontan ngeliat jam, jam setengah 10, pantes. Dan monyetnya banyak banget, gue makin rusuh, takut monyetnya nyamperin haha. Gue buru-buru nyelesain pakai baju, terus gantian Menu. Menu juga samanya, ganti baju sambil rusuh teriak-teriak ngusir monyet. Abis itu Mba Nitta, agak kalem, mungkin udah kenal sama monyet-monyetnya ya si mba, tapi tetep aja riweuh. Dasar peyempuan -___-
Beres ganti baju, kami foto-foto lagi dikit. Udah banyak bule yang berenang di situ. Eko ngambil air ke bawah, yang lain langsung ke atas. Udah deket tempat camp, Beny sama Trizar mangkir dulu nyari tempat pup. Gue langsung balik ke tenda. Tendanya rombongan Mataram-Makassar masih sepi, cuma ada satu si mas yang kemaren berjaket biru itu, lagi mancing (lagi). Gimana ikannya nggak banyak coba, kerjaannya mancing mulu haha. Nyampe tenda, gue sama Menu jemur baju sama legging yang tadi dipake mandi.
Trizar, Beny, sama Eko udah balik ke tenda semuanya. Langsung lah kami masak makan siang soalnya mau siap-siap pulang ke Senaru. Gue sambil setengah packing, nyuci ini nyuci itu, periksa jemuran dll. Makan siang kali itu lumayan mewah lagi, spicy wings :D Walaupun agak asem karena udah beberapa hari ngga berada di suhu yang disarankan haha. Dan gue disuruh ngabisin sisanya, makan satu potong utuh dengan nasi yang udah habis, takapa lah, daripada ntar kelaperan hihihi. Abis makan, gue nyuci piring dll lagi soalnya gue yang terakhir beres makan – kan disuruh ngabisin ayam, yang lain lanjut packing. Abis nyuci piring gue solat Zuhur sama jama’ Ashar soalnya Senaru masih jauuh di antah berantah.
Eko bikin video pas kami lagi packing, gue selalu ketawa kalo liat video itu lagi hahaha. Menu yang kehilangan sandal gunungnya, tenda Dwi dan flysheet Beny yang dijadiin tempat jemur legging dan kaos sama gue dan Menu.
Mba Nitta juga ada di situ, nemenin kami packing sambil ngobrol. Kebetulan ada temennya juga, orang Solo, namanya Iqbal. Si Mas Iqbal ini naik Rinjani sen-di-ri-an. Dan baru ketemu Mba Nitta di Segara Anak. Pas hampir beres packing, si rombongan Mataram-Makassar itu manggil kami sama Mba Nitta, nawarin cabe yang masih banyak dan juga nawarin sesuatu yang mereka gunakan untuk ngulek sekalian.
Yak, mereka bawa cobek batu yang beratnya 3 kilogram, kami semua ngakak. Yasalam -___- orang gila semua emang mereka berempat itu. Akhirnya karena ngga ada yang mau ya mereka bawa lagi hahaha. Mereka beres packing, kami foto-foto dulu, ramean, semuanya, rombongan mereka, rombongan Pasma, rombongan Mba Nitta, sama si Mas Iqbal juga. Hihihi senaang, baru kali ini naik gunung punya banyak tetangga, kenalan sama banyak orang.
Full team minus Mamat, normal session
almost full team, jump session! :D
Abis foto-foto, mereka berangkat, kami lanjut packing. Seperti biasa, lamaa sekali kalo udah packing, bongkar pasang berkali-kali, ada aja yang kelupaan belum dimasukin carrier. Gue ngeluarin kacamata yang emang gue taruh di kepala carrier, pengen ngeliat keindahan Gunung Baru Jari sama Danau Segara Anak dengan jelas sebelum kami meninggakan tempat itu. Dan emang tambah cantik banget dua sejoli itu setelah gue pake kacamata.
packing yang selalu rempong
Beres packing, kami foto-foto lagi sama geng-nya Mba Nitta. Kami juga difotoin berlima fufufu, terus ada foto yang lagi tos kayak kalo mau ‘Pasmalima-Jaya’ tapi gue nya lagi nggak kece banget ternyata -___-
kenapa gue harus ngelirik sih -___-
Terus kami mulai jalan, Mba Nitta balik ke tenda, mau packing juga mereka. Di tempat kami ngecamp kemarin, kami berenti dulu, Beny sama Eko turun ke air soalnya katanya ngga ada air lagi sampe Senaru. Gue, Menu, sama Trizar nunggu di tempat tenda kami kemarin. Gue sama Menu bikin video ‘Lembayung Bali’ lagi, masih salah mulu liriknya, tapi ending-nya kami ganti jadi “Andai ada satu cara… Tuk kembali menatap, agung suryamu, Gunung Rinjani” hahaha. Trizar cengin kami sambil geleng-geleng kepala.
Beny sama Eko udah balik ke tempat kami nunggu, kami rapiin bawaan dan benerin setting-an carrier. Berdiri bikin lingkaran, dan akhirnya di situ lah kami melakukan ritual yang biasanya dilakukan kalo nyampe puncak gunung, yang tadinya gue bayangin kalo bakal dilakukan di puncak Rinjani bareng-bareng. Berdoa buat para senior yang sudah mendahului kami dan berdoa untuk keselamatan kami sendiri. Abis ‘Pasmalima-Jaya’ lagi, kami lanjut jalan, liat GPS dulu takut salah jalan. Ternyata jalannya emang muterin danau banget, treknya juga persis di pinggir danau. Dan masih banyak tempat ngecamp juga di daerah sini.
jalan di tepi danau
Jalan-jalan-jalan, sampe di lahan yang agak luas, setengah lapangan bola, ada bekas yang ngecamp juga. Pas kami nengok ke belakang, wiiiih sedaaap cantiknya itu danau berkelap-kelip terus Gunung Baru Jari terlihat lebih imut dari situ.
CANTIK!
Kami semua langsung lepas carrier, ngeluarin kamera, fotooo :D
Beny langsung ambil posisi, yeay!
Pokonya cantik banget lah, ga puas-puas fotonya hahaha.
yippie! :D
setelah capek loncat terus haha
Akhirnya tersadar juga kalo kami harus jalan sejauh mungkin sebelum gelap, sedangkan itu udah jam 3 sore. Jadi kami pake carrier lagi dan lanjut jalan. Jalannya mulai masuk hutan dan mulai nanjak, kecepatan berkurang, napas mulai satu-satu, jarak antar orang mulai agak jauh. Awalnya konstan, Trizar paling depan, gue kedua walaupun agak jauh, Eko belakang gue, Menu belakang Eko, Beny paling belakang. Jalan masuk hutan itu agak mirip hutan menyebalkan sebelum puncak sekundernya Gede.
mirip hutan sebelum puncak sekunder di Gede
tapi lebih terjal (menurut gue sih)
Makin lama jalannya makin sadis, setengah tebing dan sering papasan sama porter dari arah Senaru, terus ngga lama guide sama bulenya nyusul, seperti biasa cuma bawa daypack yang lumayan kosong.
Beres satu tebing yang lumayan panjang, kami istirahat. Kami ketemu lagi sama seorang guide dan sepasang bule yang jalan dari Senaru. Kami ngobrol sama guide-nya, kata dia pas hari Minggu itu kami ketemu dia dan kami ngga inget, soalnya ketemu orang banyak banget kan. Kata si guide itu dia ketemu kami di Pos Pemantauan (Pos 1) di Sembalun sana haha. Dia kemarin salah satu guide-nya rombongan Singapur yang sekarang udah pulang, dan katanya dia sekarang lagi nganter pasangan wisman ini ke Segara Anak terus kata dia kayanya kami bakal ketemu sama mereka lagi besok pas di Senaru haha. Mereka bertiga lanjut jalan, nyusul porter mereka. Kami napas sebentar, ngeliat rombongan Mataram-Makassar di atas kami, di kejauhan – tapi gue seperti biasa ngga bisa liat – terus lanjut jalan juga.
Jalannya masih nanjak setengah tebing, batu besar dimana-mana. Dari situ kami bisa denger suara orang gila berempat itu pada ketawa-tawa. Menu langsung komentar, “Masih bisa ketawa aja itu orang-orang.” Sambil jalan Beny tiba-tiba ngomongin Kerinci, rencananya taun depan (2012) dia mau ke sana sama Eko, tapi Eko menampik kalo dia mau ikut, katanya mau nabung buat nikah dulu hahaha. Kami jalan terus, pas jalannya udah ngga banyak batu ada yang datang dari belakang, Mamat udah nyusul kami aja. Istirahat dulu berenam, Mba Nitta katanya masih jauh di belakang. Jalan lagi, di samping tebing, sampe ada semacam rambu lalu lintas yang nunjukin kalo pejalan kaki harus waspada soalnya sering ada batu jatuh.
Semakin sore, jalannya ngga semakin bersahabat, masih aja nanjak. Beberapa kali harus manjat, nyari-nyari pegangan, untung tebingnya pendek, ini carrier loh di belakang gue, bukan chalk bag. Bikin bete juga ya, ini kan ceritanya mau turun gunung, kenapa disuruh naik-naik lagi haha. Mamat juga lagi bikin bete juga, katanya mah dua tanjakan lagi, dua tanjakan lagi. Apaan, abis dua tanjakan ada lagi, abis itu ada lagi juga, terus aja begitu. Trizar juga udah duluan entah ke mana. Kami sampe di tangga besi, ini tangga besi betulan berwarna hijau, siapa pula ini yang bawa beginian ke sini hahaha. Kata Mamat sekali lagi tanjakan abis tangga ini, gue mulai ngga percaya hahaha.
Jam 6 sore gue, Menu, Beny, Eko, Mamat sampe di Plawangan Senaru. Di sana ada Trizar lagi bercengkrama dengan geng Mataram-Makassar. Kami semua istirahat dulu di sana, dinginnya mulai ngga santai. Gue pake jaket dan ngeluarin headlamp. Terus porternya Mba Nitta, Pak Is, sampe di Plawangan Senaru. Katanya Mba Nitta masih lumayan jauh terus Mamat balik lagi jemput si mba.
Jam setengah 7 malem kami lanjut jalan, geng empat orang riweuh udah jalan duluan, Pak Is masih di Plawangan, nunggu rombongannya. Kami berlima sempet bingung jalannya ke mana, liat GPS malah makin bingung, udah gitu di situ banyak ranjau manusia juga. Setelah kebingungan selama 10 menit, kami jalan ikutin Pak Is yang akhirnya lanjut jalan dan nunjukin treknya ke kami haha. Jalannya udah turun sih, tapi subhanallah sekali itu pasirnya parah banget, jalan serodotan pun ngga enak karena bikin ngebul jalan, jadi berdebu banget. Ngerem kaki pun lama-lama bikin kaki sakit. Jalan pasir kaya gininya lumayan panjang.
Sekitar satu jam jalan, kami berenti di pos, kata Pak Is namanya Cemoro Limo. Rame banget di situ, lahannya agak sempit tapi ada yang ngecamp jadi kerasanya sempit banget, atau mungkin karena emang gelap, jadi ngga tau luasnya segimana. Lanjut jalan lagi, masih pasir menyebalkan. Menu jalan di depan sama tiga dari empat orang berisik itu. Gue jalan di belakang Trizar, yang jalan di belakang Menu sama tiga orang itu. Belakang gue Beny sama sisa dari empat orang itu. Sampai saat itu kami belum kenalan nama haha. Gue menahan diri sekali untuk ngga jatoh, semua orang jalannya kayak kesetanan, ngebut banget, mana gue ngga jelas liat jalannya. Dan akhirnya, gue pun jatuh. Si mas yang di belakang Beny langsung nyeletuk heboh, “Saya ngga liat kok Mbak! Ngga liat!”
Abis jatuh, gue langsung memutuskan untuk pake kacamata hahaha. Ngga lama abis gue pake kacamata, kami semua istirahat, gue duduk di sebelah Menu di antara segambreng lelaki. Dari tempat gue duduk, gue liat titik-titik cahaya di bawah sana, wah kota hahaha. Gue nyeletuk, “Itu kota yah?” Terus si Ki Joko bales, “Bukan Mbak. Itu lampu.” Yayaya terserah mereka lah. Kami jalan lagi, sempet ngelewatin daerah yang bekas terbakar, soalnya kanan-kiri gosong semua, terus pasir lagi.
Jalan makin ngebut. Dan jam 8 kami sampe di Pos III Senaru, Mondokan Lokak. Kami langsung bangun tiga tenda di pos yang sempit itu dan udah banyak tenda juga di situ. Trizar sama Beny masak dulu, Eko langsung masuk tenda, agak drop dia dan itu pertama kalinya dia tidur di tenda selama perjalanan haha. Gue cek hp, Alhamdulillah dapet sinyal, langsung bbm si mama terus matiin lagi hpnya. Abis beres-beres tenda, gue sama Menu langsung pake alat tempur dan tidur. Eh bangun lagi setelah ditawarin energen sama Trizar. Terus tidur beneran sampe pagi.