Monday 9 January 2012

Day 6 – Kamis, 20 Oktober 2011

Tempat camp kali ini bisa dibilang tempat camp yang paling dingin dibandingkan tempat camp malam-malam sebelumnya, padahal udah menuju kaki gunung. Pagi-pagi gue keluar tenda, langsung nimbrung masak sama Beny, Trizar, Menu. Pak Is juga udah mulai masak, Mba Nitta udah bangun, Mamat sama Desmon masih tidur. Ki Joko juga udah mulai masak, goreng ikan mereka yang masih banyak itu dan mereka bawa penggorengan beneran, bukan pake nisting, astaga hahaha.
Pos Mondokan Lokak ini sepertinya sarang monyet deh, banyak banget monyetnya. Lebih banyak daripada waktu di jalan ke puncak atau waktu mandi di air panas. Mereka kayak sengaja ngedeketin manusia, kayak minta makanan, atau lebih tepatnya kayak mau maling makanan. Semua riweuh ngusir-ngusir mereka. Tapi lama-lama merekanya anteng, malah kami jadi nonton mereka sambil makan.
Mba Nitta bikin minuman jahe, gue lupa namanya, tapi enak banget. Entah kenapa kalau lagi di gunung sama yang anget-anget gitu suka banget, kalo udah di kota mah mana mau minum haha. Sarapan pagi itu, kami makan sesuatu yang gue ngga suka dan udah lama banget ngga gue makan: sarden. Hahaha. Tapi berhubung lapar dan ternyata setelah satu suap enak juga – ya karena lapar juga sih – gue maakan sampe habis sambil tetep diliatin dan ngeliatin monyet. Ada monyet yang kecil juga, sepertinya sih masih baby, udah gitu dia digendong sama ibunya, nempel di badan ibunya, unyu haha. Ada juga monyet yang gede banget, semacam pejantan yang jadi ketua kelompok mungkin. Ada juga ibu-ibu rempong yang teriak-teriak mulu haha.
segerombol
Kami beres makan sekitar jam setengah sembilan, langsung packing, bekas makan nggak dicuci soalnya nggak ada air, jadi cuma dilap pakai tisu basah. Bule-bule yang semalem jadi tetangga kami mulai jalan turun. Eko nyeletuk dengan gaya khasnya, “Weees, londo-londo pada muleh.” Ngakak lagi semua. Geng Mba Nitta sama geng Pasma beres packing duluan.
packing terakhir di Rinjani :D
Jadi kami semua cabut duluan, kecuali Eko katanya mau bareng sama geng Ki Joko. Pas kami berangkat dari tempat camp, Eko video-in kami lagi.
Jalannya udah nggak pasir lagi, biasa aja, tapi turun terus nonstop, bonusnya juga dikit banget. Kaki gue udah capek dan muak banget sama yang namanya ngerem gara-gara jalan turun tadi malem dan jalan turun dari puncak. Jalan gue jadi lambaaaaat banget, sampe rombongan yang nyusul – Eko dan geng Ki joko – nyalip gue, gue tetep jalan santai. Menu lagi-lagi kebawa rombongan orang-orang itu, dia jalan di depan, semua yang lain juga jalan di depan. Gue jalan turun sendirian lagi. Untung jalannya nggak seekstrim kemarin, kayak trek di Gunung Putrinya Gede.
Di jalan gue papasan sama rombongan kecil, sekitar 5-6 orang, yang jelas ada 3 cewek yang terlihat mentereng sekali dibanding pendaki lokal yang lain. Ternyata itu adalah temennya Menu. Dari hari-hari sebelumnya Menu memang cerita kalau ada temennya yang mau ke Segara Anak lewat jalur Senaru. Rencanaya ingin ketemuan di danau, eh ternyata kami udah turun duluan. Salah satu dari mereka nanya ke gue, “Temennya Nuansa ya?” Gue jawab iya terus dia bilang kalo Menu udah di bawah, lagi di Pos 2. Gue bilang iya, gue jalannya pelan-pelan haha.
Ngga lama abis ketemu rombongan itu gue sampe di Pos 2, orang-orang lagi pada duduk cantik. Lumayan luas tuh posnya daripada Pos 3 tempat kami ngecamp semalem. Duduk-duduk sebentar, ngobrol sedikit, jalan lagi. Awalnya gue lumayan di depan, tapi satu persatu orang nyalip gue, akhirnya di belakang lagi. Gue jalan lebih sering sendiri, tapi kali ini gue punya temen yang sama-sama lambat kalo jalan turun, yaitu Mamat haha. Seenggaknya ngga sendiri-sendiri amat, tapi Mamat jalannya lambat gara-gara kakinya keseleo. Gue juga perasaan kalo di Salak atau Gede, jalan turun lebih cepet dari naik, malah kadang kalo turun suka lari, mau becek, mau licin, lari aja terus, tapi ini mah ngga kuat. Yaah mau gimana juga, naik gunung itu sunnah, turun gunung itu wajib.
Habis Pos 2, kami berenti di Pos lagi, belum Pos 1, semacam pos ekstra mungkin, sekitar jam setengah 11. Begitu mulyadi – mulai dingin, istilah anak-anak Mataram-Makassar itu haha – kami langsung lanjut jalan lagi. Gue lewatin satu pos terakhir, tetep jalan paling belakang sama Mamat, dan kata Mamat itu pos 1. Dan akhirnya dengan disambut oleh  rekan-rekan seperjuangan, kami sampailah di gerbang Taman Nasional Gunung Rinjani Pintu Senaru sebelum jam 12 siang, Alhamdulillah.
pintu Senaru
Gue lepas carrier dan langsung pengen foto sama gerbang Senaru. Abis foto sedikit, gue ikut orang-orang ngemil di warung situ. Lumayan ada yang ganjel perut sedikit. Entah udah berapa kaleng dan bungkus biskuit, coca cola, pocari sweat, dan kacang yang kami lahap sambil ngobrol dan ketawa-ketawa.
ngobrol-ngemil
Puas ngerampok warung, kami foto full team lagi di gerbang Senaru. Foto-foto aneh lagi, udah dengan dua SLR saling foto, foto setengah loncat, foto 10 frame tapi baru setengah udah keabisan gaya, sampe foto yang isinya kaki doang. Terus foto pake tiga SLR dalam waktu yang bersamaan, dua pake tripod, yang satu di tanah, cukup nggak jelas fungsinya apa hahaha.
lucu meongnya :3
dua SLR stand by
full team :D
full team + Pak Is (nyempil)
geng Mba Nitta : Mamat - Mba Nitta - Desmon
geng Mataram-Makassar : Yudi - yang paling
depan, Aan - yang baju merah, Badai
yang lagi duduk, Sandi (Ki Joko) - yang
itulah pokoknya :p
geng Pasma :*
10 frame gagal
Sekitar satu jam ngaso di situ, bayar hasil rampokan, kami lanjut jalan ke pos pendakian Senaru. Jalannya udah jalan tanah biasa, tanah warga yang kanan-kiri-nya kebun. Jalan di situ masih aja Menu sama Eko nyanyi-nyanyi haha. Gue udah ngga jadi bagian ekor lagi, udah nyampe peradaban nggak tau kenapa jalan gue normal lagi, dikuat-kuatin jalan cepet hehe. Kami lewatin Dusun Senaru, ada beberapa rumah, banyak sapi lagi. Abis lewatin dusun, kami lewatin gerbang bambu tinggi dan ada semacam homestay, lalu sampailah di pos pendaftaran pendakian Senaru. Di teras posnya ada display suvenir-suvenir.
Gue, Menu, Desmon, sama Mamat langsung ngejoprak di sebuah gubug di depan pos. Yang lain pada ngurusin retribusi. Di deket pintu pager ada plang yang berisi daftar jarak dari pos ini ke pos itu, dari sini ke situ. Dan ternyata Senaru-Sembalun jaraknya 25 km bhahaha.
ini loh
Orang-orang yang lagi ngurus registrasi di dalem lama banget, Beny kalo ga salah. Gue sama Menu ikut masuk ke dalem. Di situ banyak gambar-gambar yang nutupin hampir sebagian besar dinding bangunannya. Isi gambarnya spot-spot yang ada di Rinjani, sama deskripsi dan penjelasannya.
di dalam pos pendaftaran pendakian
Gue nyamperin Beny, lagi liat-liat suvenir ternyata haha, pantes lama. Beny kaya lagi milih-milih kaos gitu. Tapi katanya mahal, nggak tau sih berapa nya, gue nggak nanya hehe. Akhirnya gue, Menu, sama Beny cuma beli postcard sama peta trek Rinjani. Abis itu kami bertiga keluar, Trizar sama Eko udah ngga ada, katanya ke bawah duluan.
the rule
Di situ masih ada Mba Nitta sama Mamat, katanya Trizar sama Eko ke rumah makan Galang Hijau punya kenalannya Mba Nitta.
Kami nyusul ke bawah bertiga, Mba Nitta masih nungguin apa gitu katanya. Gue, Menu, sama Beny jalan nyusurin jalan aspal, kata Mba Nitta sih ngga jauh. Kami bertiga udah jalan lumayan jauh tapi ngga ketemu-ketemu, sampe nanya sama orang yang lewat, udah gitu gue sama Menu diliatin sama bapak-bapak yang lagi di sawah. Mana jalannya turunan terus kan, kaki gue makin sakit aja nahannya.
Setelah nanya sini-situ akhirnya setengah jam jalan dari pos Senaru, kami temukan lah rumah makannya yang dicari. Langsung duduk, lepas carrier, mesen makanan. Ngga lama kami nyampe situ, Mba Nitta, Mamat, sama Desmon datang. Gue, Beny, Eko, Trizar, Menu makan nasi campur. Pedes -___- Eko takut-takutin gue kalo gue ga suka pedes, gue ga bisa makan apa-apa di Lombok, yaudah gue paksain makan, untungnya emang enak haha.
Trizar sama Beny mandi, gue males bongkar carrier, mau bersih-bersih kalo udah di Gili aja. Kami ngobrol-ngobrol soal rencana lanjut ke Gili Trawangan nanti sore, katanya perahu terakhir yang paling sore itu jam 4, tapi masih suka ada yang paling terakhir sekitar jam 5.  Kata Eko rombongan Mataram-Makassar juga mau ke Gili Trawangan, terus mau ngecamp di pantainya. Katanya nanti janjian ketemu di sana, sampai saat itu kami belum ketemu lagi sama mereka, karena memang nggak ada rencana mau berangkat bareng ke Gili juga sih.
Kami lumayan lama istirahat di situ, dari jam 2 sampe hampir jam 4, soalnya mobil bak yang kami sewa baru datang. Sekitar jam 4 kami bersembilan berangkat menuju Pelabuhan Bangsal untuk naik perahu ke Gili Trawangan. Kami berangkat dengan perasaan udah agak hopeless dapet perahu terakhir, soalnya udah sore banget. Mba Nitta sama Desmon duduk di depan sama supir, kami sisanya di belakang.
Di bak belakang, gue duduk nyender ke belakang mobil, anginnya kenceng ternyata -___- Gue pake jaket dan ditudungin, sebelah kiri gue Trizar, sebelah Trizar ada Iqbal. Mamat, Menu, Eko, sama Beny duduk berhadapan sama kami bertiga, nyender ke tumpukan carrier. Menu sama Beny tidur. Trizar sama Iqbal pake sarung buat melindungi muka mereka dari terpaan angin, sarungnya dipake ala pejuang jihad gitu, jadi aja Eko muterin lagu jihad lagi, gue pun akhirnya hapal hahaha, pas bagian tertentu gue ikut nyanyi.
kaching!
Sekitar jam setengah 5, kami sampai di daerah Lombok Timur, lewatin pasar, turun dulu. Gue sama Menu mau beli sesuatu bhahaha. Lima belas menit milih dan muter, selain beli sesuatu itu, kami juga beli kaos garis-garis. Kami lanjut lagi takut perahunya bener-bener abis. Gue pindah ke sebelah Eko sama Menu, terus tidur sebisanya. Baru juga merem, Trizar udah manggil gue, “Nu, laut tuh!” Ga jadi tidur deh, pengen liat laut haha.
warna kulit gue eksotis menyaingi warna kulitnya Eko kan?
hahaha
Di jalan sempet macet sekali gara-gara ada nyongkolan. Nyongkolan itu tradisi di Lombok buat pasangan yang mau nikah. Si calon pengantin perempuannya itu diculik sama keluarga pengantin laki-laki seminggu terus pas nikahan nya diarak keliling kampung, nah ini yang katanya suka bikin macet. Tapi lucu juga ya tradisinya.
Di salah satu persimpangan di Kota Mataram (kalo ga salah sih) Mamat sama Iqbal turun, mereka ngga ikut ke Gili, katanya ada kerjaan. Kami lanjut perjalanan, katanya udah deket Bangsal. Jam 5 lewat sedikit dengan diiringi gerimis kecil yang mulai turun, kami sampai di Pelabuhan Bangsal. Langsung cepet-cepet turun dari mobil, beli tiket, nego-nego dulu dikit karena perahunya perahu terakhir.
Ga sempet napas setelah perjalanan yang bikin pantat pegel dan panas, kami langsung rusuh naik perahu. Gue masih pake sepatu gunung, malah kostum gue pun masih kostum gunung banget, jaket bapak masih gue pake, matras gue tadi dipake buat duduk di mobil bak jadi masih terburai, sepatu gunung dengan tali yang juga terburai. Yang lain juga bawaannya heboh, carrier, Mba Nitta juga pake jaket, semua mata tertuju pada kami lah pokoknya -___-
Gue naik ke perahu dengan amat rusuh, gendong carrier, tangan kanan pegang sepatu, tangan kiri meluk matras. Tepat pukul 5.20 sore, perahu berangkat meninggalkan Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan, whoa!
bye bye Bangsal!
Gue senyum-senyum aja di perahu, semacam seneng gitu hehe. Menu langsung tidur lagi. Gue seperti biasa, pengen menikmati perjalanan, jadi ngga mau tidur.
on boat!
Gue ngobrol sama Beny, “Gue baru pertama kali ini naik perahu nyebrangin pulau.”
“Ah, yang bener lu?”
“Iya, naik perahu sih pernah, tapi ngga nyebrangin pulau gini. Cuma sampe tengah terus balik lagi, waktu di Anyer.”
“Asik dong pengalaman pertama lu naik perahu ke Gili.”
“Iya Ben, haha. Gue kira pengalaman pertama gue nyebrangin pulau bakal pas diving, ternyata di sini.”
“Nah, lengkap kan perjalanan lu sekarang. Udara, darat, laut.”
“Oh iya. Haha. Diving nya nggak jadi sih.”
Dan gue pun kembali menikmati perjalanan, matahari mulai turun. Sunset is coming. Gue foto sunsetnya sedikit.
sunset! :)
Perjalanannya tepat setengah jam, setelah melewati Gili Air dan Gili Meno yang dari jauh keliatan cantiknya padahal udah hampir gelap, kami sampai di Gili Trawangan. Perahu yang kami tumpangi muter ambil posisi parkir. Gue ngeliat ke air, subhanallah cantiknya, airnya biru bening banget, karang-karang pada keliatan, ga sabar pengen main di situ.
Perahu menepi ke pantai, gue dengan rusuh lagi turun dari perahu. Widih beda pasirnya sama pas di Bangsal tadi, di seberang sana pasirnya item, yang ini mah airnya bening, pasirnya cantik, seneng liatnya juga. Gue celingukan ngga percaya ada di Gili Trawangan, taun lalu baru aja liat Trawangan di AXN waktu Amazing Race Asia ke situ, dan sekarang gue di sini hahaha.
Kami menepi ke tempat duduk di sebelah tempat beli tiket penyebrangan. Kami bertujuh numpuk dulu di situ, nentuin mau nginep di mana. Banyak sih yang nawarin homestay nya, tapi pada mahal, udah gitu besok check out nya tetep siang, sayang kan. Malah tadinya mau ngecamp lagi kaya si rombongan Mataram-Makassar. Tapi gue udah setengah hati kalo harus tidur di tenda lagi, hp perlu di-charge, badan gatel-gatel, dan gue pake baju yang gue pake waktu muncak hahaha.
foto cidomo sambil nunggu kasuur
Akhirnya setelah nunggu sekitar sejam setengah, kami dapet homestay yang lumayan bisa diterima harganya menurut para senior-senior gue ini - gue paling muda soalnya hehe. Jam setengah 8 kami jalan ke tempat kami menginap malam itu. Tempatnya agak masuk di pelosok. Kami ngelewatin hotel, villa, resto, café, di sepanjang jalan utama pulau itu.
Dan di sana 90% bule sepertinya. Jarang banget gue liat turis lokal kayak kami. Homestay-nya punya tiga kamar. Gue, Menu sama Mba Nitta satu kamar. Beny sama Trizar, Eko sama Desmon. Alhamdulillah ketemu kasur juga hahaha. Masuk kamar langsung bongkar bawaan, nge-charge hp, nyiapin peralatan mandi dan baju. Menu mandi duluan, gue nyalain hp sambil di-charge, langsung kasih kabar orang-orang di Bogor dan update twitter hahaha.
Menu beres mandi gue langsung mandi. Kamar mandinya nyaman sih, sampe gue puter knop shower dan tersiram air lah ke badan gue, lengket! Air payau ternyata -___- Jadi udah mandi dan pake sabun, sampo, sama facial wash pun ngga ngerasa bersih, lengket aja terus kerasanya. Berasa mandi keringet hahaha. Yaah setidaknya lumayan seger lah, walaupun lebih seger waktu mandi di air panas kemarin haha.
Sekitar jam 9, semuanya udah beres mandi, kami keluar cari makan. Di jalan Trizar balik lagi gara-gara hp-nya ketinggalan. Tiba-tiba Desmon nanya ke gue, “Nu, umur berapa sekarang?”
“Dua puluh,”
“Wih, hebat ya umur dua puluh udah nyampe puncak Rinjani haha.”
“Ehehe.” Gue cengengesan, jadi merasa hebat gimana gitu hahaha.
Kami jalan keluar gang tempat kami nginap. Mampir dulu ke atm di depan Villa Ombak. Kami jalan di jalan utama Gili Trawangan, Trizar udah gabung lagi. Sepanjang jalan itu banyak segala macam café dan hotel dan sebagainya, makanannya enak-enak, ada makanan bule, ada makanan Indonesia juga, tapi pasti harganya mah ngga enak hahaha. Kami akhirnya makan di depan Art Market, yaah cukup bersahabat lah harganya. Gue sama Menu makan ayam, yang lain makan ikan semua.
dinner!
Entah kenapa gue ngerasa seneng banget pas di situ, mungkin efek udah nyampe tanah tertinggi di pulau Lombok, terus sekarang liburan di pulau yang amat sangat indah sekali sama orang-orang yang tiada henti bikin gue ketawa terus :D Dan seakan melupakan apa yang sedang terjadi di Bogor sana hehehe.
 Art Market Gili Trawangan
Selesai makan, kami jalan ke pantai, ke tempat tadi kami nunggu kamar. Sepatunya Beny ilang, pas dicek lagi yah sudah wasalam tentunya. Itu sepatu yang udah sampe puncak Rinjani loh, sayang sekali. Kami mulai debat mau ke mana dan mau ngapain, udah malem juga sih. Akhirnya Eko sama Menu ngajak ke tempat penangkaran penyu. Yaudah ke situ lah kami bertujuh. Tempatnya terletak di garis pantai, bangunannya kecil, di situ ada empat kolam yang berisi penyu-penyu kecil, unyu deh hihi. Kami masuk lewat jalan utama, keluar di pantainya. Terus kami jalan nyusurin pantai. Di kejauhan gue liat cahaya lampu dari Gili Meno. Di pinggir pantai bagian deket jalan utama kan banyak café gitu, terus di situ banyak bangku yang buat berjemur itu, terus pohon-pohonya dililitin lampu, kami jalan di pinggir pantai.
Gue, Menu, sama Eko jalan bertiga di depan, yang lain ngikut di belakang, tau-tau udah jauh aja. Mereka terus bilang mau balik ke tempat penginapan katanya. Kami bertiga lanjut jalan nyusurin pantai sambil ngobrol. Eko sekalian mau nyariin rombongan Mataram-Makassar itu juga. Kami jalan terus, lama-lama pegel juga jalan di pasir, akhirnya naik ke jalannya.
Jalan sampe jauh banget katanya yang ngecamp biasanya di deket PLN. Kami jalan ke sana, di jalan tiba-tiba kami disamperin bapak-bapak yang lagi naik sepeda. Kami ditanya mau ngapain dan mau ke mana. Kami bilang mau nyari temen yang katanya mau ngecamp di deket PLN. Terus si bapaknya bilang kami harus hati-hati soalnya suka ada rampok, dih, gue langsung ngeri aja. Akhirnya kami jalan ditemenin si bapak itu yang ternyata adalah petugas yang lagi ronda.
Udah sekitar jam 11 malam. Kami sampe di depan PLN, si bapaknya ngajak ke tempat nongkrong yang lagi pada ronda, lagi pada makan tuh bapak-bapak yang disana. Kebetulan pos rondanya di depan PLN juga, tapi di sana ngga ada tenda, lalu Eko pun menyimpulkan kalau mereka ngga jadi ke Gili. Kami ngobrol-ngobrol sama bapak-bapak itu. Cerita kalau kami abis dari Rinjani, terus ketemu sama orang-orang yang lagi kami cari ini dan janjian untuk ketemu di sini. Sekitar setengah jam ngobrol, Eko ngajak gue sama Menu balik ke homestay.
Ternyata kami jalan jauh banget ya -___- Di sepanjang jalan utama, selain banyak café, hotel, sama resto, banyak juga counter travel agent, counter diving-snorkeling mulai dari PADI, SSI, dll, tapi dominannya café, resto, hotel, sama club. Pas kami hampir sampai di darmaga, kami papasan sama segerombolan bule yang baru pulang pesta. Kami jalan berlawanan arah sama mereka, kami ngelewatin beberapa tempat yang baru bubaran party, ada juga yang masih lagi party-party.
Kami balik ke homestay, nyampe sekitar jam 12an. Beny dan yang lain lagi pada duduk ngaso di teras kamar Beny-Trizar.
nite chat
Setelah ngobrol dikit, gue sama Menu masuk kamar, rapi-rapi dikit, terus tidur. Mba Nitta, Beny, Desmon, Trizar, sama Eko masih pada ngobrol di depan. Another long long day. Besok gue, Menu, sama Eko rencananya pengen bangun jam 6 buat main sepeda terus liat sunrise, yes!